HomeTips & TrickMountaineering8 Gunung Favorit Pendaki yang Bisa Eigerian Jelajahi

8 Gunung Favorit Pendaki yang Bisa Eigerian Jelajahi

Indonesia terletak di jalur cincin api atau “Ring of Fire” yang menjadikannya salah satu negara dengan pegunungan paling banyak di Indonesia. Setidaknya ada ratusan gunung indah yang tersebar di wilayah Indonesia dengan pemandangan indah dan menjadi gunung favorit pendaki. Pemandangan alam spektakuler bisa dinikmati para pendaki saat menjelajahi gunung-gunung yang ada di Indonesia. 

Kali ini, Eigerian akan mendapatkan daftar gunung favorit pendaki  yang memiliki keunikan dan tak pernah sepi didaki oleh pendaki dari seluruh pelosok negeri hingga mancanegara. Simak daftar gunung dan alasannya mengapa menjadi gunung favorit berikut ini. 

Daftar Gunung Favorit Para Pendaki 

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menjadi salah satu destinasi gunung favorit pendaki lokal maupun mancanegara yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Meskipun terkenal cukup berat, jalur pendakian gunung api aktif tertinggi kedua di Indonesia ini menyajikan pemandangan alam yang sungguh epik. 

Sekali mendaki di gunung ini, pendaki akan dimanjakan dengan keindahan lembah hijau, Danau Segara Anak dengan warna air biru lautan, kawah, air terjun, mata air panas di dekat danau, hingga hamparan padang savana. 

Pendakian yang cukup menantang akan terbayar dengan indahnya pemandangan Danau Segara Anak yang menakjubkan dan kamu bisa camping di sekitar pinggiran danau ini. Menariknya, di kawasan danau terdapat gunung berapi aktif, Gunung Barujari yang terus-menerus mengeluarkan awan asap ke udara. 

Beberapa opsi jalur pendakian resmi Gunung Rinjani di antaranya Sembalun, Aik Benik, Senaru, Torean, Tete Batu, dan Timbanuh. Setiap trek memiliki daya tarik dan tantangannya tersendiri yang bisa kamu coba. Dengan karakteristik tanjakan terjal dan jalur berpasir yang licin, pendakian Rinjani benar-benar menguji konsentrasi dan kemampuan fisikmu!

Baca juga: Berapa Jam Pendakian Gunung Rinjani? Panduan untuk Eigerian

2. Gunung Kerinci (3.805 mdpl)

Sumber: indonesiatrip.id

Berikutnya adalah Kerinci yang menjadi atapnya Pulau Sumatera dan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Letak Gunung Kerinci berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi, yang bisa ditaklukkan dengan pendakian selama 3 hari 2 malam. Gunung Kerinci dikelilingi hutan lebat dan menjadi habitat alami harimau Sumatera dan badak Sumatera.

Dari puncak Gunung Kerinci di ketinggian 3.805 mdpl, pendaki bisa menyaksikan pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan, Samudera Hindia yang terbentang luas bisa terlihat dengan jelas apabila cuaca cerah. 

3. Gunung Gede-Pangrango (2.750 mdpl)

Gunung Gede. Sumber: wisatalagi.blogspot.com

Gunung Gede merupakan salah satu gunung paling ramai di Jawa Barat dan populer di kalangan pendaki. Alasannya tentu karena pemandangan Gunung Gede sangat indah dan mengesankan. 

Spot paling indah di Gunung Gede merupakan Alun-Alun Suryakencana, yaitu berupa padang rumput luas yang dipenuhi dengan bunga edelweis. Pemandangan dari puncak dan juga kawah Gunung Gede sangat menakjubkan, saat sunrise maupun sunset. 

Gunung Gede terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Pangrango. Di kawasan taman nasional yang masih sama, terdapat gunung lain yang tak kalah cantiknya bernama Gunung Pangrango. Gunung ini juga memiliki spot padang rumput yang penuh dengan bunga Edelweis bernama Mandalawangi.

Baca juga: Eigerian, ini Seven Summit Jawa Barat yang Aman untuk DIdaki

4. Gunung Semeru, Jawa Timur (3.676 mdpl)

Salah satu gunung terindah dan tertinggi di Pulau Jawa adalah Semeru. Keindahan gunung yang terletak di Jawa Timur ini sungguh tiada duanya. Keindahan Semeru pun menarik banyak perhatian para pendaki di seluruh dunia.

Saat pendakian masih dibuka sebelum terjadinya erupsi beberapa tahun lalu, Semeru termasuk gunung “tersibuk” di Indonesia dengan kuota pendakian maksimal hanya 1000 orang per hari. Sama halnya dengan Gunung Rinjani, Semeru memiliki danau Ranu Kumbolo yang sangat cantik yang berada di ketinggian 2.400 mdpl. 

Kekayaan flora di Semeru beragam, namun didominasi oleh pohon pinus, akasia, dan jamuju. Di sekitar puncak Semeru juga dapat ditemukan bunga Edelweis dan anggrek endemik.

5. Gunung Merbabu (3.145 mdpl)

Sumber: www.adventureinyou.com

Gunung favorit pendaki berikutnya yang lokasinya cukup strategis berada di Jawa Tengah adalah Merbabu. Letak Gunung Merbabu yang berdampingan dengan Gunung Merapi ini secara administratif meliputi 3 kabupaten, yaitu Magelang, Boyolali, dan Semarang. 

Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl tidak pernah sepi didatangi pendaki berkat pesona alamnya yang menakjubkan, salah satu yang ikonik adalah hamparan padang sabana yang hijau.

Selain padang sabana, daya tarik Merbabu adalah kamu bisa melihat pemandangan tujuh puncak gunung yang berderetan, seperti Sindoro, Sumbing, Ungaran, Andong, Telomoyo, Merapi, dan Lawu.

Pendaki bisa memilih satu dari 5 jalur pendakian resmi, yakni Selo, Suwanting, Cuntel, Thekelan, dan Wekas, yang masing-masing jalur pendakian memiliki daya tarik, ciri khas, dan tantangannya tersendiri. Rata-rata untuk mencapai puncak Merbabu dan kembali dibutuhkan lebih dari 12 jam, itulah mengapa banyak pendaki yang memilih camping di area yang sudah ditentukan. 

6. Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

Sumber: climbingmountain.com

Gunung Sumbing adalah satu dari 3 gunung “Triple S” di Jawa Tengah yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Wonosobo, dan Temanggung. Berketinggian 3.371 mdpl dengan beberapa jalur pendakian yang populer, antara lain jalur pendakian Bowongso, Gajah Mungkur, Banaran, Cepit, Batusari, dan Mangli. 

Sama halnya dengan gunung pada umumnya, setiap jalur pendakian Gunung Sumbing memiliki keunikan dan tantangannya masing-masing yang akan dihadapi pendaki. Tak perlu merasa takut karena sepanjang jalur, pendaki akan puas dimanjakan dengan panorama alam yang memukau. Saat cuaca cerah dan mendukung, di pagi hari kamu akan mendapat bonus puas menikmati pemandangan sunrise dan lautan awan.

7. Gunung Arjuno (3.339 mdpl)

Setelah Gunung Semeru, puncak tertinggi kedua di Jawa Timur ada Gunung Arjuno berketinggian 3.339 mdpl. Pendakian Gunung Arjuno berada satu kawasan dengan Gunung Welirang, menjadi destinasi gunung favorit pendaki di pulau Jawa yang terkenal dengan jalur pendakian terpanjang. 

Gunung Arjuno terletak di perbatasan 3 wilayah, meliputi Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Akses menuju gunung yang sudah tidak aktif ini cukup mudah dijangkau dari mana saja.

Ada 4 rekomendasi jalur pendakian Gunung Arjuno yang populer dan sering dipilih oleh pendaki, antara lain Tretes, Purwosari, Lawang, dan Batu. Masing-masing jalur pendakian tersebut memiliki daya tarik dan tantangannya masing-masing.

8. Gunung Lawu (3.265 mdpl)

Sumber: Kompas.com

Terkenal karena adanya warung di atas puncak, gunung Lawu mempunyai ketinggian 3.265 mdpl. Letaknya ada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, termasuk ke dalam dua kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Hargo Dalem, Puncak Hargo Dumiling, dan Puncak Hargo Dumilah sebagai puncak tertinggi Gunung Lawu. Untuk sampai ke puncak Hargo Dumilah, ada tiga jalur yang dapat dilalui, antara lain yaitu jalur Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, dan Candi Cetho.

Status Gunung Lawu saat ini adalah gunung api yang telah lama tidak aktif. Di lereng Gunung Lawu terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Selain itu, Gunung Lawu mempunyai kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous.

Baca juga: Panorama Gunung Terbaik di Indonesia, Cek Daftarnya di Sini!

Itulah beberapa daftar gunung favorit pendaki beserta alasannya mengapa menjadi destinasi yang digemari oleh pendaki. Setiap gunung memiliki keindahan, keunikan, serta tantangannya masing-masing yang bisa dieksplorasi.

Untuk mengutamakan keselamatan, pastikan setiap aktivitas pendakianmu selalu dilengkapi dengan perlengkapan mountaineering yang lengkap dan berkualitas agar pendakian semakin aman dan nyaman. Eigerian bisa mendapatkan semua produk mountaineering yang original dan berkualitas dari EIGER dengan harga terbaik.

Ada banyak pilihan metode pembayaran (bank transfer, COD, paylater, dan lainnya) dan gratis ongkir ke seluruh wilayah di Indonesia yang tak boleh dilewatkan. Yuk, langsung belanja online di website resmi EIGER Adventure!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru