HomeTips & Trick5 Destinasi yang Cocok untuk Road Trip Bersama Pasangan Atau Sahabat

5 Destinasi yang Cocok untuk Road Trip Bersama Pasangan Atau Sahabat

Road trip juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk mengisi liburan, lho. Bahkan, road trip juga cocok untuk kita yang ingin bepergian, namun tidak ingin terlalu banyak kontak dengan orang asing di sepanjang perjalanan.

Liburan dengan cara road trip memang dinilai lebih bersensasi bagi sebagian orang. Selain melepas penat, dengan perjalanan darat ini kita dapat mengenal karakter sahabat, atau anggota keluarga secara lebih dalam. Bagaimana tidak, saat melakukan road trip kita bisa berhari-hari di jalan dalam satu mobil dengan pasangan, sahabat, maupun keluarga. 

Destinasi yang Cocok untuk Road Trip

road trip

Jika Eigerian sedang menyusun itinerary road trip, berikut ini ada 5 destinasi terbaik yang bisa menjadi pilihan. 

1. Bali

Siapa bilang ke Bali hanya bisa naik pesawat? Jika ada punya banyak waktu, road trip ke Bali bisa menjadi salah satu rute yang patut untuk dicoba. Sepanjang jalan dari Jakarta misalnya, hingga Banyuwangi, kita bisa mampir ke beberapa kota. Alhasil, perjalanannya saja sudah menjadi liburan tersendiri. Namun, siapkan fisik, logistik, dan mental untuk menempuh perjalanan yang cukup panjang ini, ya

2. Malang dan Batu

Jika dirasa destinasi di atas terlalu jauh, coba road trip ke daerah Malang dan Batu saja. Keduanya adalah kota yang menyenangkan untuk dijelajahi secara bersamaan saat liburan ke Jawa Timur. Dari Jakarta misalnya, keduanya dapat ditempuh sekitar 10 jam berkendara.

Di Malang, kita bisa menikmati ritme hidup santai dan sederhana. Meskipun kini mulai ramai dengan kehadiran hotel dan pertokoan, namun suasana tradisionalnya tetap terasa di berbagai sudut. Sedangkan Batu, jaraknya hanya sekitar 15 kilometer dari Malang dengan suhu rata-rata 15-19 derajat Celcius. Tidak heran jika Batu kini difavoritkan untuk berlibur karena hawa udaranya yang sejuk.

3. Sukabumi

Sukabumi adalah destinasi yang tepat jika kita ingin menikmati suasana alam. Selain ke perbukitannya yang sejuk, kita pun bisa menikmati curug dan pantai di Geopark Ciletuh. Jangan khawatir soal penginapan karena ada banyak villa dan hotel yang tersedia di sana.

4. Ciamis

Destinasi road trip yang dekat dengan Jakarta adalah Ciamis. Wilayahnya meliputi deretan pegunungan, dataran tinggi, teluk, hinata pantai. Tak heran jika Ciamis ini menjadi salah satu primadona wisata di Jawa Barat. Ciamis dapat diakses dengan waktu 4-5 jam saja dari Jakarta. Pantai yang wajib dikunjungi saat kita mengunjungi Ciamis adalah Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, dan Pantai Batu Hiu. Sedangkan bagi yang gemar keindahan alam, silakan mampir ke Green Canyon yang berada tak jauh dari Pantai Batu Karas. Green Canyon ini bisa dicapai dengan mengarungi Sungai Cijulang menggunakan perahu kayu. Sepanjang perjalanan, perahu akan melewati sungai yang berwarna hijau dan pemandangan yang sangat indah.

5. Ciwidey

Ciwidey memiliki banyak pesona alam, dengan objek wisata paling terkenalnya adalah Kawah Putih. Di sepanjang rute menuju ke Kawah Putih banyak ditemukan kebun-kebun stroberi, lho. Dari Jakarta misalnya, Ciwidey dapat ditempuh dengan mobil selama 3-4 jam saja. Selain itu, kita juga dapat bermalam di Ranca Upas yang Berlokasi di Jalan Raya Ciwidey Patenggang.

Kalau belum memiliki tenda sendiri, tak perlu khawatir karena di sana telah tersedia penyewaan tenda seharga Rp200 ribuan. Fasilitas yang ditawarkan meliputi kolam renang air panas lengkap dengan papan luncurnya, sepeda gunung, permainan paintball, flying fox, bungee jumping, trampolin, ATV, hingga tempat penangkaran rusa.

Baca juga: Daftar Desa Wisata yang Patut Dikunjungi Saat PPKM Usai

Persiapan Sebelum Berangkat Road Trip

road trip

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan sebelum pergi road trip bersama keluarga maupun sahabat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pilih destinasi dan kegiatan yang akan dilakukan

Tips pertama, tentukan destinasi yang terjangkau dengan kendaraan pribadi dan diskusikan kepada semua anggota keluarga atau sahabat mengenai tempat yang ingin dikunjungi. Diskusikan pula mengenai kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama liburan, sehingga seluruh anggota keluarga dapat mengetahuinya dan setuju.

2. Persiapkan rencana untuk perjalanan dan liburan

Jika sudah memutuskan untuk memilih destinasi dan kegiatan liburan, tips selanjutnya adalah menentukan jalur perjalanan yang paling nyaman untuk dilewati. Selain itu, mencari tahu lokasi-lokasi penting seperti rest area dan SPBU di jalur perjalanan yang dilewati juga penting. Menggunakan aplikasi seperti Google Maps atau waze di smartphone akan sangat membantu memilih jalur yang benar dan mengetahui situasi jalanan.

3. Siapkan kesehatan fisik dan mental

Kesehatan fisik dan mental kita juga perlu dipersiapkan, karena melakukan road trip bersama keluarga maupun sahabat akan melelahkan. Jadi, jika kesehatan drop maka akan memengaruhi mental kita dan anggota keluarga lainnya. Kita juga perlu mengajak anggota keluarga yang dapat bergantian untuk menyetir mobil. Dengan begitu, kita tidak akan lelah menyetir dalam jarak yang jauh. Hal ini juga akan meningkatkan keselamatan dalam road trip, lho

4. Cek dan periksa kondisi kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh dan memakan waktu yang cukup lama, mesin kendaraan yang prima adalah sebuah keharusan. Periksa kendaraan ke bengkel dan pastikan fungsi rem, oli, kopling, mesin, hingga aki kendaraan berfungsi dengan baik. Jangan sampai ada kendala dalam perjalanan yang mengacaukan rencana liburan bersama keluarga maupun sahabat, ya

5. Mematuhi rambu lalu lintas dan safety driving

Kita wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan, sehingga tidak akan terkena pelanggaran oleh pihak yang berwajib. Selain itu, selalu perhatikan safety driving supaya kita dapat selamat sampai tujuan. Ingat, jangan paksakan diri untuk menyetir jika lelah dan mengantuk saat perjalanan, ya

Baca juga: Pengertian Campervan hingga Rekomendasi Lokasinya di Jawa Barat

Lalu, bagaimana dengan barang bawaan untuk road trip? Kita perlu membawa travel bag organizer yang akan memudahkan kita dalam membawa banyak barang dengan rapi, sehingga mudah dalam mencari barang. Selain itu, kita juga perlu menggunakan car organizer yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang esensial selama perjalanan.

Eiger Adventure punya perlengkapan road trip seperti trunk organizer yang dilengkapi dengan kompartemen utama dengan sekat dan saku mesh di bagian samping untuk merapikan barang-barang di bagasi, lho! Ada juga car seat organizer yang dilengkapi dengan banyak saku untuk menyimpan tisu, botol minum, hingga tablet berukuran 10 inci. Selain itu, visor organizer juga dapat dipilih karena berguna untuk menyimpan barang-barang kecil seperti kacamata, masker, tiket, uang tunai, serta kartu. Jika ingin tahu produk Eiger untuk road trip lebih banyak lagi, langsung saja kunjungi laman resmi Eiger Adventure, di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru