HomeTips & TrickRidingTidak Hanya Menambah Kebersihan, Ini 5 Manfaat Mencuci Motor!

Tidak Hanya Menambah Kebersihan, Ini 5 Manfaat Mencuci Motor!

Perawatan sepeda motor sangat penting untuk menjaga penampilan yang menarik dan kinerja yang baik, terutama selama musim hujan, saat perawatan harus dilakukan lebih intensif daripada selama musim kemarau.

Sangat disarankan agar sepeda motor dicuci segera jika terabas hujan, bahkan setelah digunakan. Hal ini perlu dilakukan karena ada beberapa dampak negatif yang akan muncul jika sepeda motor kamu tidak cepat dicuci setelah menerabas hujan.

Dampak ini berdampak pada kemampuan kendaraan untuk dikendarai dengan nyaman serta beberapa masalah tambahan yang dapat menyebabkan masalah lebih besar di masa depan. Baca pembahasan lengkap di bawah ini untuk lebih jelas.

Manfaat Mencuci Motor Secara Rutin

Kegiatan mencuci motor secara teratur sangat penting untuk ketahanan dan performa motor kamu, terutama selama musim penghujan. Berikut ini beberapa manfaat yang muncul ketika mencuci motor secara teratur!.

1. Membuat Kondisi Kampas Rem Tetap Prima

Rem sangat penting untuk keselamatan berkendara. Hal ini membuat kerja rem yang baik sangat penting, terutama saat motor melaju kencang ketika berkendara. 

Di musim penghujan, performa rem sangat penting, terutama jika kondisi jalan sedang licin. Ketika musim hujan, sangat penting untuk mencuci motor agar rem tetap bersih dan bebas dari kotoran serta pasir. 

Selain itu, jika rem kotor dan berpasir, cakram rem juga akan tergores, jadi sangat penting untuk mencuci motor secara teratur.

2. Mengurangi Risiko Terjadinya Karatan

Motor yang jarang dibersihkan, terutama jika sering dipakai menerabas hujan, memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami karatan. Karatan ini biasanya dapat ditemukan pada area body, mesin,  footstep, standar samping dan standar tengah.

3. Menjaga Karet Seal Tetap Aman

Karet seal merupakan komponen yang banyak dijumpai di beberapa area motor. Karet ini berfungsi untuk melindungi area tersebut dari air hujan dan debu saat berkendara. Kualitas karet seal di motor kamu ini perlahan akan menurun jika terus menerus terkena air hujan.

Area tromol dan velg adalah dua komponen penting dalam sebuah motor untuk dilindungi oleh karet seal. Jika karet di komponen tersebut rusak dan menurun kualitasnya, bearing atau bantalan komponen tersebut akan terkena karat.

4. Membuat Panas Mesin Bisa Dilepaskan Secara Normal 

Panas motor akan bisa dikeluarkan secara normal jika dicuci secara teratur. Hal ini lantaran proses cuci motor bisa menghilangkan kotoran yang muncul karena adanya air hujan dan menempel di berbagai komponen motor.

Masalah akan sering ditemui bagi kamu yang memiliki motor dengan radiator. Hal ini karena kotoran yang dihasilkan ketika hujan bisa mudah mengendap di area tersebut.

Jika dibiarkan terus mengendap, performa yang dihasilkan oleh motor kamu akan mengalami penurunan serta menjadi mudah overheat. Kendala sering overheat ini lama kelamaan akan membuat motormu mengalami turun mesin. 

  1. Memperpanjang Umur Tutup Busi

Tutup busi berfungsi lebih dari sekadar menutup busi atau menyambungkan kabel dari koil ke busi. Komponen ini ternyata memiliki fungsi untuk menjaga resistansi internal yang tinggi untuk mencegah penurunan kinerja mesin.

Jika tutup busi ini sering terkena percikan air hujan dan tidak langsung dibersihkan, motor akan tiba-tiba sering mogok ketika dipakai karena fungsi kelistrikan di motor menjadi terganggu. 

Baca Juga: 4 Manfaat Pakai Sepatu Motor, Eigerian Harus Tahu!

Cara Mencuci Motor yang Benar

Sekarang ada banyak pilihan untuk jasa cuci sepeda motor yang menawarkan berbagai harga dan layanan, tetapi tidak ada salahnya untuk mencuci motor kamu sendiri karena langkah-langkahnya tidak terlalu sulit. 

Untuk mencuci motor dengan benar, ada tujuh langkah yang harus diperhatikan. Berikut adalah penjelasannya:

1. Kondisi Mesin Harus Dingin

Hindari mencuci motor saat masih panas. Menyemprotkan air ke area mesin yang panas menyebabkan perubahan suhu yang cepat, berisiko merusak mesin.

2. Pastikan Roda dan Rantai Bersih

Saat mencuci motor, rantai dan roda adalah bagian pertama yang harus dibersihkan. Ini dilakukan agar kotoran tidak menyebar ke bagian lain. 

3. Bersihkan Mesin Secara Detail

Sebelum masuk ke bodi motor, bersihkan sudut dan celah di sekitar mesin dengan sikat gigi bekas dan cairan pembersih. Namun, jangan lupa untuk tidak membasuhkan air di bagian rem dan bantalannya karena dapat menyebabkan korosi.

4. Siramkan Seluruh Bagian Bodi Motor

Selanjutnya, gunakan air untuk membersihkan seluruh bodi motor. Jangan menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkan bodi motor karena dapat merusak lapisan cat di dalamnya.

5. Gunakan Spons untuk Menggosok Bodi Motor

Setelah seluruh bodi motor basah, gunakan spons untuk membersihkannya. Celupkan spons ke dalam air yang dicampur dengan shampoo motor, lalu gosok seluruh bagian motor dengan spons.

6. Siram Kembali dengan Air

Setelah membersihkan seluruh bagian motor, lanjutkan dengan membilasnya dengan air. Pastikan juga menyemprot area yang sulit dijangkau untuk memastikan semuanya benar-benar bersih dari sabun. 

7. Keringkan

Setelah motor dibersihkan, langkah terakhir adalah mengeringkannya. Pastikan seluruh bagian motor benar-benar kering dan tidak ada air yang tertinggal. kamu dapat menggunakan kain microfiber untuk mengelapnya. Hindari mengeringkan motor di bawah sinar matahari langsung.

Jangan Lupa Jaga Kondisi Fisikmu

Sebagai pengendara roda dua, kamu tidak hanya wajib menjaga kesehatan motormu, namun daya tahan dan fisik tubuhmu. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara memakai perlengkapan berkendara yang mumpuni dan berkualitas.

Berbagai macam perlengkapan EIGER dapat membuat kamu berkendara dengan aman dan nyaman. Untuk mendapatkan barang-barang EIGER yang ideal untuk kegiatan berkendara, kamu dapat menemukannya di toko EIGER Adventure terdekat atau di situs webnya di www.eigeradventure.com. Nikmati produk asli EIGER bersama dengan ongkir gratis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru