HomeTips & TrickMountaineeringIngin Mencoba Highlining, Perhatikan Teknik dan Peralatannya!

Ingin Mencoba Highlining, Perhatikan Teknik dan Peralatannya!

Highlining merupakan salah satu bagian dari olahraga ekstrem yang memiliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Ternyata, olahraga ekstrem yang satu ini populer pertama kali di California, Amerika Serikat lho

Aktivitas ini sebenarnya sama seperti slacklining, di mana keduanya sama-sama menitikberatkan pada teknik keseimbangan berjalan di atas seutas tali. Hanya saja bedanya, slacklining bisa dilakukan di mana aja, sedangkan highlining biasanya dilakukan di dataran tinggi, terutama di area tebing atau pegunungan.

Penasaran, kira-kira siapa orang yang berhasil memecahkan rekor mountain highline di dunia?

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, rekor tali highlining terpanjang dipegang oleh empat orang highliner asal Jerman yang menyeberangi tali sepanjang 2,1 km di ketinggian 500 meter. Keempat orang itu di antaranya adalah Friedi Kuhne, Lukas Irmler, Quirin Herterich dan Ruben Langer. Di sisi lain, rekor highlining tertinggi dipegang oleh Christian Schou yang berhasil melakukan highlining di ketinggian 1.000 meter dengan panjang tali 12 meter. Keren sekali, ya!

Peralatan dan Teknik Highlining

highlining
Sumber: Eiger Adventure

Highlining merupakan kegiatan berjalan di atas tali yang tegang tinggi di udara, biasanya dilakukan di atas jurang atau ketinggian yang cukup tinggi. Nah, berikut ini adalah beberapa teknik dan peralatan yang umum digunakan dalam highlining:

  1. Tali highline, yaitu tali khusus yang kuat dan elastis di mana tali ini harus dirancang untuk menahan berat badan dan tekanan yang kuat. Biasanya terbuat dari serat sintetis yang kuat seperti nilon.
  2. Peralatan utama, terdiri dari harness yaitu sebuah alat pengaman yang diikatkan ke tubuh pemain highlining untuk mengamankan mereka pada tali. Lalu carabiner digunakan untuk menghubungkan harness ke tali pengaman. Dan peralatan rigging, termasuk tali pengaman (safety line), pulley system berupa jangkar atau baut, dan peralatan tambahan yang digunakan untuk memasang tali di antara dua titik penyangga.
  3. Perlengkapan tambahan berupa helm, sarung tangan khusus, serta alat pengikat dan perlengkapan penyangga seperti tali tambahan, loop pengaman, dan perlengkapan penyangga yang diperlukan untuk memasang tali dengan aman di titik penyangga.

Teknik-teknik penting yang perlu dikuasai saat melakukan highlining adalah sebagai berikut:

  • Teknik berjalan, di mana pengguna highline harus belajar teknik berjalan yang tepat di atas tali yang elastis.
  • Teknik pengamanan, yaitu mengetahui cara menggunakan peralatan pengaman dengan benar dan mengetahui prosedur keselamatan sangat penting.
  • Pengetahuan tentang rigging, yaitu mengetahui cara memasang tali dengan benar dan mengetahui berbagai metode rigging sangat penting untuk menjaga keamanan.

Baca juga: Mau Coba Bouldering? Persiapkan 5 Hal Ini

Bagaimana Cara Melakukan Highlining yang Tepat?

highlining
Sumber: Freepik

Perlu dipahami, bahwa dua komponen penting yang ada dalam highlining adalah tali dan  jangkar atau baut. Biasanya, tali yang digunakan berbahan nilon setebal 1 inci atau sekitar 2,54 cm. Di setiap ujungnya, terdapat jangkar atau baut untuk dipasang atau dikaitkan pada kedua sisi tebing yang akan diseberangi. 

Pemain highlining biasanya memasang tali cadangan di bawah tali utama, jadi jika salah satu tali atau baut di tali utama lepas, maka bisa berpegang ke tali cadangan. Selain memasang tali cadangan, pemain biasanya juga memakai tali tambatan, yaitu semacam tali pendek yang diikat ke salah satu ujung tali highlining dan dipasang ke cincin baja. Tali tersebut dipasang ke harness yang dipakai pemain sebagai alat pengaman, dan jika pemain jatuh maka tali akan memantulkan tubuh pemain layaknya yoyo.

Sebetulnya tidak ada aturan baku mengenai ketinggian ideal untuk highlining. Namun, bagi pemula sangat disarankan untuk bermain di ketinggian sekitar di bawah 10 meter dengan peralatan keamanan yang lengkap dan pengawasan profesional. Selain itu, tidak ada juga aturan panjang tali yang dibentangkan dalam highlining.

Baca juga: Manfaat Wall Climbing, Olahraga Ekstrem yang Jadi Tren

Rekomendasi Produk dari EIGER yang Cocok untuk Highlining

Ingat ya, highlining memerlukan peralatan yang tepat, pengetahuan yang baik, dan latihan yang teratur untuk mengurangi risiko cedera atau kecelakaan. Jadi, pastikan Eigerian mempersiapkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menjajal olahraga ekstrem yang satu ini. Bagi Eigerian yang hendak melengkapi peralatan untuk highlining, silakan cek koleksi produk original dan berkualitas dari EIGER. Di bawah ini ada beberapa produk yang paling direkomendasikan:

1. EIGER A2552 AL D HOOK WSCREW N CARABINER

highlining

Carabiner ini memiliki gate di salah satu sisi, yang dirancang untuk melindungimu ketika melakukan pekerjaan di ketinggian dan kegiatan pemanjatan. Dibuat dari bahan aluminium, produk yang satu ini juga menawarkan ketahanan dan kekuatan. Materialnya adalah aluminium, dengan spesifikasi major axis strength: 28 kN, minor axis strength: 9 kN, dan open gate strength: 9 kN. Tentunya, carabiner ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas highlining. Jadi, jangan sampai melewatkannya, ya!

2. EIGER WAGLERI MID SHOES

highlining

Sepatu ini memiliki desain yang sleek namun tangguh, menawarkan stabilitas, kenyamanan, dan performa yang mampu beradaptasi dengan setiap petualangan yang kamu lakukan. Bagian atas sepatu terbuat dari material kulit suede yang digabungkan dengan material breathable serta berdaya tahan kuat, toe cap rubber. Dilengkapi juga dengan lapisan waterproof, yang menawarkan ketahanan tinggi terhadap abrasi, menjaga kaki tetap kering, serta performa yang kamu butuhkan untuk melewati permukaan yang tidak rata atau medan berbatu saat mendaki, termasuk ketika berjalan di atas tali saat highlining. Selain mampu melindungi kaki selama pemakaian, outsole Vibram ini juga memberikan daya cengkeram yang baik sehingga Eigerian dapat dengan mudah bergerak aktif ke mana pun.

3. EIGER STRENUOUS WINDPROOF JACKET

highlining

Jaket dengan penutup kepala ini hadir dengan fitur-fitur yang tepat untuk setiap momen day hik-mu. Strenuous Windproof Jacket akan melindungimu dari paparan angin dan hujan, sekaligus membantu mengatasi gerah berkat teknologi Tropic Windblock, Tropic Repellent, dan sistem ventilasi punggung. Materialnya 100% Polyester, dilengkapi dengan full zip di bagian depan, penutup kepala dengan adjuster, 2 saku samping dengan resleting, 2 saku dada di bagian dalam, adjuster pada bagian ujung lengan, adjuster pada bagian ujung bawah jaket, dan regular fit.

Segala macam perlengkapan untuk menunjang berbagai macam aktivitas bisa ditemukan di website resmi Eiger Adventure. Belanja online di website resmi Eiger Adventure, Eigerian bisa mendapatkan berbagai macam produk original dengan harga terbaik. Ditambah lagi dengan adanya promo dan tersedia berbagai metode pembayaran. Dijamin hemat, aman, dan praktis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru