HomeTips & TrickRingkas, Begini Cara Packing Baju Agar Praktis Saat Traveling

Ringkas, Begini Cara Packing Baju Agar Praktis Saat Traveling

Keterampilan dalam hal packing baju tampaknya menjadi salah satu skill utama yang harus dimiliki. Terutama, bagi Eigerian yang menyukai gaya traveling ringan, dengan koper maupun ransel, dan hendak melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh. Strategi packing yang baik tentunya akan menentukan jumlah dan besar tas yang harus kita bawa. 

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa packing adalah hal yang paling malas untuk dilakukan ketika hendak traveling. Harus memasukkan semua barang ke dalam satu tas, melelahkan rasanya. Baju, kosmetik, celana, dan perlengkapan lainnya semua harus muat. Sebenarnya kita tidak perlu membawa banyak barang, karena hal ini akan sangat merepotkan saat di perjalanan. Bawalah barang yang sekiranya penting saja, supaya kita tidak perlu membawa koper berukuran besar. Bawa satu tas ransel saja sudah cukup, kok!

Pergi traveling pakai satu tas ransel saja itu sangat mungkin, asalkan teknik packing baju yang kita lakukan benar. Supaya bisa muat banyak, ikuti beberapa packing berikut ini untuk traveling yang minim bawaan.

1. Buat List dan Kategorikan Barang Bawaan

Sebelum memulai packing baju, ada baiknya kita membuat list atau daftar barang apa saja yang harus dibawa traveling. Kita perlu menuliskan daftar tersebut hingga detail mulai dari jumlah baju, kosmetik, hingga pakaian dalam. Semuanya harus masuk ke dalam daftar. Setelah itu, cek lagi apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya akan memenuhi tas. Lalu sortir hingga kita benar-benar memilih barang yang pasti akan digunakan saja.

Setelah membuat list barang bawaan yang akan dibawa traveling, selanjutnya kita perlu mengkategorikan barang bawaan tersebut. Mulai dari pakaian, alat mandi, barang elektronik, dokumen, hingga kabel, dan lain sebagainya. Pembuatan kategori seperti ini bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan pengecekan benda mana saja yang belum terbawa. Setelah semua benda sudah dikategorikan, masukan benda tersebut per kategori ke dalam kantong, plastik atau tempat kecil lainnya, sehingga akan lebih mudah dalam memasukkan dan mengeluarkan barang tersebut berdasarkan kategorinya. Penggunaan kantong kecil ini juga bermanfaat untuk menghindari barang yang tercampur maupun terselip di dalam ransel.

2. Pilah Pakaian yang Tepat

packing baju
Sumber: Freepik

Terkait pakaian, karena tidak membawa setrika maka lebih baik pilih baju yang bahannya tidak mudah kusut. Ini adalah salah satu tips packing baju bawaan agar selalu rapi tanpa membawa setrika. Kita bisa membawa baju yang bahannya lembut dan jatuh. Hindari baju berbahan katun karena sifatnya mudah kusut. Kemudian, bawa masing-masing pakaian sebanyak tiga buah. Bukan tanpa alasan, jumlah ini telah disesuaikan dengan kebutuhan saat kita berada di luar kota. Jumlah ini sudah pas karena nantinya satu baju akan dipakai, satu baju dicuci, sedangkan satu baju lainnya dijemur. Jadi kita tidak akan pernah kehabisan pakaian saat traveling.

3. Atur Baju dengan Cara Digulung

Cara menyimpan pakaian di dalam tas ransel saat traveling juga bisa menentukan muat atau tidaknya barang yang akan dibawa. Jika biasanya kita melipat baju dan menumpuknya, sekarang kita harus mengubah cara itu. Ada baiknya baju yang sebelumnya kita lipat, digulung terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam tas ransel, lalu letakkan atau susun secara memanjang. Dengan begitu, baju yang kita bawa tidak akan memakan banyak ruang dan masih bisa menyelipkan barang-barang lainnya. Selain dapat menyisakan banyak ruang, teknik menggulung pakaian juga dikenal dapat membuat baju tidak mudah lecek dan kusut, lho

4. Memanfaatkan Botol Kecil

packing baju
Sumber: Freepik

Bagaimana dengan alat mandi seperti shampoo, sabun, atau lotion yang akan kita bawa? Solusinya adalah kita bisa memanfaatkan botol kecil sebagai wadahnya. Membawa alat mandi dengan ukuran yang besar tentunya akan memakan banyak tempat dalam ransel. Maka, dengan menggunakan botol kecil dan membawa seperlunya saja dapat menghemat tempat dan lebih meringankan beban ransel yang dibawa.

Baca juga: Rencanakan Traveling Seru Bareng Teman Pakai 7 Tips Ini

5. Gunakan Alas Kaki yang Simple

Terkadang kita sering merasa kesusahan membawa alas kaki di dalam ransel. Sebaiknya kita hanya perlu membawa maksimal dua pasang alas kaki saja saat traveling. Salah satu alas kaki itu kita pakai, dan alas kaki yang lainnya ditaruh di dalam ransel. Tips lain agar menghemat ruang di ransel adalah dengan memilih alas kaki yang simple dan ringan untuk dibawa. Jangan lupa sesuaikan alas kaki yang ingin kita bawa dengan destinasi wisata yang akan kita datangi. Jangan sampai kita justru memilih alas kaki yang kurang tepat, sehingga kita akan kerepotan sendiri dan mengganggu kenyamanan selama berwisata.

Untuk packing sepatu, kita bisa menyiasatinya dengan memasukkan kaos kaki ke dalam rongga dalam sepatu. Dengan begitu, kaos kaki kita tidak akan hilang dan bawaan juga akan lebih ringkas. Kalau sepatu dimasukkan juga ke dalam tas bersamaan dengan pakaian lain, kita bisa memasukkannya ke dalam kantung sepatu terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari tercampurnya bau sepatu dengan barang-barang lainnya.

Baca juga: Jangan Abaikan Tips Ini Kalau Ingin Staycation Seru Bareng Sahabat

Mari, kita ciptakan liburan yang nyaman dan efisien dengan menerapkan tips packing baju saat traveling seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, sebelum packing baju dan pergi liburan, jangan lupa tas ransel sudah siap, ya! Mulai perjalanan dan simpan semua perlengkapan yang dibutuhkan dengan aman serta mudah dijangkau ke dalam tas Eiger Roadtrip Ruck 32L. Tas ini dilengkapi juga dengan saku di tali gendong dengan bahan elastis untuk menyimpan hand sanitizer agar mudah dijangkau saat dibutuhkan. Finishing water repellent pada tas ini mampu melindungi tas dari cipratan air atau hujan ringan. Sangat cocok untuk menjadi sahabat saat traveling, bukan? Koleksi terbaru Eiger lainnya silakan cek di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru