HomeTips & TrickLifestyle6 Cara Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif Bersama Anak-Anak

6 Cara Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif Bersama Anak-Anak

Untuk kamu yang sudah berkeluarga, tentu banyak cara mengisi waktu luang yang bisa dilakukan. Penat setelah bekerja atau rasa suntuk pada rutinitas bisa dilepaskan sejenak ketika menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anak.

Tapi bagaimana jika quality time yang dihabiskan bersama anak-anak ini juga bisa menjadi waktu yang produktif? Tidak dalam artian produktif di sisi pekerjaan, namun pada bonding dan kehangatan keluarga yang bisa kamu dapatkan?

Nah, untuk memberikan ide cara mengisi waktu luang bersama dengan anak-anak tapi tetap produktif itu, kamu bisa mendapatkannya di poin-poin berikut ini. Semoga berguna!

Baca Juga : Tak Perlu Ragu Ajak Anak, Setelah Tahu Manfaat Berkemah

Cara mengisi waktu luang manfaatkan dengan baik

1. Jalan-Jalan Terdengar Seru ya?

Cara mengisi waktu luang
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Seiring dengan pelonggaran kondisi di berbagai tempat umum yang ada di Indonesia, jalan-jalan bisa jadi agenda seru untuk mengisi waktu luang bersama anak. Meski tetap harus menerapkan protokol kesehatan, namun setidaknya kini bisa dikatakan sudah cukup aman mengajak anak berkeliling.

Kamu bisa mengunjungi banyak lokasi. Mulai dari taman kota, taman hiburan, perpustakaan, danau, museum, atau mencari jajanan di sekitar rumah. Wisata kuliner kecil-kecilan bersama anak bisa membantu mendekatkan hubungan kamu dan anak-anak.

Pastikan semua tetap menaati protokol kesehatan ya, agar proteksi yang kamu dan anak dapatkan bisa optimal dan meminimalisir risiko penularan virus. Kamu tidak perlu khawatir, karena Eiger juga memiliki koleksi masker anak yang keren. Selain menjaga dari virus, anak juga akan merasa lebih percaya diri. 

2. Memasak Bersama-Sama

Anak-anak selalu memiliki makanan kesukaan hasil masakan yang kamu buat. Kamu bisa mengajak anak-anak untuk memasak bersama makanan yang mereka sukai untuk menikmati waktu berkualitas bersamanya.

Cara mengisi waktu luang ini selain bisa mempererat hubungan kamu dan anak, juga bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan. Mengenal bahan makanan, proses memasak, hingga melatih kesabaran menunggu makanan matang.

Dengan begini kamu bisa menikmati waktu luang bersama anak tapi tetap produktif untuk tumbuh kembangnya. Di sisi lain, kamu bisa merasa lebih rileks berkat interaksi dengan anak-anak saat memasak.

3. Bagaimana dengan Mengajaknya Berkegiatan Luar Ruang?

Cara mengisi waktu luang
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Untuk anak-anak yang sudah pada fase bergerak aktif, seperti berlari dan berjalan, maka kamu bisa mengajaknya berkegiatan di luar ruang. Bukan sekedar jalan-jalan di area sekitar rumah, tapi juga menjelajah ke area yang lebih jauh.

Sebagai seorang Eigerian, kamu pasti memiliki keinginan untuk berpetualang bersama orang terdekat. Nah, mengajak anak-anak untuk mendaki gunung, trekking, berkemah, dan sejenisnya bisa menjadi cara mengisi waktu luang yang seru.

Selain kamu bisa mengenalkan alam sekitar pada mereka, kamu juga bisa mengajarkan banyak hal melalui  petualangan kamu. Cara mencintai alam, mengenali tanaman dan hal yang tidak ditemui di rumah , dan lain sebagainya.

Tentu saja, untuk urusan ini kamu bisa mengandalkan apparel dari Eiger Kids. Apparel yang tersedia jelas berkualitas, nyaman digunakan, dan bisa mendukung kegiatan luar ruang.

4. Bermain Bersama Anak

Waktu bermain bersama anak adalah waktu yang berharga untuk semua orang tua. Tentu saja, cara selanjutnya untuk menghabiskan waktu luang adalah menemani mereka bermain, apapun jenis permainannya.

Mulai dari permainan konsol, permainan board game, atau permainan olahraga, semua bisa dijadikan cara seru menghabiskan waktu luang bersama anak-anak. Selain memicu rasa bahagia dan nyaman pada anak-anak, hal ini juga bisa membantunya tumbuh lebih optimal.

Cara belajar anak-anak adalah dengan bermain. Maka semakin banyak ia bermain dengan pendampingan tepat, semakin baik pula tumbuh kembangnya.

5. Cara Mengisi Waktu Luang Produktif, Bersih-Bersih Rumah

Cara mengisi waktu luang
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Cara mengisi waktu luang dan tetap produktif, salah satunya adalah dengan bersih-bersih rumah. Waktu luang yang kamu miliki memang biasanya lebih nyaman jika dihabiskan dengan bersantai, tapi menjaga rumah tetap bersih juga jadi sebuah keharusan bukan?

Ajak anak-anak untuk turut serta dalam aktivitas ini. Mulai dengan memberikannya tanggung jawab kecil, seperti mengembalikan mainan ke kotak mainan atau mungkin dengan merapikan bagian kamarnya.

Selain bisa membantu mendekatkan hubungan kamu dan anak, aktivitas ini juga membantu mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak sejak dini. Bahwa setiap orang yang tinggal di rumah memiliki tanggung jawab yang harus dijalankan dengan baik dan penuh keseriusan.

6. Malam Apresiasi untuk Anak-Anak

Terakhir, untuk mengisi waktu luang yang kamu miliki, adalah mengadakan malam apresiasi untuk anak-anak dan orang tua. Di sini, setiap orang bisa menampilkan atau menyampaikan apapun yang mereka miliki atau rasakan pada semua orang di rumah.

Kamu bisa memancing anak-anak untuk menampilkan kebolehan atau ilmu yang didapatkan di sekolah. Memberikan apresiasi atas hal ini tak hanya akan membuat anak merasa senang, namun juga kamu sebagai orang tua akan merasa puas atas capaian yang diperoleh anak.

Kegiatan ini juga mampu menjadi media efektif untuk terus meningkatkan kualitas hubungan keluarga, karena semua bisa disampaikan dari hati ke hati dalam suasana yang hangat.

Baca Juga : 7 Tempat Ngecamp Paling Asyik dan Daftar Perlengkapan yang Mesti Dibawa 

Well itu tadi setidaknya 6 cara mengisi waktu luang namun tetap produktif bersama anak-anak dan keluarga. Tentunya, untuk urusan menghabiskan waktu bersama keluarga dengan kegiatan luar ruang, kamu bisa selalu mengandalkan produk terbaik dari website Eiger Adventure official. Berkualitas, ramah lingkungan, dan nyaman digunakan, Eiger Adventure siap menemani semua kegiatan kamu dan anggota keluarga kapan saja!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments