HomeTips & TrickGreen & HealthySimak Cara Menghilangkan Bau Kaki Efektif di Sini, dan Coba Sekarang Juga!

Simak Cara Menghilangkan Bau Kaki Efektif di Sini, dan Coba Sekarang Juga!

Salah satu hal yang cukup mengganggu ketika kamu beraktivitas bersama teman-teman terdekat adalah bau kaki. Aktivitas seru yang dilakukan akan cukup terganggu ketika kamu atau salah satu temanmu memiliki bau kaki yang kurang sedap. Tentu, akan dibagikan di sini cara menghilangkan bau kaki yang efektif sehingga bau tak sedap bisa hilang.

Pertimbangan utama sebenarnya terletak pada kenyamanan kamu atau kelompokmu. Namun di sisi lain, bau kaki yang tidak sedap juga bisa saja menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres dengan kesehatan.

Tapi mari kesampingkan sejenak isu kesehatan, dan fokus pada beberapa cara menghilangkan bau kaki dengan efektif dan efisien. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Ingat untuk Rutin Potong Kuku

Cara pertama yang paling mudah dipraktekkan adalah rutin potong kuku. Tanpa disangka, kuku yang terlalu panjang jadi rumah untuk banyak kotoran dan kuman, yang bisa memicu bau kaki tak sedap. Ketika kuku rutin dipotong, maka bakteri dan kotoran ini tidak lagi bisa bertahan lama di kaki dan salah satu pemicu bau kaki bisa dikurangi.

Selain dengan memotong kuku untuk mengurangi risiko adanya bakteri pemicu bau kaki tak sedap, kamu juga bisa memastikan bagian pinggiran kuku masing-masing jari kaki turut dibersihkan secara rutin. Meski terlihat tidak terlalu banyak, namun kuman dan bakteri yang terjebak di pinggiran kuku kaki juga bisa memicu bau kaki tak sedap, terlebih jika lembab.

2. Gunakan Produk Kaus Kaki Berkualitas

Cara Menghilangkan Bau Kaki
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Salah satu inovasi yang cukup berperan dalam rangka meminimalisir bau kaki tak sedap adalah kaos kaki dengan fitur biosil. Kaus kaki dengan fitur ini didesain dengan bahan sedemikian rupa sehingga dapat mengurangi kelembapan kaki, dan mengurangi pertumbuhan bakteri yang memicu bau.

Kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai platform dan marketplace. Namun pastikan kamu memiliki produk kaus kaki yang berkualitas dan asli dari produsen yang sudah terjamin kredibilitasnya.

Setelah menggunakan kaus kaki dengan fitur biosil anti bakteri, kamu juga wajib menjaga kebersihan kaus kaki dan sepatu yang kamu gunakan. Lakukan pencucian secara rutin sehingga kaus kaki dan sepatu juga selalu terjaga kebersihannya dan bebas dari bakteri atau kotoran.

3. Usahakan Kaki Selalu dalam Keadaan Kering

Bakteri dan kotoran bisa dengan mudah memicu bau kaki ketika ‘tersedia’ lingkungan yang mendukung perkembangannya. Lalu lingkungan seperti apa yang bisa memicu perkembangan bakteri dan kotoran, bahkan jamur?

Kondisi yang dimaksud adalah kondisi lembap secara terus menerus. Kondisi seperti ini adalah yang bisa mendukung perkembangan jamur dan bakteri penyebab bau kaki, jadi usahakan ketika kamu menggunakan kaus kaki atau sepatu, kaki sudah berada dalam kondisi kering.

Kamu bisa mengeringkannya dengan handuk, tisu, atau kain lain, dan membiarkannya terkena angin sejenak. Ketika sudah benar-benar kering, baru kamu bisa mengenakan kaus kaki dan sepatumu kembali.

4. Makanan Pemicu Bau Keringat

Cara Menghilangkan Bau Kaki
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Beberapa makanan yang kamu konsumsi juga ternyata bisa menjadi pemicu bau keringat tak sedap. Makanan-makanan ini antara lain rempah-rempah, daging merah, alkohol, kafein dalam jumlah besar, junk food, dan sejenisnya.

Salah satu cara menghilangkan bau kaki adalah dengan mulai mengurangi makanan-makanan tersebut. Kaki memiliki kelenjar keringat yang cukup banyak. Ketika produksi keringat meningkat, dan pada dasarnya memiliki bau kurang sedap, maka bau kaki tidak akan terhindarkan.

Kombinasinya dengan jamur, bakteri, dan kotoran yang ada di kaki menjadi komposisi sempurna untuk bau kaki yang tidak sedap. Mulai konsumsi makanan-makanan sehat, seperti coklat, alpukat, tahu, ikan, pisang, atau sayuran berwarna hijau gelap, dan makanan-makanan yang mengandung banyak magnesium.

5. Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan Membersihkan Kulit Mati

Cara terakhir dalam artikel singkat ini adalah dengan membersihkan kulit mati. Selain sela sela kuku dan pinggiran kuku, bakteri dan jamur juga bisa tumbuh dan berkembang di area kulit mati yang menumpuk.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan membersihkan jaringan kulit mati secara rutin. Kamu bisa membersihkan jaringan kulit mati ini dengan berbagai cara, misalnya dengan menggosok bagian tumit atau kulit yang terasa kasar di telapak kaki secara perlahan hingga terasa lembut.

Jika ingin lebih efektif, kamu bisa mendatangi tempat perawatan tubuh dan meminta treatment di bagian kaki hingga benar-benar bersih dan tidak ada kulit mati yang tersisa.

Baca Juga : Kenapa Daur Ulang Barang Tidak Terpakai Perlu Dilakukan? 

Menggunakan kaus kaki yang berkualitas dan memiliki fitur biosil dapat membantu kaki ‘bernafas’ dengan baik, sehingga tidak terlalu lembap dan jamur atau bakteri tidak tumbuh dengan cepat. Di sisi lain, penggunaan sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik juga bisa membantu kaki tetap kering meskipun kamu beraktivitas dengan intens.

Kamu bisa menemukan banyak produk kaus kaki dan sepatu seperti ini langsung di website Eiger Adventure official dan membelinya di sana. Salah satu dari sekian banyak cara menghilangkan bau kaki ini bisa memberikan efek yang cukup instan, sehingga bau kaki bisa berkurang cukup drastis. Semoga membantu, dan semoga masalah bau kaki lekas teratasi!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments