HomeTips & TrickGreen & HealthySederet Aktivitas Eco Green yang Bisa Diterapkan di Lingkungan Kantor

Sederet Aktivitas Eco Green yang Bisa Diterapkan di Lingkungan Kantor

Apakah selama ini Eigerian sudah sering mendengar istilah eco green tapi belum terlalu paham apa maksudnya? Eco green ini sebetulnya merupakan gabungan dari dua konsep, yaitu “ekologi” (ecology) dan “hijau” (green). Istilah ini merujuk pada suatu upaya yang memprioritaskan keseimbangan ekologi dan menjaga lingkungan, sambil meminimalkan dampak buruk pada alam.

Eco green berfokus pada upaya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta memberikan perhatian pada konservasi sumber daya alam, pengurangan limbah, dan perlindungan lingkungan. Tujuan dari eco green ini adalah untuk menciptakan keseimbangan antara aktivitas manusia dan alam, sehingga manusia bisa terus mengembangkan kehidupan yang berkelanjutan tanpa merusak lingkungan. Hal ini mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari, baik dalam tingkat individu, komunitas, maupun dalam skala industri dan bisnis.

Kira-kira, aktivitas eco green apa saja yang bisa diterapkan di lingkungan kantor?

Mengenal Apa itu Eco Green

eco green
Sumber: Freepik

Eco green bisa diartikan sebagai sebuah program atau gerakan berkelanjutan yang mencita-citakan perancangan dari tahap perencanaan atau planning, action, dan material ramah lingkungan, serta penggunaan energi dari sumber daya yang efektif dan efisien. Eco green adalah aktivitas yang mengusung perihal lingkungan yang ramah dan usaha untuk menyelamatkan dunia dari kerusakan fatal akibat ulah manusia yang sangat rakus.

Seperti yang sudah disinggung di atas, aktivitas eco green menyangkut kehidupan sehari-hari manusia seperti aktivitas ekonomi, sosial, dan aktivitas kehidupan lainnya yang tanpa disadari dapat membawa konsekuensi terhadap kualitas alam di lingkungan sekitar. Bisa dibayangkan kan, betapa bumi yang kita huni sekarang ini jika program eco green gagal?

Hal ini tentunya dapat menyebabkan kerugian yang tidak hanya berimbas pada satu pulang, satu negara, satu continental, satu bangsa, atau satu benua saja. Tetapi, satu planet akan musnah dari ketidakberhasilan program eco green ini. Terdengar sangat mengerikan, ya!

Jadi, Eigerian sebagai pekerja sudah seharusnya menerapkan gaya hidup atau aktivitas eco green di lingkungan kantor dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu, planet bumi yang sudah semakin tua ini bisa terjaga dengan baik dan mampu bertahan serta memberikan hunian yang nyaman bagi manusia lebih lama lagi.

Baca juga: 12 Contoh Boros Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari, Cek Yuk!

Aktivitas Eco Green di Lingkungan Kantor

eco green
Sumber: Eiger Adventure

Terdapat berbagai aktivitas eco green yang bisa diterapkan di lingkungan kantor guna mendukung praktik keberlanjutan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa Eigerian terapkan di kantor:

1. Daur Ulang dan Pengelolaan Limbah

Langkah pertama, sediakan fasilitas daur ulang di kantor untuk kertas, plastik, kardus, dan bahan daur ulang lainnya. Jangan lupa berikan tempat sampah terpisah sesuai dengan jenis limbah. Kemudian, dorong penggunaan kertas yang hemat, seperti mencetak sisi ganda, menggunakan kertas daur ulang, atau beralih ke dokumen digital.

2. Konservasi Energi dan Air

Langkah berikutnya, ganti lampu kantor dengan lampu LED yang lebih hemat energi, matikan peralatan elektronik ketika tidak digunakan, dan sesuaikan suhu AC agar lebih efisien. Di sisi lain, perbaiki keran yang bocor, dan dorong kesadaran akan penggunaan air dengan memasang perangkat hemat air di toilet dan wastafel.

3. Transportasi dan Mobilitas

Perusahaan perlu mendorong karyawan untuk berbagi perjalanan atau menggunakan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki untuk mengurangi jejak karbon juga perlu dilakukan. Selain itu, perusahaan juga perlu menyediakan area parkir sepeda untuk mendorong karyawan untuk menggunakan transportasi ramah lingkungan.

4. Pertamanan dan Konservasi Alam

Setiap perkantoran perlu membuat area hijau atau kebun kantor dengan tanaman lokal yang membutuhkan sedikit perawatan. Atau pilih tanaman yang mampu menyaring udara. Kemudian, jangan lupa ikut berpartisipasi dalam program penanaman pohon di kantor atau di sekitar komunitas sebagai bagian dari upaya konservasi alam.

5. Edukasi dan Kesadaran

Sosialisasi praktik hijau juga perlu dilakukan, perusahaan bisa mengadakan seminar, lokakarya, atau diskusi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang praktik keberlanjutan di tempat kerja. Selain itu, berpartisipasi dalam kegiatan sosial atau lingkungan sebagai tim kantor untuk membersihkan pantai, sungai, atau kawasan tertentu juga bisa jadi pilihan yang tepat.

6. Perkiraan Jejak Karbon

Lakukan evaluasi dan perhitungan jejak karbon kantor dan dorong untuk menetapkan target pengurangan karbon. Jangan lupa gunakan produk ramah lingkungan, seperti kertas daur ulang, pulpen yang dapat diisi ulang, atau peralatan kantor yang ramah lingkungan.

Baca juga: Aktif Berkegiatan, Perhatikan Aturan Minum Air Putih dalam Sehari!

Menerapkan aktivitas eco green di lingkungan kantor tentunya dapat memberikan dampak positif dalam mengurangi dampak lingkungan kantor terhadap lingkungan sekitar. Kebijakan keberlanjutan ini juga dapat meningkatkan kesadaran lingkungan karyawan dan memotivasi mereka untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Dalam rangka memulai aktivitas eco green di lingkungan kantor, Eigerian bisa menghindari produk sekali pakai seperti botol minum kemasan. Sebagai referensi, Eigerian bisa memilih EIGER HYDRATION SET BOTTLE. Hydration Set ini hadir untuk menjadi teman setia ke mana pun Eigerian pergi, termasuk saat beraktivitas di kantor. Menawarkan kemudahan dalam dua pilihan desain, Eigerian bisa memilih untuk menikmati kopi hangat dengan menggunakan botol atau cangkir sekaligus. Fitur double wall vacuum insulated pada botol ini juga akan menjaga suhu minuman tetap panas selama kurang lebih 6 jam. Dijamin, kerja akan jadi lebih semangat karena Eigerian akan selalu terhidrasi!

Selain itu, Eigerian juga bisa menemukan banyak pilihan botol minum original atau produk ramah lingkungan lainnya dari EIGER. Silakan kunjungi website resmi Eiger Adventure dan temukan produk berkualitas sesuai preferensimu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru