HomeTips & TrickSpot Wisata Bromo Ini Asyik Dikunjungi Rame-rame

Spot Wisata Bromo Ini Asyik Dikunjungi Rame-rame

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menjadi salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas yang ada di Indonesia. Lanskap pegunungan yang membentang sekitar 50.276,3 hektar memanjakan pandangan para wisatawan. Ada banyak sekali spot wisata Bromo yang populer dan sayang jika dilewatkan. Kabar baiknya, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNTBS) membuka operasional pintu masuk kawasan wisata Bromo melalui Kabupaten Probolinggo, Jatim, di masa relaksasi PPKM. 

Plt Kepala Balai Besar TNBTS, Novita Kusuma Wardani menyampaikan bahwa objek dan daya tarik wisata alam di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui pintu masuk Kabupaten Probolinggo, dibuka dengan kapasitas maksimal 25 persen. Pembukaan wisata Bromo dari pintu masuk Probolinggo sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor PG.27/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/9/2021 tentang Pembukaan Objek Wisata dan Daya Tarik Alam di Kawasan TNBTS Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo.

Tercatat berdasarkan SE yang dikeluarkan BB-TNTBS tersebut, ada lima titik spot wisata Bromo yang diperbolehkan untuk dikunjungi para wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Wisata Bromo

1. Kawah Utama Bromo

wisata bromo
Sumber: Freepik

Lokasi Gunung Bromo tentu akan menjadi destinasi wisata utama yang dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berlibur di kawasan wisata Bromo. Gunung Bromo memiliki kawah dengan ukuran garis tengah sepanjang ± 800 meter dari utara ke selatan. Dan ± 600 meter dari Timur ke Barat. Terdapat sebuah lingkaran raksasa dengan panjang jari-jari lingkaran sepanjang 4 kilometer dari pusat kawah Bromo yang disebut sebagai kawah utama. Kita dapat menyaksikan keindahan fenomena alam ini dari jarak dekat.

2. Bukit Teletubies

Pemandangan indah di Bukit Teletubies serta savana yang terdapat di kaki bukit, menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan yang gemar photography. Bahkan tidak jarang lokasi Bukit Teletubies Bromo dijadikan tempat untuk pengambilan gambar pre wedding.

3. Bukit Cinta

Bukit Cinta Bromo atau Love Hill juga menjadi salah satu obyek wisata yang dihadirkan untuk melengkapi keseruan wisata Bromo. Sebagian wisatawan berpendapat bahwa Bukit Cinta adalah Viewpoint Golden Sunrise Gunung Bromo yang tidak kalah bagusnya dengan spot menyaksikan sunrise yang lain. Itu sebabnya apabila Point Pananjakan 1 dirasa sangat ramai dipadati oleh para wisatawan. Maka sebagian pengunjung memutuskan untuk beralih ke Bukit Cinta Bromo. Selain mendapatkan kenyamanan menyaksikan Golden Sunrise Gunung Bromo, dari objek wisata Bukit Cinta kita juga dapat dengan jelas menyaksikan keindahan alam. Yaitu pemandangan kemegahan 3 buah gunung yang berdiri kokoh berdekatan, di antaranya adalah Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru.

4. Bukit Kedaluh

Bukit Kedaluh ini berada di bawah atau sebelum Puncak Pananjakan. Di tempat ini, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan ke arah Lautan Pasir sama seperti di Puncak Pananjakan. 

5. Penanjakan 

wisata bromo
Sumber: Freepik (Gambar Hanya Ilustrasi)

Penanjakan 1 berada di ketinggian 2.770Mdpl, menjadi tempat yang sangat strategis untuk menyaksikan matahari terbit. Biasanya dikenal dengan sebutan Bromo Golden Sunrise. Untuk mencapai view point Penanjakan 1 ini, kita bisa menggunakan kendaraan Jeep. Yaitu satu-satunya kendaraan yang beroperasi untuk mengantarkan para wisatawan menuju tempat-tempat wisata utama di sekitar Bromo. Lokasinya yang berada di ketinggian tentu saja membuat udara di sekitar objek wisata Penanjakan 1 sangat sejuk. Jangan lupa untuk membawa jaket berbahan cukup tebal. Jika tidak, keasyikan wisata di Bromo bisa terganggu karena tidak sanggup menahan udaranya yang dingin.

Baca juga: 5 Tips Backpacker, Harus Selalu Cermat dan Terencana!

6. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik adalah hamparan pasir yang membentang luas di kawasan wisata TNBTS. Padang pasir seluas 5.920 hektar ini menjadi pemandangan alam yang tidak didapatkan di sekitar pegunungan lain yang ada di Indonesia. Bahkan Taman Nasional Tengger Semeru dinobatkan sebagai satu-satunya kawasan pegunungan yang memiliki lautan pasir yang luas di Nusantara.

Berdasarkan sejarah Gunung Bromo, lautan pasir yang terbentuk di lokasi wisata Bromo ini karena adanya letusan kecil dua gunung yang saling berhimpitan. Sehingga material vulkanik yang terlempar ke tenggara membentuk sebuah lembah besar dan kaldera. Karena dalamnya kaldera, maka materi vulkanik dari letusan lanjutan menumpuk di dalam. Dan membentuk lautan pasir yang dikenal dengan objek wisata Pasir Berbisik ini.

Alasan kenapa diberi nama Pasir Berbisik adalah karena hembusan angin kencang yang meniup pasir di lokasi ini menyebabkan butiran-butiran pasir beterbangan ke udara. Gesekan antar butiran pasir menimbulan suara desis layaknya manusia yang sedang berbisik. Inilah sebabnya lokasi ini diberi nama Pasir Berbisik yang kemudian dipopulerkan lewat judul film layar lebar karya sutradara Nan Achnas pada tahun 2001 lalu. Film yang dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo ini terbukti mampu mempopulerkan nama Pasir Berbisik yang terdapat di kawasan wisata Bromo Jawa Timur.

7. Pura Luhur Poten

Pura Luhur Poten adalah sebuah pura tempat persembahyangan masyarakat Hindu Tengger yang tinggal di kawasan Bromo-Tengger. Masyarakat Suku Tengger hingga saat ini memiliki peranan penting dalam menjaga keluhuran adat serta kesucian kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Pura Luhur Poten adalah satu-satunya bangunan yang berdiri di tengah hamparan Pasir Berbisik. Bangunan Pura Luhur Poten yang dibangun tahun 2000 ini terdiri dari tiga bagian. Yaitu Mandala Utama sebagai tempat pelaksanaan persembahyangan, Padma sebagai tempat pemujaan. Dan Mandala Madya sebagai tempat persiapan dan pengiring upacara persembahyangan, dan Mandala Nista yaitu tempat peralihan dari luar menuju bagian dalam pura.

Baca juga: Tenda Camping: Macam-macam, Fungsi, hingga Tips Memilihnya

Kita bisa membuktikan keindahan wisata Bromo, tentu saja harus dengan datang langsung ke lokasi wisata Bromo. Di sana kita akan mengerti keindahan alam serta kemegahan deretan Gunung yang terdapat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Saat ini, menjangkau lokasi wisata Bromo bukan lagi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Ada banyak Paket Wisata dengan harga relatif murah yang dapat kita ikuti untuk mengisi wisata dan liburan ke Bromo. Jangan lupa siapkan segala perlengkapan penunjang traveling Eigerian ke Bromo, ya!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments