HomeTips & TrickMountaineering7 Tempat Ngecamp Asyik dan Daftar Perlengkapan yang Mesti Dibawa

7 Tempat Ngecamp Asyik dan Daftar Perlengkapan yang Mesti Dibawa

Camping atau kebanyakan orang menyebutnya ngecamp, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk refreshing di akhir pekan. Bercengkerama dengan orang-orang terdekat sembari menyatu dengan alam, pasti seru banget! Kebetulan kalau Eigerian sedang mencari tempat ngecamp yang asri dan menenangkan, wajib simak ulasan di bawah ini sampai akhir! 

Sebenarnya ada banyak sekali spot camping terbaik di Indonesia yang paling indah dan juga nyaman. Penasaran? Yuk, mulai cari tahu dulu spot-spot camping terbaik yang tersebar di Jawa! Setelah itu, siapkan segala peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. 

Rekomendasi Tempat Ngecamp Terbaik di Jawa

Di bawah ini ada beberapa tempat ngecamp yang paling direkomendasikan, khususnya yang tersebar di pulau Jawa. 

1. Bedengan (Jawa Timur)

Jika ingin jalan-jalan ke Jawa Timur, maka silakan pilih tempat ngecamp Bedengan. Tempat camping yang satu ini berada di Dusun Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Jaraknya sekitar 25 kilometer ke arah Barat dari pusat Kota Malang. Pemandangan di Bedengan sangat menarik dengan nuansa alam yang paling memesona. Tempatnya masih alami, dan ditumbuhi oleh pepohonan rindang yang tumbuh tinggi. Tidak jauh dari tempat perkemahannya, ada sungai yang airnya sangat jernih. Konon katanya, aliran sungainya berasal dari air terjun yang bernama Brues di lokasi terpencil. Sementara itu, fasilitas di Bedengan juga sudah lengkap. Bahkan ada juga perlengkapan untuk mendirikan tenda. Selain itu, juga tersedia mushola dan kamar mandi.

Menariknya lagi, selain camping kita juga bisa menikmati wisata petik jeruk, lho. Ternyata, asal-usul nama Bedengan berasal dari kawasannya yang dulunya merupakan tempat pembibitan pohon. Masyarakat menyebutnya “bedengan”. Tidak heran, di sana ada berbagai macam jeruk yang bisa kita petik sendiri.

2. Puncak Aher Sukabumi (Jawa Barat)

Objek wisata Puncak Aher tidak hanya menyajikan keindahan pemandangan kawasan Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi dari ketinggian. Tapi lebih dari itu, kita juga bisa menikmati malam di Puncak Aher sambil camping, lho. Puncak Aher yang dulunya bernama Puncak Pamoyanan atau Puncak Awan ini berada di Kampung Pamoyanan Kedusunan Mekarsari I Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Ngecamp di tempat ini? Dijamin berkesan, sebab ketika malam pemandangan yang disajikan berupa hamparan cahaya dari lampu rumah-rumah warga di pesisir pantai yang begitu terlihat jelas. Dan ketika pagi hari, mata kita kan langsung menerawang pemandangan laut yang masih tertutup kabut.

3. Bukit Surya Salaka (Jawa Barat)

Terletak di Desa Gunung Bunder 2, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Bukit Surya Salaka ini menawarkan camping ground dengan lanskap alam yang sangat memesona. Di sini, kita dapat melihat langsung Gunung Salak dan pemandangan cahaya kota yang indah pada malam hari. Tidak hanya itu, hamparan sawah hijau dan pegunungan yang sejuk juga akan membuat kita betah berlama-lama!

4. Batu Tapak Camping Ground Cidahu – TNGHS Resort (Jawa Barat)

Batu Tapak Camping Ground Cidahu adalah tempat perkemahan di TNGHS resort, yang terletak di Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Tempat ngecamp yang satu ini berada di ketinggian 900 mdpl dengan luas 2,5 hektar. Camping di tempat ini, kita akan disuguhi panorama alami dengan kontur alam dan berundak di lahan perkemahan pada 3 bidang lapangan. Selain lingkungan alami yang dibentuk oleh hutan gunung, terdapat lahan pertanian kebun dan persawahan yang juga menjadi panorama sekitar Batu Tapak Camping Ground. Menariknya lagi, ada beberapa spot perkemahan yang berhadapan langsung dengan lahan persawahan yang dibatasi oleh sungai, lho.

5. Ranca Upas, Ciwidey

Inilah lokasi ngecamp yang sama sekali tidak boleh dilewatkan. Meskipun lokasinya terbilang cukup jauh dari Ibu Kota, namun Ranca Upas tetap menjadi favorit para pemburu kedinginan. Di sini, kita akan lebih merasa betah karena dimanjakan dengan segala pesona dan juga fasilitas yang ada. Penangkaran rusa adalah salah satunya. Obyek wisata ini hanya berjarak beberapa meter saja dari area camping, dan tidak pernah sepi pengunjung. Ranca Upas juga memiliki danau, bahkan kolam renang air panas pun ada. Di tepian danau seringkali terlihat angsa yang sedang berenang bersama kawanannya, sangat menarik!

6. Waduk Sermo (Yogyakarta) 

Dari pantai, selanjutnya kita bergeser ke waduk. Kita juga bisa menemukan spot ngecamp menarik di Yogyakarta, yaitu di Waduk Sermo. Terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Waduk Sermo menawarkan panorama alam perbukitan Menoreh yang sangat memukau. Letak waduk ini berada di antara dua bukit yang eksotis, dikelilingi dengan hutan hijau yang sangat menyejukkan. Waduk Sermo merupakan rekomendasi yang tepat untuk camping! Untuk menikmati keindahan tempat ini,kita hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp10 ribuan saja. 

7. Puncak Kosakora (Yogyakarta) 

Terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Gunung Kidul, Puncak Kosakora juga menjadi spot camping yang wajib dicoba saat berkunjung ke Yogyakarta. Pemandangan yang indah dan menghadap langsung ke pantai membuat tempat ini jadi salah satu langganan wisatawan untuk berkemah. Dari Puncak Kosakora, kita bisa menikmati keindahan Pantai Drini Yogyakarta yang indah. Selain menikmati indahnya pantai, kita juga bisa menikmati indahnya sunset di tempat ini, lho. Namun sebelum berkemah di sini, kita butuh menyiapkan ekstra tenaga lebih karena harus trekking selama beberapa menit untuk mencapai puncaknya. Walau demikian, dijamin kita tidak akan kecewa dengan pemandangan indah yang tersaji sejauh mata memandang! 

Baca juga: Pahami Cara Pasang Tenda yang Kokoh Supaya Nyaman dan Aman

Daftar Perlengkapan untuk Ngecamp

Bagaimana, sudah menentukan pilihan akan ngecamp di mana? Destinasi manapun yang akhirnya dipilih, jangan lupa siapkan perlengkapannya! Sudah tahu, perlengkapan apa saja yang perlu dibawa? 

  • Tenda camping, frame, dan pasak merupakan perlengkapan utama saat ngecamp yang tidak boleh ketinggalan. 
  • Jaket gunung, raincoat, dan baju ganti juga wajib dibawa. 
  • Sepatu dan sandal gunung, serta kaos kaki. 
  • Sleeping bag untuk tidur makin nyaman.
  • Matras. 
  • Kompor dan gas untuk memasak juga diperlukan. 
  • Perlengkapan memasak wajib ada kalau ingin suasana camping lebih hangat. 
  • Logistik atau bahan makanan. 
  • Pisau serbaguna, korek api, senter, dan headlamp beserta baterai cadangan. 
  • Kantong plastik dan trash bag. 
  • P3K dan survival kit. 

Baca juga: Apapun Alasannya, Alat Camping Ini Tidak Boleh Ketinggalan

Nah, sebaiknya gunakan tas carrier untuk membawa segala peralatan dan perlengkapan untuk ngecamp di atas. Sebab, biasanya beberapa barang kecil akan hilang dan ketinggalan jika tidak di-packing dalam satu tas atau wadah. Itulah mengapa kita perlu menggunakan tas carrier. Bentuknya yang simple tidak boleh diremehkan, karena tas carrier memiliki kapasitas banyak.

Dapatkan tas carrier berkualitas dari Eiger Adventure. Ada banyak pilihan tas carrier dalam berbagai model dan ukuran. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan saja. Selain tas, kita juga bisa belanja seluruh perlengkapan pendakian di website Eiger Adventure Official. Soal harga tidak perlu khawatir, banyak promo yang ditawarkan, lho. Cek sekarang, dijamin menggiurkan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments