HomeTips & TrickRidingRider Pemula Wajib Tahu Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor

Rider Pemula Wajib Tahu Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor

Salah satu hal wajib yang harus dipahami bagi rider pemula adalah cara belajar keseimbangan naik motor. Belajar keseimbangan naik motor akan membuat kita aman dan nyaman, tanpa perlu was-was karena meragukan kemampuan berkendara. Kemampuan menjaga keseimbangan agar tidak sampai kehilangan kendali memang menjadi faktor utama keselamatan berkendara sepeda motor dari sisi rider. Hilang kendali biasanya disebabkan karena rider hilang keseimbangan, di mana rider gagal dalam menyeimbangkan posisi tubuh dengan motor. Sehingga terjadilah hilang kendali. Ada banyak hal sebenarnya yang menyebabkan rider hilang kendali, seperti melaju dengan kecepatan tinggi, tidak tahu kondisi jalan, atau hilangnya konsentrasi.

Setelah mengetahui penyebab motor hilang kendali, tentunya kita perlu lebih berhati-hati dalam berkendara. Nah, berikut ini merupakan cara belajar keseimbangan naik motor agar tidak hilang kendali yang perlu diperhatikan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Menjaga Kecepatan

Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor

Berkendara dengan kecepatan tinggi sudah bisa dipastikan dapat menyebabkan motor menjadi oleng. Untuk itu, sebaiknya kita mulai belajar menjaga keseimbangan naik motor dengan cara mengendalikan kecepatan saat berkendara. Bukankah kita juga akan merasa risih saat melihat pengendara lain melaju dengan kecepatan tinggi? Dengan berkendara menggunakan kecepatan tinggi, kita akan lebih sulit dalam menjaga keseimbangan. Sehingga berkendara dengan kecepatan tinggi akan sangat berisiko. Perlu diingat, bahwa segala rambu lalu lintas yang ada dibuat bukan tanpa alasan. Rambu lalu lintas dibuat memang untuk menjaga keselamatan kita selama berkendara. Terlebih saat kita berjalan di daerah yang tidak tahu bagaimana medannya. Dengan kondisi ini, sebaiknya kita mencari aman dengan melaju menggunakan kecepatan sedang atau rendah, dan selalu menjaga jarak dan kecepatan.

Periksa Kondisi Motor

Kondisi yang baik akan membuat motor lebih stabil saat digunakan. Perlu diketahui bahwa selalu memeriksa kendaraan sepeda motor secara berkala sebelum berkendara merupakan hal penting. Selain untuk merawat kendaraan, memeriksa kondisi motor secara berkala juga dapat menjaga keamanan kita dalam berkendara. Beberapa orang mungkin meremehkan hal ini, padahal memeriksa kondisi motor sebelum  berkendara bukanlah hal yang merugikan, tapi justru keselamatan kita dalam berkendara dapat terjaga. Pasalnya, bagaimanapun kondisi motor yang baik tentunya akan lebih mudah dikendalikan.

Baca juga: Daftar Safety Gear yang Wajib Dimiliki Lady Biker

Berkendara Dalam Kondisi Prima

Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor

Hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah jangan lupa untuk menjaga kesehatan agar senantiasa prima saat akan berkendara. Hindari berkendara saat sedang kelelahan, karena banyak kecelakaan yang disebabkan karena kelelahan atau mengantuk. Itulah sebabnya mengapa kita tidak diperbolehkan berkendara dalam kondisi tubuh yang tidak fit. Jika kita berkendara dengan kondisi tubuh yang tidak fit, maka akan mengganggu performa kita dalam berkendara. Akibatnya, kita akan kehilangan konsentrasi selama berkendara. Jika kita merasa lelah, sebaiknya istirahatkan tubuh sejenak, kemudian kita bisa melanjutkan kembali perjalanan jika sudah merasa lebih baik. Dengan begitu, konsentrasi kita dalam berkendara bisa lebih terarah.

Jangan Lupa Siapkan Peralatan Riding!

Selain memahami cara belajar keseimbangan naik motor, rider pemula juga harus menyiapkan perlengkapan riding untuk menunjang keselamatan dalam berkendara.

  1. Perlengkapan pertama yang wajib dikenakan oleh rider adalah helm yang akan melindungi kepala dari hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan. Selain itu, helm juga berguna untuk melindungi kepala dari sinar matahari langsung dan juga dari air hujan. Sedangkan kaca yang terdapat pada bagian muka helm berfungsi untuk melindungi mata silau akibat sinar matahari. Helm juga bisa melindungi wajah terkena polusi dan matahari langsung. Pilihlah helm yang berstandar nasional (SNI) untuk melindungi kepala kita. 
  2. Setelah pelindung kepala, pelindung badan juga harus disiapkan. Kita bisa menggunakan jaket saat berkendara sebagai pelindung badan dari terpaan angin. Jaket juga berfungsi untuk melindungi organ-organ penting yang ada di bagian dada, jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Jaket yang sebaiknya dipakai adalah jaket yang disesuaikan dengan kondisi medan, serta iklim tempat tinggal kita. 
  3. Menggunakan alas kaki sebagai salah satu perlengkapan wajib saat naik motor juga sangat penting. Kita bisa menggunakan sandal, sepatu, atau pelindung kaki apapun. Tapi, yang paling aman adalah memakai sepatu khusus riding, apalagi bagi pengendara jarak jauh.
  4. Sarung tangan juga merupakan salah satu perlengkapan wajib untuk naik motor, khususnya saat touring. Sangat direkomendasikan untuk memakai sarung tangan yang ukurannya pas di tangan, agar dapat melindungi jari dan tangan secara menyeluruh. Terlebih lagi untuk membuat nyaman ketika menggenggam handgrip motor, serta mengendalikan laju kendaraan bermotor.

Baca juga: Naik Motor Saat Musim Hujan, Lakukan 5 Tips Ini!

Peralatan Siap, Saatnya Berangkat

Selain keempat perlengkapan wajib saat naik motor seperti yang telah disebutkan di atas, ternyata celana panjang juga ikut ambil bagian dalam piranti keselamatan berkendara. Pasalnya, celana panjang mampu melindungi bagian tubuh bagian bawah, serta kontak langsung dengan jalan. Dapatkan perlengkapan riding berkualitas dari Eiger. Ada banyak sekali pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Cek koleksi terbarunya sekarang, dan dapatkan promo menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru