HomeTips & TrickMountaineeringBegini 5 Cara Mencari Air Bersih untuk Diminum di Hutan

Begini 5 Cara Mencari Air Bersih untuk Diminum di Hutan

Air adalah sumber kehidupan dalam setiap aktivitas manusia, termasuk saat melakukan eksplorasi alam. Memahami dan langsung praktik cara mencari air bersih untuk diminum di hutan menjadi salah satu basic survival skill yang harus dimiliki setiap pecinta alam. Ini sangat penting dipelajari dan dilakukan saat darurat, ada kemungkinan tersesat di alam bebas maupun kekurangan air bersih untuk dikonsumsi. Terlebih lagi tidak semua hutan di gunung memiliki sumber air seperti sungai dan danau, jadi hal ini harus Eigerian antisipasi dengan baik.

Mencari berbagai sumber air di alam dengan cara yang tepat, maka akan membantu Eigerian mendapat kebutuhan air minum yang tercukupi selama menjelajah alam. Kira-kira, bagaimana cara mencari air bersih untuk diminum di hutan dan mana saja lokasi sumber airnya? Yuk, bersama-sama simak penjelasan berikut ini. 

Cara Mencari Air Bersih untuk Diminum di Hutan saat Kondisi Darurat

1. Carilah Sungai, Mata Air, atau Sumber Air Lainnya

Pertama, cara mencari air bersih untuk diminum di hutan tentunya dengan menemukan lokasi sumber air alami yang tersedia di alam. Temukan keberadaan sungai, mata air, aliran air, maupun sumber air lainnya di sekitar wilayah lembang, jurang, dan titik rendah lainnya. Sumber air alami ini paling aman serta bisa diandalkan untuk persediaan air selama bertualang di dalam hutan. 

2. Memanfaatkan Air Hujan untuk Dikonsumsi

Beberapa survivor yang gemar menjelajah alam terbuka, kerap kali memanfaatkan air hujan untuk dikonsumsi dalam keadaan darurat. Cara mencari air bersih untuk diminum di hutan ini efektif dan paling mudah dilakukan lantaran tidak semua gunung maupun hutan memiliki sumber air seperti sungai, mata air, atau danau. 

Caranya cukup mudah dilakukan, dengan mengumpulkan air hujan di dalam botol atau wadah lainnya. Kemudian air tadahan tersebut disaring dan direbus selama kurang lebih 10 menit lamanya untuk membunuh kuman, bakteri, atau partikel lain yang terkandung di dalam air. Setelah itu, air rebusan bisa dan aman untuk dikonsumsi.

cara mencari air bersih untuk diminum di hutan

3. Mencari Air pada Akar Gantung yang Merambat di Pohon

Selain memanfaatkan air hujan yang kemudian direbus, ternyata akar gantung yang merambat di atas pohon di dalamnya mengandung simpanan air yang bisa diminum lho. Kandungan air yang ada di akar gantung merupakan sumber air yang sangat bermanfaat di saat kondisi darurat.

Cara untuk mendapatkan air di akar gantung yaitu dengan menebas akar yang menggantung dari atas pohon untuk menerima kucuran air. Nah, selama tidak berbau, air dari akar gantung yang rasanya segar dan alami sehingga bisa langsung diminum tanpa harus direbus terlebih dahulu. 

4. Menemukan Lokasi yang Banyak Tumbuhan Subur

Untuk mengetahui mana lokasi yang dekat dengan sumber air di dalam hutan, amati kondisi sekeliling dan temukan titik yang banyak ditumbuhi tumbuhan subur. Di lokasi tertentu di hutan dan gunung, biasanya ada lokasi tumbuhan subur yang cukup lebat. Bisa jadi ini mengarahkan ke sumber air terdekat yang ada di sekitar tumbuhan. Periksalah sekitar lokasi tumbuhan yang subur tersebut, mungkin saja terdapat genangan atau aliran air. 

Contoh tanaman yang di dekatnya ada sumber air seperti ekor kucing atau pohon kapas. Dua tanaman ini mencirikan adanya sumber air tanah di sekitarnya. Cara mendapatkannya adalah dengan menggali tanah di sekitar tanaman ekor kucing atau pohon kapas. 

5. Memeras Kandungan Air yang Ada di Lumut

Apabila kamu tidak menemukan akar gantung atau air tadahan hujan, coba manfaatkan kandungan air yang ada di tumbuhan lumut. Bagaimana cara mendapatkannya? Cukup peras lumut memakai kain agar kandungan airnya bisa terpisah dari tumbuhan lumut. 

Gunakan wadah secara bersamaan untuk menampung air. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai kotoran dalam air perasan mengendap sehingga menghasilkan permukaan air yang cukup jernih. Selama airnya tidak berbau menyengat dan tanpa rasa, ini aman untuk dikonsumsi. Jika keruh, maka caranya disaring, diamkan dahulu agar kotorannya mengendap. 

Baca juga: Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Mendaki Gunung dengan Cara Berikut

Jelajah Alam Bebas Bersama EIGER Adventure

Itulah beberapa cara mencari air bersih untuk diminum di hutan yang bisa kamu praktikkan saat bertualang di alam. Secara umum, kondisi air dijamin bersih jika semakin dekat dengan sumbernya, karena kecil kemungkinan benda-benda kotor terbawa ke dalamnya. 

Ingatlah, mendapatkan air di alam terbuka bisa menjadi tantangan karena kualitas airnya yang tidak selalu terjamin. Oleh sebab itu, pastikan kenali ciri-ciri air yang aman dikonsumsi dan selalu murnikan air sebelum dikonsumsi untuk mencegah masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Apabila EIgerian tidak merasa yakin untuk mengonsumsi air yang ditemukan di hutan saat kondisi darurat, sebaiknya pastikan dulu sumber airnya bersih, jernih, dan terhindar dari kontaminasi. Agar tidak kerepotan mencari air bersih di hutan, sebelum berpetualang di alam bebas, bawalah persediaan air minum yang cukup sejak awal. 

cara mencari air bersih untuk diminum di hutan

EIGER menyediakan beragam peralatan mountaineering yang kamu butuhkan untuk pendakian, termasuk wadah minum seperti Hydracaulics 2L Reservoir S23 yang cocok menampung dan menyaring persediaan air bersih selama di hutan. 

Miliki koleksi produk mountaineering EIGER Adventure yang terjamin kualitas produknya yang original, belanja online sangat mudah dengan beragam metode pembayaran seperti bank transfer, COD, hingga paylater. Nikmati penawaran harga spesial dan keuntungan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia! Yuk, tanpa pikir panjang, langsung kunjungi website resmi Eiger Adventure Official.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru