HomeTips & TrickPerhatikan! 6 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan di Tempat Wisata

Perhatikan! 6 Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan di Tempat Wisata

Faktor kebersihan sering kali menjadi salah satu masalah yang mengganggu di kawasan wisata. Yang seharusnya pengunjung bisa menikmati pemandangan yang indah, namun karena adanya sampah maka keindahan tempat wisata pun berkurang. Perlu dipahami, bahwa menjaga kebersihan lingkungan, termasuk di tempat wisata bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan saja. 

Menjaga kebersihan sekitar adalah kewajiban dan tanggung jawab kita semua terhadap lingkungan. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di tempat wisata.

Selama ini banyak pengunjung tempat wisata yang menyalahkan pihak pengelola, bahkan tak jarang juga menyalahkan pemerintah atas ketidaknyamanannya terhadap sampah di tempat wisata. 

Padahal hal tersebut juga berasal dari pengunjung itu sendiri. Dengan alasan letak sampah yang jauh, para pengunjung pun dengan sesuka hati membuang sampah di mana saja. 

Atau jika ingin tidak terlihat, ada juga yang menyelipkannya di daerah yang tak mudah dijangkau oleh mata. Jika ada kesadaran membuang sampah pada tempatnya, atau menyimpannya terlebih dahulu sampai ditemukannya tempat sampah, maka fenomena menumpuknya sampah di tempat wisata tentu tidak akan ada lagi.

Kenapa Perlu Menjaga Kebersihan Lingkungan di Tempat Wisata?

cara menjaga kebersihan lingkungan

Menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan akan menumbuhkan rasa cinta kebersihan untuk menjaga tempat wisata supaya tetap bersih. Dan tentunya juga akan terhindar dari tumpukan sampah. Indonesia adalah salah satu negeri yang kaya akan objek pariwisata, di mana wisata Indonesia sangat terkenal karena memiliki keindahan alam yang membuat para wisatawan domestik maupun mancanegara berdecak kagum. 

Setiap objek wisatanya memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri, sehingga bisa memikat dan membuat para wisatawan takjub. Bahkan banyak wisatawan yang berulang kali datang kembali ke objek wisata yang sama untuk menikmati keindahannya. Namun, keindahan alam tak akan berarti apa-apa jika pengunjung tidak memiliki kesadaran sendiri untuk merawatnya. 

Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik, Eigerian harus berusaha untuk menjaga dan merawat apa yang ada di sekitar, salah satunya adalah menjaga kebersihan lingkungan di tempat wisata. Jika lingkungan bersih, maka manfaatnya akan dirasakan oleh diri sendiri maupun orang-orang di sekitar. 

Sebaliknya, jika lingkungan kotor, maka akibatnya juga akan kita terima. Manfaat lingkungan sekitar yang bersih di antaranya adalah akan menjadikan lingkungan terasa nyaman, lingkungan lebih sehat dan aman dikunjungi, lingkungan menjadi lebih enak dipandang.  

Sedangkan akibat buruk jika lingkungan kotor di antaranya adalah akan menimbulkan bencana seperti banjir, menjadi sarang binatang seperti kecoa dan nyamuk, menjadi sarang penyakit, dan lain sebagainya.

Baca juga: 5 Tips Backpacker, Harus Selalu Cermat dan Terencana!

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan di Tempat Wisata?

cara menjaga kebersihan lingkungan

Sedikitnya terdapat enam cara menjaga kebersihan lingkungan di tempat wisata yang wajib Eigerian pahami. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Stop Membuang Sampah Sembarangan!

Di tempat-tempat umum, termasuk di tempat wisata biasanya sudah disediakan tempat sampah. Eigerian harus selalu membuang sampah pada tempatnya, ya! Jika belum menemukan tempat sampah, maka sebaiknya simpan dulu sampahnya sampai menemukan tempat sampah.

2. Kurangi Penggunaan Plastik

Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa sampah plastik adalah sampah yang sangat sulit terurai. Jika sampah plastik terbawa ke sungai maupun laut, maka hal itu bisa merusak ekosistem di sekitarnya. Mengurangi penggunaan plastik berarti Eigerian turut serta dalam menyelamatkan lingkungan. 

Alih-alih menggunakan kantong plastik, Eigerian bisa  membawa barang belanjaan dengan tas dari kain. Tas ramah lingkungan ini bisa digunakan berkali-kali, sementara kantong plastik biasanya hanya sekali atau beberapa kali pakai saja. Sedangkan untuk menyimpan pakaian basah, gunakan tas kedap air. 

3. Bawa Botol Air Sendiri

Pastikan Eigerian menggunakan botol minuman yang dapat dipakai berkali-kali. Bawa botol minuman sendiri saat bepergian, termasuk saat berkunjung ke tempat wisata. Cara menjaga kebersihan lingkungan yang satu ini dapat membantu mengurangi jumlah sampah botol plastik sekali pakai, lho. Pasalnya, botol plastik perlu waktu hingga 1.000 tahun agar dapat terurai di tanah. Yuk, beralih menggunakan tumbler dari EIGER!

4. Hindari Sedotan Plastik

Tips berikutnya adalah, hindari penggunaan sedotan plastik ketika berwisata, karena sedotan ini dapat menimbulkan risiko tinggi bagi kehidupan laut. Dengan menghilangkan sedotan plastik, maka Eigerian dapat membantu mengurangi dampak salah satu sepuluh jenis puing di lautan. Untuk menghindari penggunaan sedotan plastik, Eigerian bisa membawa sedotan stainless steel atau sedotan bambu.

5. Peralatan Mandi

Saat berwisata di pantai, Eigerian juga bisa menjaga kebersihan lingkungan dan ekosistem laut dengan cara menyiapkan peralatan mandi ketika berwisata. Caranya, Eigerian bisa mengganti sampo, makeup, dan pembersih yang mengandung bahan kimia seperti polietilen dan polipropilena. 

Sebab, bahan-bahan itu dapat masuk ke laut dan merusak ekosistemnya. Jadi mulai sekarang, Eigerian bisa memilih peralatan mandi misalnya menggunakan botol isi ulang daripada membeli barang baru di setiap perjalanan. Tentu saja hal ini juga akan dapat menghemat uang sekaligus membantu menyelamatkan ekosistem laut.

6. Gunakan Tabir Surya Ramah Lingkungan

Selain peralatan mandi, tabir surya juga patut diperhatikan saat Eigerian berkunjung ke pantai. Ada banyak tabir surya mengandung bahan-bahan yang beracun bagi terumbu karang. Bahkan, Hawaii baru-baru ini menjadi negara pertama yang melarang tabir surya yang mengandung oksibenzon dan octinoxate, lho

Bahan-bahan itu ditemukan memiliki dampak berbahaya yang signifikan pada ekosistem. Nah, Eigerian juga dapat membantu melindungi lautan sekaligus kulit dengan menghindari tabir surya dengan bahan-bahan tersebut. Sebaiknya, pilih tabir surya dengan bahan biodegradable, ya!

Baca juga: Abadikan Momen Liburan dengan 8 Tips Foto Aesthetic Ini!

Bagaimana, cara menjaga kebersihan lingkungan di tempat wisata yang telah disebutkan di atas cukup mudah untuk dipraktikkan, bukan? Jangan lupa siapkan berbagai perlengkapan sebelum bergegas. Dapatkan berbagai produk Traveling Series dari EIGER, dijamin #PastiMakinAsyik untuk menemani liburan!

Belanja di website Eiger Adventure Official lebih mudah dan praktis, lho. Karena EIGER ingin memberikan pengalaman berkesan untuk setiap proses belanja yang Eigerian lakukan, maka interface yang tersedia juga sangat bersahabat. Tentukan pilihan sekarang, sebelum kehabisan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments