HomeTips & TrickMountaineeringKenali Jenis-Jenis Pasak Tenda dan Tips Mudah Memasangnya

Kenali Jenis-Jenis Pasak Tenda dan Tips Mudah Memasangnya

Berencana pergi camping atau mendaki gunung, jangan sampai Eigerian melupakan pasak tenda! Pasak memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan tenda dapat berdiri dengan kokoh dan stabil. Pasak tenda juga akan memastikan keamanan dan kenyamanan selama berada di alam bebas.

Ternyata, pasak tenda ada banyak jenisnya. Eigerian wajib tahu, nih! Pasalnya, jenis material pasak akan sangat menentukan karakteristik, kekuatan, dan kepraktisan saat digunakan. Daripada semakin penasaran, yuk cari tahu lebih lanjut seputar pasak dan tips mudah memasangnya melalui ulasan menarik di bawah ini.

Mengenal Jenis-Jenis Pasak Tenda

pasak tenda
Sumber: Eiger Adventure

Berikut ini adalah penjelasan seputar jenis-jenis pasak berdasarkan bahan material pembuatannya:

  • Pasak Besi, jenis ini cenderung lebih tahan lama dan bisa digunakan berulang kali. Meskipun mungkin lebih berat jika dibanding beberapa jenis lainnya, keawetannya menjadikannya pilihan populer di kalangan pendaki profesional.
  • Pasak Aluminium, jenis ini dikenal karena kelebihannya yang ringan namun tetap kuat, dan menjadi pilihan favorit bagi pendaki yang memprioritaskan efisiensi berat beban. Meskipun harganya cenderung lebih mahal dibanding beberapa jenis lain, kepraktisan dan daya tahannya akan memastikan bahwa investasi ini sangat berharga.
  • Pasak Kayu, jenis ini memiliki estetika alami dan mungkin digunakan dalam situasi darurat atau di lokasi perkemahan tradisional. Walaupun cukup stabil di tanah yang tidak terlalu keras, tapi sayangnya pasak kayu cenderung kurang tahan lama dan mungkin tidak bisa digunakan berulang kali.
  • Pasak Bambu, jenis ini mirip dengan pasak kayu dan bisa menyediakan solusi alternatif yang cepat saat berada di alam liar. Bambu punya kekuatan tensil yang baik, tapi sayangnya bisa menjadi rapuh tergantung pada kondisi cuaca. Keuntungannya, pasak bambu ini cukup ringan dan mudah dibuat saat mendirikan tenda di daerah yang memiliki sumber bambu.
  • Pasak Ranting Pohon, jenis ini bisa jadi solusi paling dasar dan sering dijadikan pilihan dalam situasi darurat. Ranting pohon yang cukup kuat dan lurus nyatanya memang bisa digunakan sebagai pasak sementara. Meskipun praktis dalam keadaan darurat, namun pasak jenis ini kurang stabil dan cenderung tidak tahan lama.

Jenis Pasak Berdasarkan Bentuk dan Fungsinya

Kemudian, pasak juga bisa dibedakan berdasarkan bentuk dan fungsinya. Berikut ini adalah beberapa bentuk pasak yang umum kita jumpai:

  • Pasak Bentuk U, biasanya terbuat dari baja dan merupakan jenis paling umum yang digunakan. Bentuknya akan memberikan kestabilan ekstra pada permukaan yang keras.
  • Pasak Bentuk V, lebih ringan daripada pasak bentuk U dan biasanya terbuat dari aluminium atau titanium. Desainnya akan memberikan pegangan lebih baik di tanah yang lunak.
  • Pasak Bentuk Spiral, dengan desain seperti sekrup pasak ini cukup ideal untuk kondisi tanah yang sangat lunak atau berpasir.

Sebagai tambahan informasi, pasak terdiri dari tiga bagian utama. Yaitu kepala pasak yang merupakan bagian atas pasak yang sering digunakan untuk memukul atau menekan pasak ke dalam tanah. Lalu badan pasak yang merupakan bagian panjang pasak yang masuk ke dalam tanah untuk memberikan dukungan. Dan yang terakhir, lubang atau hook yang biasanya berada di bagian atas atau tengah, digunakan untuk melewatkan tali tenda atau sebagai pegangan saat menarik pasak dari tanah.

Baca juga: Cara Mendirikan Tenda yang Kokoh Ada Tipsnya, Simak!

Tips Mudah Memasang Pasak yang Benar

pasak tenda
Sumber: Freepik

Memasang pasak tenda dengan benar sangat penting untuk memastikan tenda dapat berdiri kokoh dan tahan angin atau hujan. Pasak yang tidak terpasang dengan tepat akan membuat tenda menjadi kurang stabil atau bahkan roboh. 

Di bawah ini ada beberapa tips yang perlu Eigerian perhatikan supaya bisa memasang pasak dengan benar:

  1. Siapkan alat dan material yang diperlukan.
  2. Lalu pilih lokasi yang tepat untuk menancapkan pasak yang biasanya ada di setiap ujung tali tenda. Hindari area dengan bebatuan besar di bawah permukaan atau daerah yang terlalu basah atau berlumpur.
  3. Saat memasang pasak, buatlah sudut sekitar 45 derajat mengarah ke tenda di mana sudut ini akan memberikan ketegangan optimal pada tali tenda dan stabilitas terbaik.
  4. Gunakan palu tenda atau batu besar untuk menekan atau memukul pasak ke dalam tanah, lalu pastikan pasak masuk sepenuhnya ke dalam tanah untuk stabilitas maksimal. 
  5. Setelah pasak tertancap dengan stabil, sambungkan tali tenda ke pasak dan pastikan tali ditarik dengan cukup ketegangan agar tenda berdiri dengan stabil. Gunakan simpul pangkal untuk membuat ikatan yang kuat pada pasak.
  6. Jika merasa tenda belum cukup stabil atau tali tenda kurang ketat, coba lakukan penyesuaian pada posisi pasak atau ketegangan tali. Dan jika kondisi terlalu berangin, cobalah untuk menggunakan pasak ganda.
  7. Tips terakhir, jangan lupa lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan pasak tetap tertancap dengan baik. Terutama saat Eigerian berada di daerah dengan cuaca yang kurang ramah, seperti angin kencang atau hujan lebat, 

Baca juga: 5 Cara Membuat Simpul Mati yang Bikin Tenda Kokoh

Pilih Pasak Tenda yang Terbaik untuk Keamanan Ekstra!

Bagi Eigerian yang saat ini membutuhkan pasak tenda, ada dua rekomendasi terbaik dari EIGER yang bisa dipilih.

1. EIGER ALUMINIUM TENT PEGS 6 PCS

pasak tenda

Pasak yang satu ini terbuat dari aluminium yang kuat dan ringan. Jadi, pasak ini sangatlah cocok untuk mengamankan tenda atau shelter di tanah berbatu atau padat saat Eigerian camping. Satu set terdiri dari enam pasak, dan dapat dipakai di segala kondisi tanah.

2. EIGER TENT PEGS V-SHAPED

pasak tenda

Pilihan lainnya adalah Eiger Tent Pegs V-Shaped yang juga terbuat dari aluminium yang kuat dan ringan. Satu set terdiri dari enam pasak, tentunya ini sangat cocok untuk mengamankan tenda atau shelter di tanah berbatu atau padat saat camping, ditambah adanya fitur tali reflektif memungkinkan untuk melepas pasang pasak dengan mudah serta mudah dilihat dalam kondisi kurang cahaya.

Selain pasak, Eigerian juga bisa mendapatkan berbagai perlengkapan mountaineering di website resmi EIGER Adventure. Semua produk yang ditawarkan terjamin kualitasnya dan pasti original. Cek sekarang dan jangan lewatkan promo yang ada, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru