HomeTips & TrickAbadikan Momen Liburan dengan 8 Tips Foto Aesthetic Ini!

Abadikan Momen Liburan dengan 8 Tips Foto Aesthetic Ini!

Mengabadikan momen bersama orang-orang tersayang memang menjadi hal wajib saat liburan. Terkadang, sebagian orang hanya banyak memotret tanpa memperhatikan bagaimana teknik fotografi, sehingga foto yang dihasilkan ternyata kurang bagus. Apakah Eigerian juga sering kali mendapati hasil foto yang zonk? Itu tandanya, tips foto aesthetic di bawah ini wajib banget disimak! 

Para pecinta fotografi pasti sudah tidak asing saat mendengar kata aesthetic. Aesthetic adalah kata sifat yang menyatakan keindahan yang jika diartikan merupakan rasa yang timbul dari seberapa indah suatu objek yang dapat dirasakan atau dilihat.

Untuk objeknya, bisa dilihat dari segala aspek seperti background photo, outfit of the day, makanan-makanan yang sudah disusun cantik dan rapi, dan lain sebagainya. Makin penasaran, seperti apa tips foto aesthetic yang bisa Eigerian coba? Yuk, lanjut membaca sampai akhir! 

Tips Foto Aesthetic yang Patut Dicoba

tips foto aesthetic eiger

Punya skill di bidang fotografi tentu akan memberikan banyak manfaat. Nah, buat Eigerian yang hobi foto, langsung saja simak tips foto aesthetic di bawah ini, yuk

1. Rule of Third

Ternyata, untuk membuat foto yang bagus, objek tidak harus berada di tengah frame. Tips foto aesthetic yang pertama, cobalah untuk menerapkan aturan sepertiga atau rule of thirds. Ini merupakan salah satu aturan komposisi yang terbilang sangat populer. Saat display kamera terbagi menjadi tiga bagian secara horizontal dan vertikal, maka akan terlihat garis yang membentuk 9 kotak dan 4 titik temu. Jika mengikuti aturan sepertiga, maka sebaiknya objek berada di salah satu titik pertemuan tersebut. 

2. Perhatikan Pencahayaan

Tips foto aesthetic selanjutnya adalah perhatikan pencahayaan. Apalagi untuk jenis foto tertentu seperti foto produk, objek harus terlihat terang dan jelas supaya lebih menarik perhatian. Saat hasil foto masih kurang baik dari segi pencahayaan, teruslah untuk bereksperimen baik menggunakan sumber cahaya alami maupun tambahan. Salah satu solusi yang paling mudah adalah mengambil foto di luar ruangan dengan menggunakan cahaya matahari alami. 

3. Maksimalkan fungsi fitur-fitur kamera

Untuk mendapatkan foto aesthetic, pastikan untuk memaksimalkan fitur-fitur kamera yang digunakan. Baik itu kamera smartphone, kamera DSLR, ataupun jenis-jenis kamera lainnya. Untuk kamera DSLR misalnya, ada berbagai jenis mode yang bisa dimanfaatkan, seperti memaksimalkan fungsi ISO (tingkat sensitivitas cahaya), aperture (mengatur bukaan atau diafragma), shutter speed (mengatur durasi penyerapan cahaya), dan lain sebagainya. 

4. Gunakan Properti Tambahan

Saat ini, ada banyak yang menjual berbagai properti cantik untuk keperluan foto. Cobalah untuk memotret dengan tambahan properti untuk menciptakan hasil foto yang lebih aesthetic. Kalau belum memilikinya, Eigerian juga dapat memanfaatkan benda-benda di sekitar seperti cermin, atau lainnya. 

5. Coba Lebih Banyak Angle dan Pose

Ada berbagai jenis angle dalam fotografi, misalnya frog’s eye level untuk mengambil foto gedung, di mana fotografer melakukannya dengan posisi tiarap. Atau birds eye level dalam penggunaan drone untuk memotret situasi. Ada juga eye level atau angle yang sejajar jika ingin mengambil foto seorang model. Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai jenis angle untuk menghasilkan foto yang aesthetic

6. Perhatikan Komposisi Warna

Permainan komposisi warna juga sangat berpengaruh dalam menghasilkan foto aesthetic. Benda yang sederhana dapat terlihat menarik berkat adanya komposisi warna yang pas dan harmonis. Misalnya, deretan produk, buah, atau sayur dengan warna yang sama di supermarket saja bisa menjadi objek foto yang sangat menarik karena warnanya yang selaras. Atau ada sekuntum bunga berwarna cerah yang tampak kontras dan menonjol di antara rerumputan hijau, pasti menghasilkan foto yang cantik. 

7. Coba Pencahayaan Buatan

Selain bisa memanfaatkan cahaya matahari alami, Eigerian juga bisa memanfaatkan cahaya lampu atau cahaya buatan lain untuk menghasilkan foto yang aesthetic. Misalnya, cahaya lilin, bohlam, dan lainnya. Saat memotret pakai lampu, pastikan warna bohlam sesuai dengan suasana foto yang ingin dihasilkan. Selain itu, bisa juga memanfaatkan cahaya layar HP atau lilin. Cahaya yang dikeluarkan lilin akan memberikan efek intim, sehingga akan memberikan rasa yang berbeda pada foto yang dihasilkan. 

8. Jangan Lewatkan Edit Foto! 

Tips foto aesthetic yang terakhir adalah mengedit hasilnya kembali. Ada berbagai aplikasi edit foto yang bisa digunakan secara gratis, tinggal pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan saja. Tentukan filter atau atur sendiri komposisi contrast, exposure, saturation, clarity, dan lainnya. 

Baca juga: 5 Inspirasi Outfit Jalan-Jalan Anti Ribet Tapi Tetap Stylish

Rekomendasi Tas Kamera Terbaik

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menghasilkan foto yang menarik dan aesthetic? Tapi sebelum bergegas hunting foto, pastikan Eigerian menyimpan dan membawa kamera dalam tas yang tepat! Di bawah ini ada beberapa tas kamera dari EIGER yang paling direkomendasikan. Cek, yuk

1. EIGER Z WANDERWAY CAMERA SHOULDER BAG – Rp359.000,-

tips

Z-Wanderway Camera Shoulder adalah tas selempang yang dirancang khusus untuk memudahkan Eigerian dalam membawa dan mengakses kamera saat traveling ataupun berkegiatan sehari-hari. Tas ini memiliki kompartemen utama dengan sekat busa untuk menyimpan kamera, lensa, serta charger supaya tetap rapi dan terlindungi dari goresan serta benturan. Sementara itu, di bagian luar tas terdapat saku depan untuk menaruh ponsel dan barang-barang kecil lainnya, dan juga saku samping untuk menyimpan hand sanitizer. Tas selempang ini juga dilengkapi rain cover untuk memastikan perlengkapan fotografi terlindungi saat terkena air hujan atau debu.

2. EIGER DETOUR 2.0 CAMERA SLING BAG – Rp359.000,-

foto

Detour 2,0 Camera Sling adalah sling bag yang dirancang khusus untuk memudahkan Eigerian membawa dan mengakses kamera saat traveling. Tas ini memiliki kompartemen utama dengan bantalan yang bisa dilepas-pasang dan disesuaikan untuk menyimpan kamera mirrorless, lensa, dan charger agar tetap rapi dan terlindungi dari goresan maupun benturan. Saku di flap bagian dalam dapat digunakan untuk menyimpan kartu memori, flash disk, dan baterai cadangan. 

Sedangkan saku di bagian depan bisa digunakan untuk menaruh kabel dan ponsel. Dilengkapi pula rain cover untuk memastikan perlengkapan fotografi terlindungi saat terkena air hujan atau debu.

3. EIGER WANDERDRIFT 3.0 SHOULDER CAMERA SHOULDER BAG – Rp419.000,-

tips foto wanderdrift

Wanderdrift 3,0 Shoulder Camera adalah tas selempang yang didesain khusus untuk memudahkan Eigerian membawa dan mengakses kamera saat bepergian. Di bagian dalam tas, ada kompartemen khusus dengan bantalan yang dapat disesuaikan untuk menyimpan kamera mirrorless, lensa, charger, dan memory card supaya tetap terlindungi dari goresan atau benturan. Ada pula cover bag di bagian dalam untuk memastikan perlengkapan fotografi terlindungi saat terkena air hujan. 

Saku depan dan saku belakangnya dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang yang sering diakses. Tas ini menggunakan bahan water repellent sehingga mampu memberikan perlindungan sementara dari cipratan air atau hujan dengan intensitas ringan. 

4. EIGER VERSAPACK HALF CAMERA BACKPACK 25L – Rp899.000,-

versapack

Versapack Half Camera 25L adalah camera backpack yang dirancang khusus untuk menyimpan perlengkapan kamera dan perlengkapan pribadi saat berpergian. Tas kamera ini memiliki dua pembagian ruang utama, yaitu di kompartemen atas dan bawah. Kompartemen atas bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan atau pakaian, yang dilengkapi dengan saku dalam untuk menaruh aksesoris tambahan seperti kartu memori, flash disk, baterai cadangan, dan lainnya. 

Sementara itu, kompartemen bawah berfungsi sebagai kompartemen khusus kamera dengan bantalan yang dapat disesuaikan dan dilepas-pasang. Adanya fitur bukaan samping akan memudahkan Eigerian untuk dengan cepat mengambil kamera di kompartemen bawah. 

Saat Eigerian membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan di kompartemen utama, tinggal lepaskan saja bantalan kamera di kompartemen bawah dan buka resleting pada sekat, sehingga Eigerian bisa menggunakan tas ini sebagai backpack saja. Kombinasi bahan water repellent di bagian luar dan rain cover akan memberikan perlindungan ekstra dan memastikan barang bawaan tetap kering dan aman saat terkena hujan.

5. EIGER X-PORTEGE CAMERA POUCH – Rp259.000,-

shoulder bag

X-Portege Camera Pouch adalah tas fungsional dan sangat efisien untuk digunakan sehari-hari. Kompartemen utamanya memiliki bantalan yang bisa dilepas dan disesuaikan untuk melindungi kamera dengan aman. Satu saku depan juga tersedia untuk menyimpan barang tambahan. Terbuat dari bahan water repellent yang kuat, tas ini bisa digunakan sebagai tas selempang atau dijinjing sesuai kebutuhan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Beanie Hat Terbaik untuk Menemani Traveling

Bagaimana, tips foto aesthetic di atas tidak sulit untuk dipraktikkan, bukan? Jika Eigerian punya tips foto aesthetic lainnya bisa banget tulis di kolom komentar, ya! Untuk urusan beli tas kamera terbaik dan travel kit lainnya, langsung saja kunjungi website Eiger Adventure Official. Dapatkan produk original dan berkualitas dengan harga terbaik. Di mana lagi belanja produk terlengkap kalau bukan di website Eiger Adventure Official. Eigerian bisa bebas pilih produk yang sesuai selera dan kebutuhan, dijamin #PastiMakinAsyik, deh!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments