HomeTips & TrickLifestyle5 Rekomendasi Jam Tangan Anti Air dari Eiger untuk Kegiatan Outdoor

5 Rekomendasi Jam Tangan Anti Air dari Eiger untuk Kegiatan Outdoor

Di era sekarang ini, sudah banyak produk elektronik yang menggunakan teknologi anti air termasuk jam tangan. Lantas, banyak yang mencari tahu tentang rekomendasi jam tangan anti air terbaik. Tapi ternyata, banyak masyarakat yang menganggap bahwa semua teknologi anti air itu sama, padahal tidak demikian, lho. Ada jam tangan waterproof, water repellent, dan water resistant  yang memiliki perbedaan. 

Bagi Eigerian yang ingin membeli salah satu rekomendasi jam tangan anti air, mengetahui perbedaan ketiga istilah di atas sangat penting. Sebab, ketiganya memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda. Supaya tidak salah pilih, simak beberapa perbedaan jam tangan waterproof, water repellent, dan water resistant di bawah ini, ya

Mengenal Jam Tangan Anti Air

rekomendasi jam tangan anti air
Sumber: Eiger Baitou Watch

Perbedaan jam tangan waterproof, water repellent, dan water resistant ini bisa diketahui dengan memahami pengertian dari masing-masing istilah tersebut. Di bawah ini ada ulasan singkat mengenai perbedaan jam tangan waterproof, water repellent, dan water resistant yang perlu diperhatikan. 

1. Jam Tangan Waterproof

Istilah pertama yang wajib diketahui adalah waterproof. Waterproof merupakan istilah tertinggi dalam istilah anti air, di mana sejatinya jam tangan yang memiliki label waterproof ini bisa menahan air meski dalam kondisi apapun termasuk dalam kondisi ekstrem sekalipun. Jam tangan yang memiliki label ini tidak akan mengembun jika terkena air. 

Meski begitu, skala waterproof ini berbeda-beda dan diukur dengan skala Ingress Protection Rating, di mana skala ini dibagi menjadi 9 peringkat mulai dari 0 sampai 9 dan digunakan untuk mengukur seberapa efektif perangkat atau jam tangan tersebut dalam menahan rembesan air.

Jika jam tangan kita waterproof dengan skala di atas 7, maka kita tidak perlu khawatir lagi jika jam tersebut akan rusak terkena air, karena skalanya sudah tinggi dan bisa bekerja secara efektif. Rating waterproof ini juga menandakan tingkat kedalaman air yang bisa ditoleransi oleh jam tangan. 

Alasannya adalah air tersebut memiliki tekanan di mana semakin dalam semakin besar tekanannya, sehingga produsen jam tangan pun juga akan memberikan batasan kedalaman air yang bisa dimasukkan ke dalam garansi. Jam tangan yang ditandai dengan label waterproof berarti sepenuhnya bisa terendam di dalam air, namun yang harus diketahui adalah konektor dari perangkat waterproof tersebut biasanya tidak kedap air.

2. Jam Tangan Water Repellent

Selain waterproof, ada juga istilah water repellent. Jam tangan dengan label water repellent ini memiliki tingkatan di bawah waterproof, tapi masih di atas water resistant. Repellent ini juga di desain untuk menghindari dampak air dengan proses pelapisan yang lebih serius pada bagian luar jam, serta bagian dalam jam agar lebih tahan air. 

Untuk menciptakan sifat repellent ini membutuhkan zat-zat yang dapat menolak air seperti emulsi malam, sabun-sabun logam, dan juga zat aktif permukaan. Jam tangan dapat dikatakan menolak air jika tahan terhadap rembesan air dalam waktu yang lama, memiliki kemampuan untuk mempertahankan butiran-butiran air di atas permukaan jam tanpa bisa merembes melewati bahan, dan air yang ada di permukaan jam ini bisa dihilangkan dengan cara ditiup.

3. Jam Tangan Water Resistant

Water resistant adalah istilah untuk menyebut anti air, namun dengan tingkatan yang lebih rendah. Selain digunakan untuk jam tangan, istilah ini juga sering digunakan untuk perangkat lainnya seperti smartphone, gadget, dan lainnya. 

Meski begitu, perangkat dengan label water resistant tidak boleh terlalu lama terendam di dalam air, karena tujuannya hanya sebagai penahan rembesan air saja seperti ketika kita mencuci atau ketika kondisi hujan. Saat menyetir di rintikan hujan, tidak jarang jam tangan yang digunakan terkena air, saat itulah water resistant ini akan bekerja sehingga jam tangan kita tidak menjadi mati atau rusak. 

Biasanya, manufaktur yang melapisi komponen penting ini menggunakan cat khusus agar cairan atau debu yang berhasil menembus jam tidak menimbulkan kerusakan. Jam tangan dengan water resistant ini juga bisa dibersihkan dengan menggunakan kain lembap atau basah, dan meskipun kita banyak berkeringat jam tangan ini tidak akan rusak.

Tapi yang harus diingat adalah sifat dari water resistant ini hanya sementara, sehingga jika terlalu sering terkena percikan air maka proteksi yang dimiliki oleh jam tangan tersebut akan hilang. Namun jangan khawatir karena proteksi tersebut menghilang dalam jangka waktu yang cukup lama, kok

Baca juga: 5 Tips Memilih Tas Kamera dan Rekomendasinya

Rekomendasi Jam Tangan Anti Air dari Eiger

rekomendasi jam tangan anti air
Sumber: Eiger Baitou Watch

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan perbedaan jam tangan waterproof, water repellent, dan water resistant? Kini saatnya mencari tahu rekomendasi jam tangan pria anti air terbaik! 

1. EIGER BAITOU WATCH

Baitou merupakan jam tangan anti air yang cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari maupun traveling. Diameternya kurang lebih 50mm, dilengkapi dengan fitur tahan air hingga 10 ATM. Fitur bulan, tanggal, AM/PM, dan fitur EL backlight yang berfungsi untuk membuat layar jam menimbulkan cahaya juga tersedia. 

2. EIGER SHASTA WS-MDW WATCH

Shasta merupakan jam tangan digital yang sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Jam tangan ini tahan air hingga kedalaman 100 meter, lho. Namun, jam tangan ini tidak disarankan digunakan untuk kegiatan olahraga air seperti snorkeling dan diving. Jam tangan ini dilengkapi juga dengan fitur alarm, timer, stopwatch, dan second time zone untuk menunjang aktivitas harian.

3. EIGER ATACA 4.1 WATCHES

Ataca 4.1 merupakan jam tangan serbaguna untuk beraktivitas sehari-hari. Jam tangan yang satu ini dilengkapi dengan fitur stopwatch dan kalender, dan memiliki fitur 100m water resistant. Karena memiliki fitur tahan air hingga 100m, maka jam ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Namun, jam tangan ini tidak disarankan digunakan untuk kegiatan olahraga air seperti snorkeling atau diving, ya! 

4. EIGER ANTERO WATCH

Antero merupakan jam tangan serbaguna yang cocok dipakai untuk beraktivitas sehari-hari atau traveling. Dilengkapi dengan fitur stopwatch, timer, dan alarm, jam tangan ini juga memiliki fitur 100m water resistant. Menariknya, rekomendasi jam tangan anti air ini dapat digunakan untuk kegiatan olahraga air seperti snorkeling.

5. EIGER MERCURY-YP10515 ABC WATCH

Mercury-YP10515 ABC watch merupakan perlengkapan wajib bagi para petualang luar ruang. Rekomendasi jam tangan anti air yang satu ini dilengkapi dengan fitur-fitur fungsional seperti altimeter, barometer, termometer, ramalan cuaca, stopwatch, alarm, kompas, dan 10 ATM water resistant. Diameternya sekitar 52mm.

Baca juga: 5 Tips Padu Padan Style Pria Keren yang Simple

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita melakukan aktivitas air memakai jam tangan. Pertama, pastikan crown sudah tertekan atau terkunci sebelum masuk ke dalam air. Kemudian, dalam kondisi basah, jangan mengoperasikan atau mengatur crown dan pusher, ya

Setelah terkena air laut, jangan lupa untuk segera membersihkan jam tangan dengan air bersih dan keringkan dengan kain lap halus. Jika jam tangan terdapat rotating bezel, maka pastikan kita memutar bezel waktu membersihkan untuk mengangkat sisa-sisa pasir atau garam air laut.

Jika kita menemukan kondensasi atau embun di bawah kaca atau tanda oksidasi pada dial, kita bisa segera membawa jam tangan ke toko flagship store resmi Eiger atau menghubungi customer service 081-123-11632.

Yuk, pilih salah satu dari rekomendasi jam tangan anti air di website Eiger Adventure Official. Karena belanja online kini jauh lebih mudah, jadi Eigerian bisa bebas pilih koleksi jam tangan dan produk Eiger lainnya dari mana dan kapan saja!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments