HomeTips & TrickGreen & Healthy5 Cara Menghemat Energi melalui Gaya Hidup Berkelanjutan, Simak!

5 Cara Menghemat Energi melalui Gaya Hidup Berkelanjutan, Simak!

Kondisi bumi makin lama mengalami kerusakan lingkungan terutama akibat aktivitas manusia di kehidupan sehari-hari. Mulai dari pencemaran, polusi udara, hutan gundul, hingga penumpukan sampah yang sulit terurai di mana-mana. Hal yang paling ideal saat ini dilakukan adalah dengan menerapkan cara menghemat energi yang mendukung gaya hidup berkelanjutan. Penggunaan energi secara hemat dan berhati-hati akan berdampak pada lingkungan yang lebih sehat loh, Eigerian. Yuk mulai terapkan gaya hidup berkelanjutan dengan cara menghemat energi agar bumi yang kita sayangi bisa terus terjaga!

Apa Manfaat Hemat Energi?

Melakukan gerakan hemat energi di setiap aktivitas kehidupan sehari-hari, sangat penting dilakukan karena bumi yang kita tinggali saat ini menghadapi permasalahan lingkungan yang makin serius. Hemat energi di setiap gaya hidup yang kita lakukan membantu mengurangi dampak negatif yang dipicu dari aktivitas manusia pada lingkungan. 

Nah, dengan mengurangi dan mengatur konsumsi sumber daya, energi seperti listrik, dan emisi gas rumah kaca, artinya kita turut membantu mencegah perubahan iklim dan lingkungan jadi lebih sehat. Tak hanya bagi lingkungan, manfaat melakukan cara menghemat energi juga bikin kualitas hidup kita semakin meningkat, kesehatan terjaga, serta masyarakat akan maju dari aspek kehidupan sosial dan ekonomi. 

Tahukah kamu, saat melakukan gaya hidup berkelanjutan secara konsisten, misalnya dengan menerapkan zero waste, artinya kamu memberikan teladan dan inspirasi yang baik bagi orang di sekitarmu agar melakukan hal yang sama. 

Untuk itulah, satu gerakan kecil yang kita lakukan, bisa menciptakan keberlanjutan lingkungan yang lebih baik untuk saat ini dan generasi di masa mendatang. Berikutnya, kamu akan mengetahui beberapa contoh gaya hidup berkelanjutan dengan mengedepankan konsep hemat energi dan ramah lingkungan.

Cara Menghemat Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Untuk menjaga bumi tetap sehat dan berkelanjutan, mulai sekarang yuk lakukan gaya hidup hemat energi di kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips sederhananya yang bisa kamu ikuti:

1. Kurangi Pemakaian Plastik Sekali Pakai

Kita tahu sampah plastik menjadi permasalahan besar yang dihadapi saat ini. Pemakaian plastik sekali pakai secara terus-terusan bisa mendatangkan dampak buruk untuk lingkungan. Maka mulai saat ini kurangi pemakaian plastik sekali pakai dan gantilah dengan alternatif lain yang ramah lingkungan. 

Mulai dari botol air minum (tumbler) yang bisa diisi ulang, tas belanja dari bahan kain (reusable bag), sedotan stainless steel, hingga wadah makan yang bisa dipakai berulang kali dari bahan yang aman.

2. Hemat dalam Penggunaan Air

Gaya hidup berkelanjutan berikutnya dengan hemat dalam pengguna air. Misalnya dengan memperbaiki kran air yang bocor, memakai shower dengan aliran air rendah, hingga memakai air seperlunya. Jika memungkinkan, Eigerian juga perlu membatasi penggunaan water heater secara berlebihan, karena memanaskan air juga membutuhkan energi listrik.

3. Sering Gunakan Transportasi Berkelanjutan

Mobilisasi orang di zaman modern saat ini cukup tinggi, sehingga dibutuhkan transportasi berkelanjutan. Daripada sering menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi yang menghasilkan emisi tinggi, kamu bisa alihkan dengan sering berjalan kaki untuk tujuan dekat, bersepeda, dan memilih transportasi umum untuk jarak dekat maupun jauh. Dengan meningkatnya penggunaan transportasi umum, baik di daerah maupun di kota-kota besar, akan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan kualitas udara jadi lebih sehat.

4. Kurangi Konsumsi Energi Listrik

Cara menghemat energi berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi energi listrik. Mulai dari mematikan lampu dan peralatan elektronik di rumah saat sudah tidak digunakan. Jangan terus-terusan menyalakan lampu di siang hari, lupa mencabut charger handphone, hingga sering menonton TV sepanjang hari. Kamu bisa beralih ke lampu LED dan peralatan rumah yang menggunakan energi efisien. Tindakan ini jelas membantu mengurangi konsumsi energi dan biaya listrik bulanan jadi lebih hemat. 

5. Membeli Produk yang Ramah Lingkungan

Untuk memenuhi dan men-support aktivitasmu sehari-hari, lebih baik gunakan produk yang environmental-friendly serta diproduksi secara bertanggung jawab, seperti produk milik Eiger. Sebisa mungkin hindari membeli produk yang sulit diurai dan tidak dapat didaur ulang. Dengan melakukan hal ini, artinya Eigerian membantu perusahaan terus berkomitmen pada nilai keberlanjutan dan lingkungan yang sehat.

Produk Eiger Zero Waste yang Mengusung Konsep Ramah Lingkungan

1. EIGER BALAVU WATER BOTTLE

Eiger Balavu water bottle
Sumber: eigeradventure.com

Salah satu item wajib dimiliki untuk mengurangi sampah botol plastik adalah penggunaan tumblr yang bisa diisi ulang. Botol minum Balavu punya desain minimalis dan elegan untuk pemakaian sehari-hari. Balavu water bottle dibuat dari bahan stainless steel yang ringan dan bebas BPA. Minuman yang kamu simpan juga akan tetap panas atau dingin selama 12 jam berkat formula double wall vacuum insulated. Memiliki pegangan yang bikin mudah dan praktis dibawa kemana pun. 

2. EIGER BREEZE PILLOW

Eiger Breeze Pillow
Sumber: eigeradventure.com

Eiger Breeze Pillow cocok kamu bawa saat bepergian maupun camping bersama teman dan keluarga. Dengan mengeluarkan bantal ini dari wadah kecilnya, breeze pillow ini praktis dibawa kemana-mana agar kamu bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman. Bantal ini dibuat secara ergonomis, sehingga memberi bantalan nyaman untuk leher dan bahu. DIbuat dari material polyester dan cotton yang lembut dan nyaman. Ada juga fitur strap elastis yang bisa dilepas pasang pada sarung bantal. 

3. Eiger Up Lunchie 1.1 Lunch Bag

Eiger Up Lunchie
Sumber: eigeradventure.com

Eiger menyulap produk-produk yang sebelumnya tak layak, menjadi sebuah tas bekal yang fungsional. Recycle product ini dibuat dari bahan jas hujan, kain perca, serta beberapa material kain poliester, nilon, dan katun. Up Lunchie 1.1 punya desain unik satu-satunya dan dilengkapi dengan kompartemen untuk menyimpan kotak bekal makan siangmu dengan aman. Dengan memiliki tas bekal ini, artinya kamu sudah berkontribusi melestarikan alam dengan menggunakan produk recycle yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Tersedia dua warna Black dan Blue yang akan dipilih random sebelum pengiriman. 

Baca juga: Mengenal Konsep Sustainable Living dan 5 Aksi Nyata Penerapannya

Eiger berkomitmen untuk bersama mewujudkan gaya hidup berkelanjutan sebagai salah satu kontribusi utama dalam melestarikan bumi. Eigeran juga dapat melakukan cara menghemat energi dengan berbelanja online melalui situs resmi Eiger Adventure. Hanya dari genggaman smartphone, kamu bisa mendapatkan berbagai produk berkualitas yang dibuat dari material ramah lingkungan. 

Cukup memilih produk yang kamu butuhkan dan membaca review-nya, kapan pun kamu bisa langsung checkout barang-barang pilihanmu dari Eiger. Yuk, dapatkan berbagai keuntungan mulai dari promo menarik, gratis ongkir, dan diskon harga miring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru