HomeTips & TrickMountaineeringEigerian, ini Seven Summit Jawa Barat yang Aman untuk Didaki

Eigerian, ini Seven Summit Jawa Barat yang Aman untuk Didaki

Setiap wilayah di negri kita tercinta, Indonesia, memiliki keindahan alamnya yang luar biasa, tak terkecuali Jawa Barat. Karena pesona alamnya yang luar biasa, Jawa Barat menjadi salah satu destinasi pendakian favorit yang tak pernah sepi kedatangan pendaki dari penjuru negeri.

Dalam dunia pendakian, Eigerian pasti akrab dengan istilah “Seven Summit” atau 7 puncak tertinggi yang ada di suatu wilayah. Nah, kali ini kami akan merangkumkan daftar seven summit Jawa Barat yang bisa jadi rekomendasi kamu jika ingin menaklukkan puncak-puncak tertinggi di Jawa Barat. Cek yuk daftar selengkapnya berikut ini!

Daftar Seven Summit Jawa Barat yang Aman untuk Pendakian

1. Gunung Ciremai (3.078 mdpl)

Gunung Ciremai difoto dari Pos Pengamatan. Sumber: PVMBG

Gunung Ciremai berada di posisi teratas seven summit Jawa Barat. Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini berada di tiga kabupaten, yakni Majalengka, Cirebon, dan Kuningan. Terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai seluas 15.000 hektar, gunung ini memiliki kawah ganda yang indah, lho.

Pendaki akan dibuat terpana dengan panorama alam yang sangat indah selama melakukan pendakian di gunung ini. Ada hutan, air terjun, sungai, dan keberadaan bunga edelweis yang dilindungi.

Untuk sampai di puncak tertingginya, ada 5 jalur resmi yang bisa dilewati, yaitu jalur Palutungan, Linggarjati, Apuy, Trisakti Sadarehe, dan Linggasana dengan keindahan dan tantangannya masing-masing. 

Salah satu spot terekstrem pendakian Gunung Ciremai bernama Tanjakan Bapa Tere, yaitu trek curam yang mempunyai kemiringan hampir 90 derajat dan tinggi hingga 10-15 meter.

Sebelum Eigerian memutuskan untuk mendaki Gunung Ciremai, penting untuk dicatat bahwa Ciremai termasuk gunung berapi aktif. Sehingga Eigerian harus selalu berhati-hati, memantau aktivitas vulkanis dari situs resmi PVMBG, dan patuhi seluruh aturan yang berlaku.

2. Gunung Pangrango (3.019 mdpl)

Gambar Gunung Pangrango. Sumber: www.radardepok.com

Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3.019 mdpl sehingga masuk sebagai salah satu seven summit Jawa Barat. Lokasinya cukup dekat dengan Gunung Gede dan berada di tiga kabupaten, yaitu Sukabumi. Cianjur, dan Bogor.

Para pendaki biasanya melewati jalur pendakian via Cianjur dan Cibodas. Namun kamu juga bisa melewati jalur Selabintana di Sukabumi dan jalur Desa Gunung Putri Di Cianjur. Sayangnya, kedua jalur terakhir punya waktu tempuh yang sangat lama karena harus melintasi Gunung Gede lebih dahulu.

3. Gunung Gede (2.958 mdpl)

Gambar Gunung Gede. Sumber: wisatalagi.blogspot.com

Di antara deretan gunung tertinggi di Jawa Barat, Gunung Gede menjadi salah satu destinasi populer di kalangan pendaki. Bentang alam menakjubkan dan medan yang cukup menantang menjadi daya tarik gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Secara geografis, Gunung Gede terletak di tiga kabupaten, yaitu Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Puncak gunung api bertipe stratovolcano ini berada di ketinggian 2.958 mdpl. Sepanjang pendakian, Eigerian akan menyusuri kawasan hutan tropis, jalan berbatu, air terjun, situ atau danau, dan juga jembatan yang jadi ikon Gunung Gede. 

Untuk mencapai puncak Gunung Gede, Eigerian bisa melalui salah satu dari tiga jalur pendakian, yaitu jalur Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana. Jalur pendakian Gunung Gede yang paling sering dilalui oleh pendaki adalah via Cibodas karena treknya lebih aman untuk pendaki pemula.

Baca juga: 3 Jalur Pendakian Gunung Gede yang Jadi Favorit Pendaki

4. Gunung Cikuray (2.818 mdpl) 

Gambar Gunung Cikuray. Sumber: gunungcikuray.com

Berlokasi di Garut, Gunung Cikuray yang berketinggian 2.818 mdpl menjadi salah satu seven summit Jawa Barat. Kamu bisa memilih jalur pendakian Gunung Cikuray via Desa Dangiang, jalur Tapak Geurot, jalur Carik, dan jalur Kebonsatu yang memiliki karakteristik, estimasi waktu tempuh, dan tantangan serunya masing-masing.

Setelah melalui jalur pendakian yang sangat menantang, sampailah kamu berada di puncak tertinggi keempat di Jawa Barat. Di puncaknya, kamu akan leluasa menikmati keindahan Kota Garut, Gunung Guntur, Gunung Malabar, Gunung Papandayan, dan bahkan Samudra Hindia!

5. Gunung Papandayan (2.665 mdpl)

Gambar panorama Gunung Papandayan. Sumber: wisatalagi.blogspot.com

Gunung Papandayan cocok menjadi destinasi pendakian yang aman untuk pendaki pemula sekali pun. Letak gunung api ini berada di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan ketinggian 2.665 mdpl. 

Jalur pendakian Gunung Papandayan bisa melalui Cisurupan, Garut, dan via Pangalengan, Kabupaten Bandung yang memerlukan waktu tempuh yang lebih lama. Di ketinggian 2.300 mdpl, kamu akan takjub menyaksikan keindahan Papandayan dari ketinggian. 

Bisa dibilang, letak keindahan gunung ini tidak terletak pada puncaknya, melainkan pada Tegal Alun, Pondok Seladah, Hutan Mati, dan kawahnya. 

6. Gunung Patuha (2.386 mdpl)

Gambar Gunung Patuha dan Kawah Putihnya. Sumber: Pariwisata Indonesia

Kawasan Gunung Patuha terkenal akan wisata kawah putihnya yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Kawah putih tersebut adalah bentukan dari letusan gunung ini. Keberadaannya di Bandung Selatan dengan ketinggian 2.386 mdpl. 

Keunikan kawah Gunung Patuha adalah dinding dan airnya yang berwarna putih. Gunung Patuha juga memiliki kawasan hutan gunung atau hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit, dan juga hutan Montana. Tertarik ke sini?

7. Gunung Malabar (2.343 mdpl)

Gambar keindahan Gunung Malabar. Sumber: wisatalagi.blogspot.com

Di selatan Kabupaten Bandung, terdapat gunung api yang titik puncaknya dinamakan Malabar dengan ketinggian 2.343 mdpl. Selain Malabar, puncak lainnya dari gunung ini adalah Puncak Haruman, Puncak Puntang, dan Puncak Mega. 

Sama seperti Gunung Patuha, Gunung Malabar meliputi kawasan hutan gunung atau hutan Ericaceous, hutan Dipterokarp Atas, hutan Dipterokarp Bukit, dan juga hutan Montana. Uniknya, gunung ini memiliki hamparan perkebunan teh yang dimiliki oleh Bosscha.

Baca juga: 7 Perlengkapan Masak di Gunung yang Wajib Dibawa Eigerian

Miliki Perlengkapan Mountaineering Terlengkap dari EIGER Adventure

Itulah informasi mengenai daftar seven summit Jawa Barat yang aman didaki hingga sampai ke puncaknya. Tentunya, gunung-gunung di atas cocok jadi bucket list kamu bareng teman-teman, bukan?

Selain mempersiapkan pengetahuan serta kondisi fisik dan mental yang baik, setiap kali ada agenda naik gunung, kamu wajib menyiapkan perlengkapan mountaineering. Mulai dari tas gunung, jaket, sepatu gunung. tenda, trekking pole, alat masak, sleeping bag, dan lainnya agar pendakianmu semakin nyaman dan mudah.

Tak perlu bingung, Eiger Adventure Official menyediakan berbagai perlengkapan outdoor dengan jaminan produk original, komplit, dan pastinya high quality. Proses belanja mudah dengan berbagai metode pembayaran, dari bank transfer, paylater, hingga COD.

Belanja online langsung dari website resmi EIGER Adventure Official berkesempatan mendapatkan promo menarik dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Yuk, tunggu apalagi, checkout barang yang kamu butuhkan sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru