HomeTips & TrickGreen & HealthyAktif Berkegiatan Outdoor, Perhatikan Aturan Minum Air Putih dalam Sehari!

Aktif Berkegiatan Outdoor, Perhatikan Aturan Minum Air Putih dalam Sehari!

Tubuh membutuhkan air untuk menunjang fungsinya, di mana setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh membutuhkan air supaya bisa bekerja dengan baik. Kira-kira, seperti apa aturan minum air putih dalam sehari?

Sebelum membahas lebih lanjut seputar aturan minum air putih dalam sehari, kita harus tahu dulu peran dan manfaat air bagi tubuh. Air sangat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah yang membawa nutrisi ke sel tubuh. Jadi, minum air putih yang cukup dalam sehari diperlukan untuk membuang racun yang dihasilkan organ vital tubuh. Selain itu, keberadaannya juga sangat dibutuhkan untuk melindungi jaringan tubuh yang sensitif serta melembapkan telinga, hidung, dan tenggorokan.

Kalau tubuh kekurangan air, maka sel-sel dalam tubuh akan lebih sulit untuk melakukan kerjanya, dan kita juga bisa mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menguras energi dan membuat kita menjadi lelah.

Lantas, seharusnya kita minum air putih sehari berapa liter? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Aturan Minum Air Putih dalam Sehari

aturan minum air putih dalam sehari
Sumber: Eiger Adventure

Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan seorang wanita minum air putih sebanyak 2,7 liter sehari atau setara dengan 11.5 gelas air. Sementara itu, kebutuhan air minum untuk pria adalah sebanyak 3,7 liter air putih sehari atau setara dengan 15.5 gelas air putih sehari.

Perlu diketahui bahwa takaran minum air putih yang dianjurkan pada setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada:

  • Kondisi tubuh, seperti minum air putih lebih banyak pada saat sedang menderita penyakit tertentu atau sedang dalam masa kehamilan dan menyusui.
  • Aktivitas sehari-hari. Jika sering melakukan aktivitas fisik atau olahraga berat yang membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, maka sangat penting untuk minum air putih lebih banyak.
  • Konsumsi makanan sehari-hari. Makanan kalengan, makanan pedas, roti dan kue manis, gorengan, dan lainnya diketahui bisa menimbulkan rasa haus dan dehidrasi sehingga membutuhkan minum air putih lebih banyak.
  • Kondisi cuaca. Kebutuhan cairan tubuh juga cenderung akan meningkat saat cuaca sedang panas atau lembap.

Tapi secara umum, konsumsi air putih yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah kurang lebih 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air untuk orang dewasa.

Lantas, kenapa kita perlu memerhatikan anjuran dan aturan minum air putih dalam sehari?

Eigerian perlu memerhatikan anjuran dan aturan minum air putih dalam sehari ini. Pasalnya, tidak hanya kekurangan cairan yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan, tapi kelebihan cairan pun bisa memicu penyakit. Kekurangan cairan dapat mengganggu fungsi organ tubuh, sedangkan kelebihan cairan atau overhidrasi dapat menyebabkan tubuh mengalami keracunan air atau hiponatremia. Ini juga akan menyebabkan kadar natrium dalam aliran darah menurun akibat kelebihan air. Bahkan pada kasus yang lebih parah, overhidrasi dapat menyebabkan tubuh mengalami kejang dan koma, hingga berujung pada kematian.

Selain itu, minum air putih secara berlebihan juga bisa menyebabkan konsentrasi garam dalam darah berkurang, sehingga akibatnya akan terjadi pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Maka untuk menghindari bahaya overhidrasi, pastikan Eigerian mengikuti cara menghitung berapa liter kebutuhan air minum setiap hari serta waktu terbaik minum air putih, ya!

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Simak Baik-Baik! 

Minum Air Putih Saat Berkegiatan Outdoor

aturan minum air putih dalam sehari
Sumber: Eiger Adventure

Minum air dengan benar saat berkegiatan di luar ruangan (outdoor) sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan, terutama jika Eigerian terlibat dalam aktivitas fisik atau berada di lingkungan yang panas dan lembap. Berikut ini adalah beberapa aturan minum air yang sebaiknya Eigerian ikuti saat berkegiatan outdoor:

  • Pastikan selalu membawa cukup air untuk menjaga hidrasi sepanjang aktivitas. Menggunakan botol air yang bisa diisi ulang atau hidrasi sistem yang memungkinkan Eigerian minum secara teratur adalah pilihan yang baik.
  • Pastikan untuk minum cukup air sebelum memulai aktivitas outdoor. Jika Eigerian mulai aktivitas dalam kondisi terhidrasi, maka kamu akan memiliki dasar yang kuat untuk menjaga kecukupan cairan selama aktivitas tersebut.
  • Selama aktivitas outdoor yang panjang atau intens, jadwalkan waktu untuk istirahat dan minum air. Idealnya, istirahatlah setiap 15-30 menit, terutama jika Eigerian berolahraga atau beraktivitas dalam cuaca panas.
  • Waspadai tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, haus yang berlebihan, kulit kering, atau mata cekung. Jika Eigerian mengalami gejala-gejala ini, segera minum air.
  • Jika Eigerian berkeringat banyak atau melakukan aktivitas fisik yang intens, pertimbangkan untuk minum minuman elektrolit atau makan makanan ringan yang mengandung elektrolit untuk menggantikan elektrolit yang hilang.
  • Alkohol dan kafein bisa meningkatkan dehidrasi, jadi sebaiknya hindari minuman-minuman ini selama aktivitas outdoor, ya! Selalu ingat bahwa air putih adalah pilihan terbaik.
  • Jika Eigerian berada di lingkungan dengan suhu tinggi, tingkat kelembapan rendah, atau sinar matahari yang kuat, Eigerian mungkin memerlukan lebih banyak air untuk menghindari kelelahan panas.
  • Perhatikan warna urin, karena ini juga dapat memberikan petunjuk tentang tingkat hidrasi, di mana urin yang jernih atau kuning muda menunjukkan hidrasi yang baik, sementara urin yang lebih gelap dapat menjadi tanda dehidrasi.
  • Saat beraktivitas outdoor, jangan tunggu sampai kamu merasa sangat haus sebelum minum. Lebih baik minum sedikit-sedikit secara teratur untuk menjaga hidrasi sepanjang hari.

Sangat penting untuk diingat bahwa setiap orang punya kebutuhan hidrasi yang berbeda tergantung pada banyak faktor. Seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, dan kondisi cuaca seperti yang telah disebutkan di atas. Jadi, penting untuk mendengarkan tubuh kita sendiri dan mengatur pola minum sesuai kebutuhan pribadi. Tujuannya adalah agar tetap terhidrasi dengan baik saat berkegiatan outdoor.

Baca juga: Bermanfaat, Ketahui Tips Melakukan Clean Eating yang Tepat

Rekomendasi Botol Minum dari EIGER

Berkegiatan outdoor, Eigerian memerlukan botol minum yang bisa diisi ulang, sehingga Eigerian lebih mudah untuk minum secara teratur. Cek beberapa rekomendasinya di  bawah ini, yuk!

1. EIGER DAWSON BOTTLE

aturan minum air putih dalam sehari

Dawson adalah botol minum yang sangat cocok digunakan untuk menemanimu saat berkemah, traveling, maupun berkegiatan sehari-hari. Botol minum yang satu ini memiliki fitur double wall vacuum insulated, yang memungkinkan untuk membuat minuman tetap panas atau dingin selama kurang lebih 12 jam. Terbuat dari bahan stainless steel dengan food grade murni, botol minum ini bebas BPA, sehingga sangat aman digunakan.

2. EIGER CAMPERS CARAFE BOTTLE

aturan minum air putih dalam sehari

Campers Carafe juga bisa diandalkan untuk menemanimu saat traveling, maupun kegiatan sehari-hari. Terbuat dari bahan stainless steel, botol minum ini punya desain yang simpel dan ringan. Serta dilengkapi dengan tas botol berbahan kanvas dan tali yang dapat disesuaikan. Jadi, kamu bisa dengan mudah dan nyaman membawa botol minum ke mana pun.

3. EIGER HYDRATION SET BOTTLE

aturan minum air putih dalam sehari

Sebagai orang yang aktif dalam melakukan kegiatan luar ruang, tentunya sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Nah, Hydration Set ini hadir untuk menjadi teman setia ke mana pun kamu pergi. Menawarkan kemudahan dalam dua pilihan desain, kamu dapat memilih untuk menikmati kopi hangat dengan menggunakan botol atau cangkir sekaligus. Fitur double wall vacuum insulated pada botol ini akan menjaga suhu minuman tetap panas selama kurang lebih 6 jam. Hydration Set juga dilengkapi cover bottle untuk memudahkanmu membawanya ke mana saja.

Selain rekomendasi di atas, Eigerian juga bisa menemukan berbagai pilihan botol minum original dan berkualitas dari EIGER lainnya di website resmi Eiger Adventure. Jangan lupa manfaatkan promo menarik dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. Cek produknya sekarang dan temukan yang paling sesuai dengan selera dan gayamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru