HomeTips & TrickLifestyleBerkenalan dengan Open Trip dan Sedikit Tipsnya

Berkenalan dengan Open Trip dan Sedikit Tipsnya

Opsi untuk berwisata kini terbuka semakin lebar. Tak hanya bisa dinikmati oleh mereka yang memiliki budget besar, liburan dan perjalanan seru juga bisa dinikmati oleh lebih banyak kalangan. Konsep wisata open trip, menjadi solusi yang banyak dipilih oleh mereka yang mengutamakan pengalaman baru dan keseruan perjalanan.

Nah, dalam artikel singkat kali ini, Eigerian akan disajikan informasi mengenai apa itu open trip dan konsep besar yang menjadi dasar wisata ini, serta tips untuk melakukan liburan dengan cara ini agar tetap seru dan tidak boncos dari sisi finansial.

Maka tak perlu lebih lama lagi, mari kita masuk ke pembahasan pertamanya.

Apa yang Dimaksud dengan Open Trip?

open trip

Open trip merupakan satu konsep berwisata yang melibatkan beberapa orang sekaligus, dalam paket wisata yang sudah ditentukan sebelumnya. Terkait dengan transportasi, akomodasi, dan tujuan, sudah ditentukan sebelumnya oleh satu pihak. Kemudian pihak ini membuka beberapa slot peserta perjalanan pada publik atau segmen pasar yang dimilikinya.

Nantinya jika ingin turut serta, kamu tinggal menghubungi penyelenggara open trip tersebut dan mengisi slot peserta yang masih kosong. Tentu saja, selain berkesempatan mendapatkan harga terjangkau untuk paket wisatanya, kamu juga berkesempatan berwisata bersama dengan orang baru.

Kelebihan utamanya sebenarnya adalah kamu tak perlu repot memikirkan itinerary, pemesanan tiket, akomodasi, dan sebagainya. Semua sudah di urus, dan kamu tinggal menyetorkan identitas dan membayarnya saja. Dengan harga yang terjangkau tentu.

Lalu Apa Saja Tips agar Bisa Open Trip dengan Seru dan Tetap On Budget?

open trip

Nah, masuk pada poin kedua, untuk tips agar open trip yang diikuti bisa tetap seru dan tidak boncos dari sisi keuangan, maka kamu bisa melihat satu per satu di bawah ini.

Bersikap Aktif dan Responsif

Mengingat perjalanan ini melibatkan beberapa orang yang mungkin asing bagi kamu, maka jangan menjadi seorang yang pasif. Hal ini penting agar kamu bisa menghidupkan suasana rombongan, dan membuat perjalanan menjadi makin seru.

Buka obrolan dengan topik yang masih relate dengan tujuan wisata, atau apa yang kira-kira akan dilakukan, dan bagaimana perasaan peserta open trip yang lain. Jadilah seorang yang supel, dan tidak terlalu banyak berdiam diri.

Baca Juga : Inilah Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Jika Masih Ragu, Ajak Seorang yang Kamu Kenal

Memang sebenarnya konsep open trip sendiri ditujukan untuk siapa saja yang ingin menjalani liburan dengan budget terjangkau, dan mengutamakan pengalaman baru. Maka tak jarang yang menjadi pesertanya adalah orang-orang dari segala kalangan.

Jika kamu masih ragu, tak masalah untuk mengajak orang yang sudah kamu kenal. Setidaknya, rekan kamu ini bisa jadi rekan perjalanan yang bisa diajak ngobrol tanpa canggung sambil mencoba membuka obrolan dengan orang lain. Tidak ada ruginya menambah teman selama perjalanan bukan?

Siapkan Semua yang Dibutuhkan

Obat-obatan ringan, perlengkapan liburan, pakaian yang tepat, serta dana yang bisa digunakan kapan saja. Persiapan yang matang bisa jadi satu hal penting untuk dilakukan agar liburan yang kamu jalani bisa terasa makin seru.

Misalnya saja, hitung pakaian yang kira-kira akan digunakan. Kemudian jenis pakaian yang tepat, seperti pakaian renang, atau pakaian tebal untuk mendaki gunung, dan lain sebagainya. Jangan lupa kamera atau power bank, untuk mengabadikan momen tak terlupakan dengan smartphone yang kamu miliki.

Untuk Urusan Hemat, Ini Triknya

Nah tips terakhir mengenai urusan hemat pengeluaran, ada beberapa yang bisa kamu gunakan sebagai acuan.

1. Jangan mudah merasa ingin berbelanja. Open trip biasanya disediakan paket all-in, jadi idealnya kamu tak perlu lagi membawa uang untuk membeli makanan, atau biaya akomodasi, atau lain sebagainya. Bawa uang cadangan dengan perhitungan yang cermat.

2. Tidak membawa uang cash terlalu banyak, untuk menghindari keinginan impulsif yang muncul tiba-tiba.

3. Selalu ada waktu kembali, jadi jangan serta merta mengatasnamakan istilah ‘aji mumpung’ dan menghamburkan semua uang untuk memaksimalkan liburan kamu.

4. Selalu bawa botol air minum. Di penginapan biasanya akan disediakan air minum yang bisa dikonsumsi secara gratis. Jadi, membawa botol air minum dalam setiap sesi perjalanan bisa jadi cara menghemat pengeluaran untuk membeli air.

5. Bawa vitamin dan obat ringan, untuk respon pertama pada resiko kesehatan yang muncul. Meminimalisir resiko kesehatan bisa memberikan kamu banyak penghematan, dan pengeluaran yang seharusnya tak diperlukan.

Baca Juga : Tak Jauh dari Area Kota, Ini 5 Wisata Bandung Bernuansa Alam 

Liburan dengan konsep open trip memang selalu menarik untuk di coba. Namun ingat, semua memiliki tantangan yang harus dihadapi sebagai harga dari keseruan dan pengalaman baru yang akan didapatkan.

Untuk menyiapkan liburan open trip kamu, pastikan kamu juga dibekali dengan peralatan dan perangkat terbaik di setiap sisi. Mulai dari sepatu, backpack, jaket atau outer, hingga botol minum, semua bisa ditemukan di Eiger Adventure. Produk yang ditawarkan benar-benar berkualitas, sehingga bisa memberikan fungsi maksimal dalam setiap kegiatan. Segera rencanakan open trip yang seru, dan siapkan bersama Eiger Adventure!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments