HomeTips & TrickRidingDaftar Lengkap Perlengkapan Bersepeda Paling Recommended

Daftar Lengkap Perlengkapan Bersepeda Paling Recommended

Bersepeda tidak hanya jenis olahraga yang menyenangkan, namun bisa jadi hobi yang membantu kamu tetap sehat dan bugar. Tentu saja, kegiatan ini wajib didukung dengan perlengkapan sepeda yang memadai, sesuai dengan jenis sepeda dan medan yang kamu lewati.

Tentunya perlengkapan bersepeda untuk kegiatan di jalanan kota dan perlengkapan bersepeda untuk kegiatan bersepeda di alam bebas akan sangat berbeda, karena mempertimbangkan faktor risiko dan kenyamanan berkendara. Maka dari itu, penting rasanya memahami benar apa-apa saja yang dibutuhkan untuk masing-masing medan sehingga kamu bisa bersepeda dengan nyaman dan aman.

Baca Juga : Handlebar Bag, Tas Sepeda Keren yang Multifungsi

Jenis Sepeda untuk Jalanan Perkotaan

perlengkapan sepeda
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Sebenarnya pengelompokan umum bisa dibagi menjadi dua, yakni jalanan untuk area perkotaan dengan karakter jalan datar dan beraspal, dan yang kedua adalah karakter jalanan off-road seperti pegunungan atau hutan. Namun pada artikel kali ini akan difokuskan pembahasan pada perlengkapan bersepeda untuk jalanan datar dan beraspal.

Untuk beberapa jenis sepeda yang digunakan pada area perkotaan sendiri antara lain sebagai berikut.

  • Sepeda lipat : karakternya ringkas, ringan, dan fleksibel, dan digunakan untuk masyarakat perkotaan yang dinamis untuk jarak tempuh pendek hingga menengah. Biasa dimanfaatkan sebagai moda transportasi dan berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dengan cepat.
  • Road bike : salah satu sepeda yang menjadi andalan pecinta olahraga sepeda yang erat dengan kecepatan. Karakternya tangguh, ringan, dan memiliki stang lengkung. Sepeda ini digunakan untuk mencapai kecepatan tinggi dan menempuh jarak jauh dengan medan beraspal. Secara umum, desainnya perpaduan antara kekuatan dan fitur kecepatan.
  • Sepeda fixie : namanya sendiri diambil dari jenis mekanisme yang digunakan, yakni fixed wheel. Sepeda ini juga tidak memiliki rem tangan, dan mengandalkan mekanisme fixed wheel untuk memperlambat laju. Karena ini juga, fixie cenderung digunakan untuk area datar dan beraspal, agar kecepatannya mudah dikendalikan.
  • Sepeda BMX : sepeda ini identik dengan penggunaan untuk tujuan atraksi, karena bentuknya yang cenderung kecil. Karakter utamanya adalah stang tinggi, jok rendah, dan roda kecil dengan ban tebal. Sepeda BMX awam ditemukan di area perkotaan dengan jalan datar, atau di tempat atraksi atau skate park.
  • Sepeda touring : bentuknya mirip dengan road bike, namun banyak ditambahkan perlengkapan guna menunjang agenda touring. Penggunaannya fokus pada jarak jauh, namun tetap dengan karakter jalan yang beraspal.
  • Sepeda tandem : karakternya paling mencolok adalah memiliki jok rendah dan badan panjang sehingga bisa digunakan untuk dua atau beberapa orang. Peruntukannya di jalanan datar beraspal, dan kegiatan rekreasional.

Perlengkapan Sepeda yang Digunakan

perlengkapan sepeda
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Untuk karakter jalanan datar perkotaan, beberapa perlengkapan sepeda yang digunakan secara umum adalah sebagai berikut.

1. Bagian Kepala

  • Helm : penggunaan peralatan sepeda pertama ini wajib dilakukan, meski medan yang ditempuh adalah jalanan perkotaan. Jalanan perkotaan tetap memiliki risiko tersendiri, dan helm akan jadi pelindung kepala yang utama.
  • Kacamata : kacamata bisa jadi perlengkapan opsional, dan digunakan saat diperlukan guna menghalau sinar matahari. Kamu bisa mencoba Cobalt Sunglasses untuk urusan ini.
  • Topi : jika diperlukan kamu juga bisa menggunakan topi untuk membantu melindungi bagian kepala atau menghalau sinar matahari. Untuk topi kamu bisa mencoba Frais CC Cap

2. Bagian Badan

  • Tas : tas dengan ukuran kecil bisa digunakan untuk membawa berbagai barang, baik kegiatan rekreasional hingga touring. Kamu bisa menggunakan X-Velo Pouch Cycling Bag.
  • Sarung tangan : perlengkapan ini juga terbilang opsional, namun direkomendasikan untuk dipakai. Hal ini karena bisa meningkatkan daya cengkeram, dan melindungi bagian telapak tangan dari kondisi kulit yang menebal. Di waktu yang sama, kamu juga bisa terlindung dari paparan sinar matahari. Produk rekomendasinya adalah X-Rapidez 1.0 FF Gloves.
  • Pakaian bersepeda : pakaian sepeda ini sangat disarankan untuk perjalanan jauh atau cepat karena bisa menunjang kegiatan bersepeda. Bisa berupa jersey, celana khusus dengan busa di bagian pantat, atau jaket windbreaker yang bisa menghalau angin. Untuk jersey sendiri kamu bisa menggunakan X-Roadies Cycling jersey SS.

3. Lain-Lain

  • Lampu : lampu akan jadi perlengkapan sepeda yang direkomendasikan jika kamu sering berkendara di malam hari atau night riding. Bisa dipasangkan di depan atau di belakang, lampu yang menyala bisa meningkatkan visibilitas kamu saat bersepeda di jalanan.
  • Botol minum : well setidaknya botol minum menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa karena kamu bisa membawa bekal dari rumah. Selain tidak menambah sampah plastik dengan botol sekali pakai, kamu juga akan lebih hemat dalam kegiatan bersepeda yang dilakukan. Opsi recommended? Ada Calabash 1,5L Water Bladder.
  • Sepatu : sebenarnya untuk kegiatan bersepeda santai, sepatu yang digunakan bisa fleksibel. Namun untuk kegiatan yang orientasinya kecepatan atau jarak jauh seperti penggunaan road bike atau sepeda touring, disarankan menggunakan sepatu sepeda khusus. Treksta Dove X GTX Shoes bisa jadi opsi menarik untuk urusan sepatu.
  • Kunci L, rantai, dan gembok : ketika perlengkapan ini juga terbilang opsional dan bisa dibawa jika memang diperlukan.

Baca Juga : Sederet Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Fisik dan Mental 

Itu tadi daftar perlengkapan sepeda yang bisa kamu gunakan sebagai acuan saat akan bersepeda, baik di perkotaan atau jalanan ekstrim. Tentu saja, kamu bisa menemukan berbagai produk tersebut di website Eiger Adventure official untuk Cycling Series dengan mengklik langsung di tautan yang tersedia. Semoga berguna, dan selamat menjalankan aktivitas!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments