HomeTips & TrickLifestyleFakta Unik Seputar Bucket Hat, Intip Rekomendasi Terbaiknya!

Fakta Unik Seputar Bucket Hat, Intip Rekomendasi Terbaiknya!

Belakangan ini, bucket hat kembali menjadi trend. Bukan sekadar sebagai fashion item, bucket hat juga diandalkan untuk menutupi dan melindungi rambut dari paparan atau sengatan panas terik matahari, debu, dan juga kotoran yang lain. Menilik ke belakang, jejak topi berbentuk ember terbalik ini bisa ditemukan di industri fashion era 1990-an. Namun ternyata keberadaannya sudah ada sejak ratusan tahun lalu, lho

Popularitas bucket hat telah meningkat tajam berkat para rapper dan komunitas hiphop 1980-an yang menjadikannya bagian dari street fashion. Hingga perlahan, topi ini bertransformasi menjadi bagian dari industri fashion. Dari pada semakin penasaran, simak sederet fakta unik seputar bucket hat di bawah ini, yuk!

Awalnya, Bucket Hat Bukanlah Fashion Item

Sebelum bucket hat hadir sebagai aksesoris, ternyata topi ini diciptakan untuk melindungi kepala dari cuaca yang tidak ramah. Pada awal abad ke-19, para petani dan nelayan Irlandia yang setiap hari bekerja di ladang dan laut membutuhkan sebuah pelindung kepala dari hujan dan terik matahari. Dari situlah muncul ide untuk membuat topi dengan bentuk pinggiran yang lebar dan miring supaya dapat melindungi wajah dari rintik hujan dan terik matahari. 

Pada saat itu, topi ini dibuat menggunakan bahan wol mentah dengan kandungan lanolin yang sangat tinggi sehingga membuatnya menjadi tahan air. Bahan ini juga mudah dicuci dan dilipat sehingga cukup nyaman ketika diselipkan ke dalam saku jaket maupun celana. Dulu, topi ini juga sempat dikenal dengan sebutan “topi negara Irlandia”. Kemudian akhirnya topi ini ramai-ramai dijuluki bucket hat

Beberapa dekade setelahnya, topi dengan serupa ditemukan bertengger di kepala para prajurit Israel Defence Force tahun 1940-an. Versi militer dari bucket hat juga dikenakan oleh tentara Amerika Serikat saat Perang Vietnam pada tahun 1960-an hingga 1970-an. 

Bucket Hat Mulai Dikenal dan Diminati Banyak Orang

Petani, nelayan, dan tentara, memang merekalah para pemakai awal bucket hat. Namun perlu diketahui bahwa lahirnya bucket hat di industri fashion dimulai dari topi Gilligan dalam serial Gilligan’s Island yang dibintangi oleh Bob Denver. Serial komedi AS yang mengudara di tahun 1960-an itu sangat identik dengan topi yang dikenakan oleh sang aktor utama, di mana topi itu berwarna khaki yang terbuat dari kain katun kanvas bertabur dua lubang logam sebagai ventilasi. 

Sementara itu, bucket hat sebagai aksesoris perempuan lahir pada pertengahan 1960-an. Perempuan-perempuan di Irlandia dan Inggris adalah yang pertama mengadopsi topi ini sebagai busana keseharian mereka sebelum trend ini meluas hingga ke Amerika Serikat.

Ketika hiphop menjadi fenomena dunia di akhir tahun 1980-an, bucket hat juga ikut populer. Menariknya, momen tersebut turut menandai mulai bergesernya posisi bucket hat sebagai barang fungsional menjadi fashion item, berkat para penyanyi hiphop yang mengenakannya pada foto sampul album atau video klip. Big Bank Hank dari The Sugarhill Gang adalah rapper pertama yang mengenakan bucket hat pada video klip dan penampilan mereka di acara televisi Soap Factory pada tahun 1979.

Di era 2000-an, Miuccia Prada berusaha untuk membawa bucket hat ke ranah busana Couture di ajang fashion show musim panas, tepatnya tahun 2005. Keberadaan bucket hat kemudian semakin populer di tahun-tahun berikutnya. Trend ini bahkan berlanjut pada tahun 2020 berkat para selebritas mulai dari Billie Eilish, Diplo, Kate Spade, hingga Anna Sui yang tampil di muka publik dengan memakai bucket hat.

Baca juga: 5 Inspirasi Sweater Style yang Bisa Dijadikan Opsi, Klik Di Sini!

Rekomendasi Bucket Hat Terbaik dari EIGER

Setelah mengetahui sejumlah fakta unik mengenai awal mula kemunculan bucket hat, Eigerian pasti semakin tertarik nih untuk memilikinya. Tenang, di bawah ini telah disiapkan beberapa rekomendasi terbaiknya. Langsung cek satu per satu, deh!

1. EIGER ANAPHALIS WS HAT – Rp142.900,-

bucket hat

Eigerian bisa menikmati kegiatan luar ruang dengan memakai topi Anaphalis WS. Desainnya modis dan fungsional, ditambah dengan lubang untuk ikatan rambut dan sleeve untuk menyisipkan kacamata pada topi ini. Topi ini terbuat dari bahan yang cepat kering, jadi sangat nyaman dipakai ketika sedang melakukan hiking, trekking, atau kegiatan apa pun!

2. EIGER TROUVIS BUCKET HAT WS – Rp124.900,-

bucket hat

Rekomendasi lainnya adalah Trouvis, yang merupakan topi wanita bergaya bucket dengan dua sisi yang dapat dibalik. Topi yang satu ini menawarkan tampilan berbeda dengan motif dedaunan tropis pada satu sisi dan warna solid pada sisi lainnya. Yuk, lengkapi penampilan dengan memakai topi Trouvis ke mana pun Eigerian pergi.

3. EIGER CIVILIAN HAT – Rp124.900,-

bucket hat

Fungsional dan nyaman, bucket hat yang satu ini akan melindungi Eigerian dari paparan sinar matahari saat beraktivitas di luar ruang. Terbuat dari bahan Nylon 100% yang dilengkapi sistem ventilasi dengan teknologi laser cutting pada kedua sisi, topi ini akan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik ketika dipakai dalam cuaca panas sekali pun.

4. EIGER FLECKEN HAT – Rp64.500,-

bucket hat

Flecken Hat adalah bucket hat yang dapat dibalik dan menawarkan gaya berbeda dengan motif printing dan warna solid. Untuk pemakaian sehari-hari, Eigerian wajib memilikinya!

5. EIGER WELCOME 2 D’JUNGLE HAT – Rp69.500,-

bucket hat

Welcome 2 D’Jungle adalah topi yang dirancang untuk menemani kegiatan luar ruang, seperti hiking, trekking, dan berbagai aktivitas lainnya. Topi ini memiliki lubang eyelet yang berfungsi sebagai ventilasi, ditambah pinggiran topi yang ringan sehingga mudah dilipat dan dibawa ke mana-mana.

Baca juga: 5 Rekomendasi Jam Tangan Anti Air dari Eiger untuk Kegiatan Outdoor

6. EIGER FLECKEN HAT 1.0 – Rp133.900,-

bucket hat

Flecken Hat 1,0 ini juga bisa diandalkan untuk melengkapi penampilan casual Eigerian. Flecken Hat 1,0 merupakan topi bergaya bucket yang dapat dibalik dan menawarkan tampilan berbeda dengan motif printing dan warna solid, yang dibuat menggunakan material polyester.

Bucket hat saat ini memang telah menjadi aksesoris yang wajib dimiliki, mengingat topi ini cocok dan mudah dikenakan oleh siapa pun. Yuk, temukan topi favorit dan original dengan belanja di website Eiger Adventure Official. Selain topi, ada banyak fashion item lain yang tak kalah menarik, lho. Cek koleksi terbaru EIGER sekarang juga!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments