HomeTips & TrickRidingHelm Retro yang Trendy, Begini Ciri-Ciri dan Tips Memilihnya

Helm Retro yang Trendy, Begini Ciri-Ciri dan Tips Memilihnya

Tidak hanya menjadi salah satu safety gear yang wajib dipakai saat motoran, helm memiliki beragam desain yang mengekspresikan style pemotor saat berkendara. Salah satu jenis helm yang kini banyak digandrungi kalangan muda adalah helm retro yang bergaya klasik.

Sebagian orang menyebut helm berbentuk bulat dan bergaya klasik ini sebagai helm bogo. Lantas apakah helm retro sama seperti helm bogo yang sangat populer? Agar kamu tidak kebingungan, yuk kenali ciri-ciri, tips memilih, serta rekomendasi helm retro kece dan high quality dari Eiger Adventure!

Ciri-Ciri Helm Retro ‘Bogo’ yang Digemari Banyak Pengendara

Helm retro memang lebih dikenal dengan sebutan helm bogo yang unik bentuknya. Helm bogo merupakan helm bergaya klasik atau retro yang memiliki ciri-ciri utama berbentuk bulat yang terkesan jadul namun desainnya modern dan trendy. 

Jenis helm yang melindungi kepala dan bikin penampilan makin keren ini banyak digemari oleh anak-anak muda yang hobi touring maupun untuk pemakaian sehari-hari. Bentuk dan desainnya yang tak biasa tentu menjadi daya tarik bagi para pengendara motor untuk tampil makin stylish dan kekinian. 

Lalu kenapa helm bergaya klasik atau retro ini kerap disebut sebagai helm bogo? Alasannya karena umumnya visor yang digunakan pada helm klasik merupakan merek Bogo. Nah, untuk membedakan antara helm bogo dan retro, kamu bisa meneliti pada keberadaan visornya. Umumnya, sebutan retro digunakan untuk helm model jadul dengan tanpa visor. Sedangkan helm bogo adalah helm bergaya klasik yang dilengkapi dengan visor cembung atau datar.

Begini Tips Memilih Tipe Helm Retro Berdasarkan Jenis Motor

helm retro

Karena daya tarik helm retro yang unik, membuat helm ini sangat populer di kalangan masyarakat. Agar fungsinya tetap optimal sebagai safety gear untuk aktivitas riding, Eigerian perlu menyimak beberapa tips memilih helm retro terbaik sesuai dengan motor yang kamu kendarai.

1. Helm Retro Full Face untuk Pengendara Motor Gede

Pertama, bagi pengendara motor gede atau moge, sebaiknya memilih helm klasik dengan tipe full face agar bisa maksimal menghalau angin di jalan saat berkendara. Motor dengan kapasitas 150 cc ke atas tentunya memiliki kemampuan laju yang lebih kencang dibandingkan motor di bawahnya. Oleh karena itu, diperlukan helm full face yang lebih menjamin tingkat keamanan dan bisa menghalau angin yang menerpa. Dengan memakai helm full face, maka seluruh bagian kepala bisa tertutupi dengan aman.

Helm full face juga memberikan perlindungan ekstra pada bagian rahang dan dagu pengendara motor, sehingga meminimalisir cedera saat mengalami benturan atau kecelakaan. 

Bagi Eigerian yang belum terbiasa memakai helm full face, mungkin akan merasakan sesak karena sirkulasi udara helm terasa kurang baik dan pandangan juga lebih terbatas. Sebagai alternatifnya, kamu bisa mengganti visor dengan memakai kacamata google agar lebih nyaman.

2. Memakai Helm Retro Model Catok, Half Face, atau Full Face untuk Pengendara Motor Bebek atau Matic

Bagi pengendara motor matic, lebih disarankan untuk memakai jenis helm half face atau bahkan ada yang lebih suka melepas visornya (open face). Tipe helm half face lebih disenangi karena saat digunakan cukup bebas dan sirkulasi udara baik. 

Fungsinya tetap tidak berkurang untuk melindungi area kepala selama berkendara dengan aman. Helm klasik half face juga bisa ditambahkan pet sebagai perlindungan tambahan dari paparan sinar matahari. 

Selain helm half face, tipe helm shorty atau catok lebih cocok untuk pengendara motor bebek. Namun, tipe helm ini tidak lagi berstandar SNI karena tingkat keamanannya pada bagian wajah, telinga, dan belakang kepala yang kurang maksimal.

Baca juga: 9 Aksesoris Pengendara Motor yang Dimiliki untuk Tampil Kece

Rekomendasi Helm Retro Terbaik di EIGER

Setelah membaca tips memilih helm bergaya klasik atau retro pada bagian sebelumnya, berikut ini beberapa rekomendasi produk helm retro yang tersedia di Eiger Adventure. Penasaran apa saja produknya? Simak daftar selengkapnya.

EIGER Vecchio HF Helmet 

Helm jadi komponen utama yang wajib dipakai saat berkendara dengan sepeda motor. Tak bisa ditinggalkan, helm SNI jadi hal yang wajib digunakan sebagai salah satu pengaman untuk melindungi diri. Helm dapat melindungi pengendaranya jika terjadi cedera vital yang mengenai kepala.

helm retro
Sumber: Eiger Adventure

Bersiaplah untuk berkendara dengan helm half face Vecchio HF yang punya desain retro yang unik terinspirasi dari pengendara motor perkotaan dengan gaya klasik. Helm berstandar SNI ini dilengkapi dengan sistem pengunci double D-ring untuk keamanan Eigerian.

Helm motor ini sudah mendukung berbagai fitur keselamatan yang aman digunakan saat riding.

Lengkapi Perlengkapan Riding Hanya dari EIGER Adventure

Itu tadi ulasan mengenai ciri-ciri, tips memilih, dan rekomendasi helm bergaya klasik atau retro untuk para pengendara sepeda motor. Apapun jenis helm yang akan kamu pilih dan gunakan selama berkendara, pastikan untuk selalu mengutamakan kenyamanan dan keamanan, ya! Jangan hanya mengutamakan gaya namun mengabaikan fitur keselamatan helm yang bisa berakibat fatal.

Lengkapi perlengkapan riding dari Eiger Adventure Official yang menunjang aktivitas berkendara sehari-hari maupun touring jadi lebih aman dan menyenangkan. Mulai dari jaket riding, bandana, handbag, shirt, celana cargo, celana pendek, sarung tangan, tunnel bag, sepatu riding, dan lainnya. 

Belanja online di situs resmi EIGER sangat mudah, cepat, dan nyaman. Semua produk EIGER original dan terbuat dari bahan pilihan yang berkualitas. Didukung dengan banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih, seperti pay later, bank transfer, hingga COD.

Dapatkan harga produk terbaik, promo menarik, voucher belanja, hingga gratis ongkir seluruh wilayah di Indonesia untuk semua pilihan barang yang kamu butuhkan di Eiger Adventure Official.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru