HomeTips & TrickGreen & Healthy5 Makanan Sehat yang Justru Sering Dihindari dalam Menu

5 Makanan Sehat yang Justru Sering Dihindari dalam Menu

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, idealnya jadi prioritas setiap orang yang hidup di dunia modern. Dengan segala kemudahan, faktor kesehatan menjadi sering terabaikan. Apalagi urusan makanan, makanan sehat kini banyak dikesampingkan karena dirasa kurang praktis dan lezat.

Tak sedikit pula, jika berbicara soal makanan sehat, yang sebenarnya diketahui orang terkait manfaatnya. Namun secara sadar publik cenderung acuh dan memilih tidak mengkonsumsi jenis makanan sehat ini.

Nah, pada artikel singkat ini, akan tersaji daftar mengenai makanan sehat, yang sering dihindari saat menyusun menu makanan harian. Dengan sedikit membahas manfaatnya, berikut daftar makanan yang tergolong sehat namun sering dihindari.

Brokoli, Kaya Antioksidan dan Vitamin C

makanan sehat
Sumber : freepik.com

Jujur, apakah kamu termasuk dalam golongan orang yang ketika bertemu dengan brokoli dalam satu masakan memilih untuk menyisihkan dan tak memakannya? Jika ya, berarti hal ini semakin menegaskan mengapa brokoli masuk ke daftar singkat kami.

Padahal jika dilihat dari nilai kandungan nutrisi yang dimiliki brokoli, setidaknya terdapat Antioksidan, kemudian Vitamin C, serta Vitamin A. Dengan ketiga kandungan ini, tentu saja brokoli adalah makanan sehat yang sangat ideal dikonsumsi secara rutin.

Sebenarnya untuk menyiasati rasanya yang mungkin terasa aneh di lidah kamu, kamu bisa memasukkannya ke dalam makanan lain. Misalnya dimasak bersama pasta, atau dengan menjadikannya sup, atau dicampur dengan dressing favorit.

Paprika, Cita Rasa Unik saat Mentah

Tak ada yang memungkiri jika rasa paprika mentah memang cukup aneh ketika disantap. Namun ketika diolah menjadi masakan atau makanan, rasanya bisa benar-benar lezat lho! Meski demikian, tetap saja banyak orang yang kurang menyukai sayuran yang satu ini.

Paprika sendiri memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi, sehingga sangat baik jika dikonsumsi secara rutin. Tak heran, potongan paprika sering kamu temukan pada pizza, pasta, atau bakan yakiniku. Selain menambah cita rasa, penambahan paprika juga akan menambah kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut.

Memang akan terasa sulit jika mendadak mengubah makanan sehat ini jadi makanan yang rutin dikonsumsi ketika kamu tak terlalu menyukainya. Tapi setidaknya, mulai dari porsi kecil dan dilakukan secara terus menerus bisa menambah asupan nutrisi alami yang masuk ke dalam tubuh.

4 Sehat 5 Sempurna

4 Sehat 5 sempurna adalah kampanye yang dilakukan pemerintah Indonesia sejak tahun 1955 untuk membuat masyarakat memahami pola makan yang benar. Menjadi kampanye kesehatan sejak dahulu. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan nutrisi dan mewujudkan masyarakat yang kuat dan sehat. Makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi penuh ini harus dikonsumsi siapa saja tidak, mengenal usia.

Baca Juga : 5 Tips Membangun Kebiasaan Hidup Produktif, Wajib Tahu!

Makanan Sehat yang Kurang Digemari, Jengkol

makanan sehat
Sumber : freepik.com

Well, siapa tak kenal makanan sehat yang satu ini, dan siapa yang tak kenal reputasi yang dimilikinya di dunia kuliner. Untuk kamu yang menggemari jengkol, tentu kamu merasa tak masalah dengan makanan ini. Tapi sebagian besar orang menghindarinya karena efek bau tak sebab yang ditimbulkan.

Termasuk dalam salah satu jenis buah sehat yang bisa diolah jadi berbagai makanan lezat, jengkol adalah salah satu makanan dengan kandungan yang sangat padat. Mulai dari Protein, Karbohidrat, Vitamin A, Vitamin B2, hingga Vitamin C, semua terkandung di dalam buah ini.

Biasanya jengkol terasa sedap ketika dimasak dengan bumbu semur atau balado. Di beberapa daerah, bahkan makanan ini sangat populer lho!

Dengan fakta-fakta ini, apakah kamu sudah tertarik untuk mencoba makanan sehat ini?

Pasangan Setianya, Petai

Ketika  mencantumkan jengkol pada satu daftar, tentu tak akan lengkap jika kehadiran petai tak disertakan pula. Dengan warna hijau dan bentuknya yang khas, petai sering menjadi makanan yang dihindari dalam berbagai situasi. Alasannya hampir serupa, karena memiliki efek bau setelah dikonsumsi.

Padahal jika ditelisik lebih dalam, terdapat kandungan Karbohidrat, kemudian Protein, Serat, Lemak, hingga ragam Vitamin dan Mineral. Tak heran, petai sering masuk ke dalam berbagai daftar makanan sehat di berbagai artikel.

Meski fakta nutrisinya demikian besar, namun tetap saja makanan yang satu ini kurang diminati banyak orang. Apalagi dikonsumsi secara rutin.

Pernah Mencoba Mengkudu?

makanan sehat
Sumber : freepik.com

Terakhir dalam daftar singkat ini, adalah buah mengkudu. Dengan rasanya yang cenderung pahit serta baunya yang kurang sedap, menjadikan mengkudu salah satu makanan sehat yang banyak dihindari masyarakat luas.

Mengkudu sendiri memiliki kandungan Antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Daya tahan tubuh yang meningkat adalah efek nyata dari konsumsi mengkudu secara rutin.

Selain itu mengkudu juga dikenal dapat membantu mengatasi diabetes, menjaga kadar kolesterol, serta mengurangi tekanan darah tinggi. Sangat banyak bukan manfaatnya?

Baca Juga : Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki 

Daftar makanan sehat di atas adalah sedikit informasi yang diharapkan dapat membantu kamu memiliki pola asupan nutrisi yang alami dan sehat. Tentu, hal ini harus diimbangi dengan pola hidup sehat sehingga efeknya bisa optimal.

Berbagai pengetahuan menarik seperti makanan sehat yang jarang diminati seperti yang tercantum di atas ini bisa Anda temukan di blog Eiger Adventure. Dengan bahasan menarik yang informatif, kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan berguna di sana. Jadi, mari memiliki pola hidup sehat, dan terus beraktivitas fisik intens bersama Eiger!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments