HomeTips & TrickGreen & Healthy6 Dampak Negatif Memakai Barang Sekali Pakai, Yuk Cermati!

6 Dampak Negatif Memakai Barang Sekali Pakai, Yuk Cermati!

Kesadaran masyarakat dunia pada penggunaan barang sekali pakai telah meningkat drastis. Meski memang beberapa hal tetap menerapkan konsep tersebut, tapi banyak juga yang sudah berubah dan menggunakan produk atau barang dengan masa pakai lebih panjang.

Contoh paling sederhana jelas adalah kantong plastik sekali pakai. Kampanye untuk mengurangi plastik sekali pakai dalam berbagai kegiatan terus digalakkan, dan mulai menunjukkan hasil. Setidaknya paling nyata adalah dari tidak lagi digunakannya kantong plastik di swalayan Indonesia.

Baca Juga: Mulai Pakai Tas Bekal Makanan, Ini 6 Manfaatnya!

Tapi Sebenarnya Apa Sih Dampak Buruk Barang Sekali Pakai seperti Plastik?

barang sekali pakai
Sumber: freepik.com

Meski banyak barang sekali pakai yang digunakan selain plastik, namun pada dasarnya esensi dari barang jenis ini adalah serupa, digunakan untuk satu kali pemakaian, kemudian menjadi limbah atau sampah. Bedanya mungkin terletak pada apakah barang ini bisa didaur ulang untuk mendapatkan fungsi baru atau selesai menjadi limbah akhir.

Beberapa dampak buruk yang ditimbulkan barang sekali pakai pada lingkungan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Dampak Buruk pada Lingkungan

Plastik yang digunakan hanya sekali menjadi penyebab utama pencemaran lingkungan. Berbagai bentuk plastik ini terbuang secara massal setiap harinya, dan tidak terurai oleh mikroba di dalam tanah dan akhirnya mencemari lingkungan, baik di daratan dan perairan.

Dilansir dari telemed.ihc.id, penelitian terakhir menyebutkan bahwa setiap tahun ada jutaan ton sampah plastik yang mencemari laut dan mengancam kehidupan laut serta ekosistem pesisir. Biota laut juga harus menerima dampaknya, yang berujung pada berkurangnya populasi secara masif.

2. Efeknya pada Rantai Makanan

Tidak hanya plastik dalam bentuk besar yang membawa dampak buruk, plastik dengan ukuran kecil seperti mikroplastik bahkan bisa membawa efek pada rantai makanan. Plastik akan memecah menjadi partikel yang sangat kecil yang disebut mikroplastik, dan telah ditemukan bahkan pada dasar laut dalam sekalipun.

Akibatnya mikroplastik ini masuk ke tubuh ikan dan hewan lain yang kemudian dikonsumsi manusia. Secara tidak langsung, plastik yang dihasilkan manusia kembali lagi ke tubuh manusia melalui berbagai media, dan siap membawa dampak buruk pada organ dalam untuk jangka panjang.

3. Bahaya dari Bahan Kimianya

Plastik sekali pakai juga memiliki kandungan bahan kimia yang Eigerian harus sadari. Bahan kimia berbahaya ini disebut dengan Bisphenol A, atau biasa disebut dengan istilah BPA dan Ftolat. BPA digunakan dalam pembuatan botol plastik dan makanan, dan dikaitkan dengan masalah hormonal reproduksi dan peningkatan penyakit jantung dan diabetes.

Ftolat, di sisi lain, dikaitkan dengan masalah reproduksi dan pertumbuhan. Paparan jangka panjang kedua zat kimia ini bisa memicu banyak masalah kesehatan lainnya.

4. Pencemaran Tanah dan Air Bumi

Bahan kimia ini tidak hanya dapat mencemari air di lautan, namun ketika dikubur atau berada di tanah dalam waktu yang cukup lama plastik akan memecah menjadi lebih kecil, dan partikelnya dapat mencemari tanah dan air bumi.

Tentu saja pada akhirnya yang harus merasakan akibat dari barang sekali pakai seperti plastik ini adalah manusia, lewat air atau alam tempat mereka hidup.

5. Penumpukan Limbah Berlebih

Karena hanya bisa dipakai sekali, Eigerian juga akan menyadari bahwa sampah yang muncul semakin banyak dari waktu ke waktu. Upaya daur ulang yang dilakukan tidak akan bisa mengimbangi laju hasil limbah yang timbul, hingga akhirnya TPA yang ada akan over capacity.

Limbah ini punya efek berantai yang bisa muncul pada lingkungan dan kesehatan. TPA yang gagal dikelola menjadi sumber datangnya berbagai penyakit untuk warga sekitar.

6. Penggunaan Sumber Daya yang Semakin Besar

Tidak sedikit jumlah sumber daya tidak terbarukan yang digunakan dalam produksi barang sekali pakai. Ketika tidak ada perubahan, jumlah sumber daya ini akan terus menurun dan mungkin saja habis lebih cepat dari perkiraan yang ada.

Jelas hal ini merugikan untuk generasi yang akan datang, karena mereka harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhannya.

Lalu Adakah Barang Sekali Pakai yang Bisa Diganti dengan Produk Berkelanjutan?

barang sekali pakai
Sumber: freepik.com

Beberapa barang sebenarnya bisa digantikan dengan barang lain yang dapat digunakan berkali-kali. Misalnya saja botol minum, Eigerian bisa mulai menggunakan botol minum yang dapat digunakan berkali-kali sehingga mengurangi limbah botol plastik sekali pakai yang muncul.

Belakangan penggunaan tas kanvas atau tas lain untuk menggantikan tas belanja plastik sekali pakai juga mulai marak. Hal ini didukung oleh banyak brand besar, sehingga gerakan ini menjadi cukup masif dan kini sudah menyeluruh.

Eiger Adventure juga sadar akan urgensi perubahan ini. Perlahan tetapi pasti, Eiger Adventure terus melakukan inovasi dalam membuat produk menggunakan konsep recycle dan reuse, sehingga dapat menghasilkan sebuah produk dengan nilai guna optimal namun terus digunakan berkali-kali.

Beberapa produk Eiger Adventure yang bisa jadi solusi atas perubahan ini antara lain adalah sebagai berikut.

1. Eiger Shoreside Pack 22L Laptop Backpack

barang sekali pakai
Sumber: Eiger Adventure

Produk tas ini dirancang untuk menemani aktivitas harian Eigerian dengan mengusung konsep eco dan sustainability. Dibuat menggunakan bahan polyester daur ulang pada beberapa bagian badan luar tas dan lapisan dalam, Eiger Adventure ingin memaksimalkan penggunaan bahan dan mengurangi limbah yang dihasilkan. Hadir dalam tiga warna berbeda, tas ini bisa didapatkan dengan harga Rp449,100 saja.

2. Eiger Z-Kane Water Bottle

barang sekali pakai
Sumber: Eiger Adventure

Hadir dalam tiga warna berbeda, harga dari botol ini adalah Rp80,100. Jelas menggunakan material bebas BPA, Eiger Adventure menerapkan materi ecozen pada produk tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Pemanfaatan Limbah Plastik di Sekelilingmu 

Seiring berjalannya waktu, Eiger Adventure ingin terus melakukan transformasi menjadi brand yang lebih baik. Tidak hanya fokus meningkatkan kualitas produk dengan berbagai inovasinya, Eiger Adventure juga berupaya menyediakan opsi menarik untuk menggantikan barang sekali pakai yang ada di pasaran dengan produk berdaya tahan sangat baik sehingga dapat digunakan terus menerus. Dapatkan produknya langsung di situs resmi Eiger Adventure karena kamu akan mendapatkan harga terbaik, gratis ongkir, jaminan produk ori, dan opsi metode pembayaran yang beragam!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru