HomeTips & TrickGreen & HealthyBanyak Manfaatnya, Ketahui Tips Melakukan Clean Eating yang Tepat

Banyak Manfaatnya, Ketahui Tips Melakukan Clean Eating yang Tepat

Apa itu clean eating, dan bagaimana tips melakukannya? Clean eating bisa dipahami sebagai pola makan yang tujuannya tidak hanya untuk turun berat badan saja. Akan tetapi juga untuk mengatur cara hidup dan pemilihan makanan untuk dikonsumsi.

Eigerian perlu tahu nih, pola makan ini pertama kali dikenalkan oleh Tosca Roneo dalam bukunya berjudul The Eat-Clean Diet. Diketahui, bahwa prinsip clean eating adalah mengonsumsi makanan dari bahan segar dan utuh tanpa melalui proses pemasakan yang lama. Misalnya buah-buahan, sayuran, lemak sehat, biji-bijian, dan juga daging rendah lemak.

Sebaliknya, makanan olahan seperti frozen food, snack, sosis, dan lainnya sangat dihindari. Jadi pada intinya, Eigerian tidak disarankan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat aditif atau berpengawet. 

Manfaat Melakukan Clean Eating, Eigerian Wajib Tahu!

Studi dalam Food and Nutrition Research menemukan tubuh orang yang mengonsumsi makanan segar mampu mengeluarkan kalori yang lebih banyak saat mencerna makanan. Dengan kata lain, tingkat metabolisme tubuh dalam mencerna makanan jauh lebih tinggi daripada orang yang mengonsumsi makanan olahan.

Hal ini bisa menghindarkan kita dari kondisi obesitas dan berbagai penyakit degeneratif yang bisa muncul karena kelebihan kalori dan juga lemak dalam tubuh. Selain itu, clean eating juga dinilai mampu menurunkan berat badan, meningkatkan penggunaan energi, meningkatkan kualitas tidur, membuat kulit dan rambut lebih sehat, serta meningkatkan kesehatan mental.

Tips Mudah Melakukan Clean Eating

clean eating
Sumber; Freepik

Nah, setelah memahami apa itu clean eating dan apa saja manfaatnya bagi tubuh, berikut ini adalah panduan dan tips menerapkan pola makan clean eating yang bisa Eigerian ikuti:

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur, yang melalui proses pemasakan yang baik. Ada juga yang berpendapat bahwa sayuran dan buah-buahan beku masih diperbolehkan, sebab nutrisinya terjaga.
  2. Konsumsi daging diperbolehkan, asalkan diolah dengan cara dikukus atau dipanggang.
  3. Hindari minuman kemasan yang sudah ditambahkan gula atau zat-zat pengawet lainnya.
  4. Tips selanjutnya adalah mengonsumsi karbohidrat kompleks dan tinggi serat sebagai sumber makanan pokok. Misalnya, roti gandum, nasi merah, kentang, dan lainnya lalu imbangi dengan asupan makanan tinggi protein supaya perut terasa kenyang lebih lama.
  5. Jangan lupa untuk selalu membaca nilai gizi setiap makanan yang Eigerian beli, ya! Pastikan makanan itu tidak mengandung lebih dari satu zat aditif. Perhatikan juga kadar gula dan garamnya, mengingat prinsip clean eating adalah membatasi konsumsi pada dua bahan itu.
  6. Lalu, memilih produk organik yang sedikit mengandung bahan kimia untuk dikonsumsi juga jadi cara terbaik dalam menerapkan pola makan clean eating. Selain buah dan sayur, Eigerian juga boleh mengonsumsi daging dan susu. Tapi ingat, pilihlah produk yang memiliki label organik, ya.
  7. Berikutnya, minum air mineral dalam jumlah yang cukup, di mana anjuran minum air putih adalah sebanyak 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter. Tapi, ini juga tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Selain mencegah tubuh mengalami dehidrasi, minum air mineral yang cukup juga bisa membantu Eigerian menurunkan berat badan lebih cepat, lho.

Supaya lebih semangat menerapkan pola makan clean eating, Eigerian bisa menyiapkan botol minum atau tumbler yang menarik dari EIGER. Cek beberapa rekomendasi terbaiknya di bawah ini!

Baca juga: Cegah Alergi Dingin Saat di Alam Terbuka, Pakai 5 Tips Ini!

1. EIGER Z-SUTHERLAND WATER BOTTLE

clean eating

Z-Sutherland merupakan botol minum yang cocok digunakan untuk menemani Eigerian saat camping, traveling, maupun kegiatan sehari-hari. Terbuat dari bahan ecozen, botol minum yang berdesain simpel dan ringan ini juga dilengkapi juga dengan loop top.

2. EIGER TN KEP. SERIBU WATER BOTTLE

clean eating

Lalu, ada Tn Kep Seribu Water Bottle yang terinspirasi dari keindahan alam Taman Nasional Kepulauan Seribu, Jakarta, dengan pemandangan bawah lautnya yang memukau. Eigerian bisa menggunakan kembali botol minum ini dan kurangi penggunaan botol plastik sekali pakai untuk mendukung gerakan sustainability. Yuk, bersama-sama menjaga dan melestarikan warisan alam ini.

3. EIGER CAMPERS CARAFE BOTTLE

clean eating

Campers Carafe juga direkomendasikan sebagai botol minum yang cocok digunakan untuk menemani Eigerian saat traveling, maupun kegiatan sehari-hari. Terbuat dari bahan stainless steel, botol minum ini dilengkapi dengan tas botol berbahan kanvas serta tali yang dapat disesuaikan, sehingga Eigerian bisa dengan mudah dan nyaman membawa botol minum ke mana pun.

4. EIGER HYDRATION SET BOTTLE

clean eating

Sebagai orang yang aktif dalam melakukan kegiatan luar ruang, tentunya sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Nah, Hydration Set hadir untuk menjadi teman setia ke mana pun Eigerian pergi. Menawarkan kemudahan dalam dua pilihan desain, Eigerian dapat memilih untuk menikmati kopi hangat dengan menggunakan botol atau cangkir sekaligus. Fitur double wall vacuum insulated pada botol ini berfungsi untuk menjaga suhu minuman tetap panas selama kurang lebih 6 jam, lho

5. EIGER BALAVU WATER BOTTLE

clean eating

Botol minum Balavu menawarkan desain yang minimalis, dengan bobot yang ringan untuk menemani kegiatan harian. Terbuat dari bahan stainless steel, botol minum ini bebas dari bahan BPA dengan tutup anti bocor, jadi sangat aman digunakan saat berpergian. Dilengkapi juga dengan double wall vacuum insulated, fitur ini berfungsi untuk menjaga minuman tetap dingin atau hangat dalam waktu beberapa jam.

Baca juga: 5 Cara Menghemat Energi melalui Gaya Hidup Berkelanjutan

Bagi Eigerian yang ingin mencari produk-produk lainnya, langsung saja cek koleksi terbaru EIGER di website resminya.

Eigerian akan mendapatkan produk berkualitas dan original, dengan harga terbaik. Apalagi ada banyak promo yang ditawarkan, mulai dari diskon atau potongan harga, gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, dan lainnya. Cek website resmi EIGER Adventure sekarang, yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru