HomeTips & TrickRidingArti Bikers dan Perbedaannya dengan Riders

Arti Bikers dan Perbedaannya dengan Riders

Apakah Eigerian masih bingung dengan istilah bikers dan riders? Yuk, pahami arti bikers dan perbedaannya dengan riders dalam artikel berikut.

Istilah bikers dan riders sering kali dianggap sebagai makna yang sama. Padahal, kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda.

Meski demikian, bikers dan riders memiliki hubungan erat dengan aktivitas outdoor khususnya berkendara dengan sepeda motor.

Lebih lanjut, ini dia penjelasan seputar bikers dan riders yang perlu Eigerian ketahui.

Baca Juga: 8 Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Berkendara

Arti Bikers dan Riders

bikers adalah
(Foto pengendara sepeda motor. Sumber: EIGER Adventure)

Arti bikers adalah orang yang memiliki hobi mengendarai sepeda motor dan mengetahui seluk-beluk kendaraannya. 

Bahkan tidak jarang, seorang bikers lebih fokus kepada kendaraan bermotor yang ditumpanginya, daripada aktivitas berkendaranya itu sendiri.

Berbicara tentang bikers, ada juga istilah yang disebut sebagai lady bikers. Sesuai dengan namanya, istilah ini mengacu pada wanita yang hobi berkendara dan memiliki ketertarikan besar terhadap sepeda motor.

Sementara itu, riders adalah orang yang hanya suka dengan aktivitas mengendarai sepeda motornya saja. Jadi, tidak memiliki perhatian besar terhadap sepeda motor yang dikemudikannya.

Bisa dibilang, setiap orang yang mengendarai sepeda motor disebut sebagai riders. Baik itu yang berkendara dengan sepeda motor dalam jarak dekat, maupun jarak jauh.

Baca Juga: 6 Jenis Tanda Rambu Lalu Lintas Di Indonesia, Rider Wajib Paham!

Istilah dalam Komunitas Motor dan Artinya

motor matic
(Foto sepeda motor. Sumber: EIGER Adventure)

Selain istilah bikers dan riders, ada juga beberapa istilah lain yang kerap kita temukan dalam komunitas motor. 

Ini dia daftar istilah dalam komunitas motor beserta artinya yang perlu Eigerian pahami:

1. Sunmori

Eigerian yang hobi berkendara dengan sepeda motor, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah sunmori, bukan?

Sunmori merupakan kependekan dari Sunday morning ride. Sesuai dengan namanya, ini adalah kegiatan mengendarai sepeda motor ketika hari Minggu pagi.

2. Kopdar

Istilah kopdar juga cukup sering ditemui dalam komunitas motor. Bagi Eigerian yang belum tahu, kopdar adalah kependekan dari kopi darat.

Ini merupakan kegiatan komunitas motor yang diselenggarakan secara rutin sebagai sarana berkumpul para anggota.

3. Kopgab

Ada juga kopgab yang merupakan singkatan dari kopi gabungan. Berbeda dengan kopdar, kopgab memiliki skala yang lebih besar. 

Kegiatan ini sering kali menjadi sarana berkumpul antara satu komunitas motor dengan komunitas motor yang lainnya.

4. Jamnas

Istilah lain yang cukup sering ditemui pada komunitas motor ialah jamnas. Ini merupakan singkatan dari jambore nasional.

Jamnas merupakan sarana berkumpulnya para anggota komunitas motor dalam skala besar. Biasanya, peserta kegiatan ini meliputi perwakilan dari seluruh komunitas motor di berbagai wilayah Indonesia.

Baca Juga: :5 Tips Riding Aman Menuju Lokasi Bukber, Taat Prokes Aman!

5. Rolling

Rolling merupakan istilah yang biasa digunakan ketika agenda kopdar, kopgab, atau jamnas selesai.

Ini adalah istilah yang digunakan ketika ada kegiatan berkeliling dengan sepeda motor mengitari suatu wilayah tertentu dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh.

6. Tourjib

Tourjib merupakan singkatan dari tour wajib. Jadi, seluruh anggota komunitas motor harus ikut berpartisipasi dalam kegiatan touring.

Kegiatan tour ini bisa dilakukan dalam jarak dekat atau pun menempuh jarak jauh.

7. Tourgab

Selain tourjib, ada tourgab atau touring gabungan. Sesuai dengan istilahnya, ini merupakan kegiatan touring gabungan dari satu komunitas motor bersama komunitas motor lainnya sehingga pesertanya cukup banyak.

8. Road Captain

Selama kegiatan touring komunitas motor, ada istilah yang disebut sebagai road captain. Ini adalah orang yang bertanggung jawab atas keselamatan dan kelancaran kegiatan touring.

Misalnya, dengan bertugas mengurus administrasi selama persiapan touring. Hingga mengurus surat izin untuk melakukan touring.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Soal Arti Riding Motor dan Pentingnya Safety Riding

9. Safety Officer

Selain itu, kegiatan touring atau sunmori sering kali melibatkan safety officer. Ini merupakan orang yang bertugas untuk memastikan bahwa jalur touring aman dilewati oleh seluruh partisipan kegiatan.

Oleh karenanya, seorang safety officer harus memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai kondisi jalan yang akan dilewati pengendara motor.

10. Sweeper

Istilah lain yang juga bertugas selama kegiatan touring atau sunmori, yaitu sweeper. Ini adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk mengatur barisan pengendara motor di jalanan.

Biasanya, sweeper akan mengambil posisi di bagian kanan barisan pengendara agar lebih mudah dalam mengatur peserta selama touring atau sunmori.

11. Voorijder

Voorijder adalah istilah yang menggambarkan seorang pemimpin rombongan touring atau sunmori sehingga ritme kecepatan seluruh peserta kompak.

Biasanya, seorang voorijder akan melakukan tugasnya dengan memberi isyarat melalui tangan atau kaki selama berkendara di jalanan.

Dalam menjalankan tugas, voorijder harus berkoordinasi dengan road captain, sweeper, maupun safety officer. Jadi, kegiatan komunitas motor berjalan aman dan nyaman.

Baca Juga: 10 Cara Hemat BBM Motor Matic dan Gigi, Catat Baik-Baik, Ya!

Pentingnya Keamanan Diri Selama Berkendara

cek motor
(Foto pengecekan kendaraan bermotor sebelum riding. Sumber: EIGER Adventure)

Eigerian yang merupakan bikers atau riders, wajib menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri selama mengemudikan sepeda motor.

Apapun istilah yang disandang, safety riding harus selalu kita terapkan sehingga aktivitas outdoor ini bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.

Selama berkendara, pastikan sepeda motor yang ditumpangi selalu dalam kondisi prima. Jadi, Eigerian terhindar dari risiko bahaya dan kecelakaan.

Jangan lupa juga untuk melengkapi diri dengan berbagai peralatan safety riding. Mulai dari helm dengan standar SNI, pakaian pelindung, sarung tangan, hingga sepatu.

Gunakanlah alat safety riding yang memang khusus untuk berkendara agar Eigerian selalu aman saat berada di jalanan.

Dalam hal ini, kita bisa membeli beragam perlengkapan riding di situs web resmi EIGER Adventure Official.

EIGER memiliki berbagai pilihan produk untuk berkendara dengan jaminan kualitas tinggi dan harga terbaik.

Kita pun bisa melakukan transaksi dengan aman dan nyaman, berkat customer support yang tersedia 24 jam.

Nikmati juga beragam promo menarik yang diberikan. Mulai dari diskon spesial hingga promo gratis ongkir yang menggiurkan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments