HomeTips & TrickMountaineeringHal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Caving, Kamu Sudah Tahu?

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Caving, Kamu Sudah Tahu?

Aktivitas caving jadi salah satu aktivitas ekstrim yang bisa dilakukan. Meski memiliki resiko yang cukup besar, namun kepuasan yang didapatkan sepertinya akan sepadan dengan hal tersebut. Tentu, untuk mencoba aktivitas ini kamu harus mempersiapkan diri dengan baik, dari sisi mental, fisik, maupun peralatan yang digunakan.

Dalam artikel singkat kali ini, mari kita coba membedah mengenai aktivitas susur gua ini. Di Indonesia sendiri aktivitas caving cukup populer, karena di sini terdapat cukup banyak gua yang bisa disusuri. Maka tanpa pengantar lebih panjang lagi, mari kita masuk pada pembahasan pertamanya.

Apa Itu Caving?

caving
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Caving adalah aktivitas susur gua yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk menjelajahi dan menikmati keindahan gua tersebut. Hal ini juga bisa diartikan penjelajahan untuk memetakan gua, meski hanya dilakukan oleh profesional jika diartikan dalam konteks tersebut.

Karena medan yang dijelajahi biasanya cukup ekstrim, maka aktivitas susur gua juga memerlukan persiapan yang matang. Seperti layaknya pendakian gunung, persiapan fisik, mental, pemahaman medan, serta persiapan peralatan yang handal harus dilakukan.

Baca Juga : Mudah dan Efektif, Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Ini Patut Dicoba

Perhatikan Hal-Hal Ini saat akan Caving

caving
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dalam melakukan penyusuran gua, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan demi kelancaran kegiatan.

1. Pastikan Melakukan Persiapan

Mulai dari persiapan fisik, peralatan, hingga pengetahuan akan medan gua yang akan dijelahi, semua wajib dipersiapkan dengan baik dan maksimal. Selain agar kegiatan lancar, hal ini juga dapat membantu mengurangi resiko keamanan yang ada pada kegiatan tersebut.

Kamu juga bisa mencoba kursus caving untuk melakukan persiapan agar lebih mantap dalam menjalani kegiatan ini.

2. Pastikan Juga Kamu Cek Prediksi Cuaca

Mungkin hal ini sudah ditinggalkan oleh banyak orang, namun faktanya mengecek prediksi cuaca adalah hal penting dalam aktivitas caving dan luar ruang lain. Cuaca akan berpengaruh besar dalam kegiatan, karena secara praktis kamu akan berada di alam terbuka ketika melakukan aktivitas ini.

Kamu bisa kunjungi situs resmi, menggunakan aplikasi, atau langsung menghubungi dinas terkait untuk mengetahui informasi prediksi cuaca terkini.

3. Cermati Arahan dari Pemandu

Setiap kali akan berangkat, akan dilakukan briefing singkat terlebih dahulu. Nah, sebagai peserta penelusuran, kamu wajib memperhatikan semua apa yang dikatakan pemandu. Pemandu pasti adalah orang yang sudah berpengalaman, sehingga dapat memberikan tips dan insight agar caving berjalan lancar.

Biasanya poin terpenting adalah pada resiko, hal yang perlu diwaspadai, kondisi fisik ketika harus istirahat atau berhenti, dan sejenisnya.

4. Teknik Dasar Tali-Temali

Teknik dasar mengenai tali-temali wajib diketahui untuk kamu, khususnya yang ingin mencoba penelusuran gua vertikal. Misalnya untuk teknik single rope, yang digunakan untuk menuruni gua dan menaikinya kembali. Setidaknya, kamu harus paham mekanisme dan cara membuatnya.

Pun jika caving dilakukan di gua horizontal, pengetahuan mengenai tali-temali juga akan berguna untuk keadaan tertentu.

5. Selanjutnya, Jaga Ketenangan

Tantangan dari aktivitas caving adalah karena kamu harus beraktivitas di salah satu relief alam paling misterius, paling tertutup, dan paling menguji ketenangan. Well, tidak ada yang tahu pasti apa yang akan terjadi di sana, namun selama kamu bisa menjaga ketenangan dan mengikuti semua protokol yang diberikan, idealnya semua akan berjalan lancar.

Ini Kira-Kira Peralatan yang Kamu Butuhkan

caving
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Untuk peralatannya sendiri, biasanya penyedia jasa pendamping caving sudah menyediakan peralatan lengkap. Namun tak ada salahnya juga untuk mengetahui apa-apa saja yang biasanya digunakan dan fungsinya.

Helm

Perangkat pertama adalah helm, yang akan membantu kamu menjaga keamanan kepala. Helm ini akan berguna melindungi kepala dari runtuhan batu yang mungkin jatuh, benturan, dan sebagainya. Pada helm pendakian, biasanya ada pula satu slot untuk dudukan lampu atau senter penerangan.

Cover All

Cover all merupakan sebutan untuk pakaian khusus kegiatan caving. Pada kegiatan caving yang sudah berada di tingkat lanjut, pakaian ini umum digunakan. Namun untuk caving dalam rangka wisata, biasanya hanya disarankan untuk menggunakan pakaian yang aman dan sesuai dengan medan.

Sepatu

Untuk bagian sepatu, kamu bisa menggunakan sepatu boot jika memang medan dalam gua cenderung basah. Kegiatan wisata biasanya tak mengharuskan sepatu boot ini. Cukup dengan sandal gunung atau sepatu gunung biasa akan cukup untuk kegiatan caving dalam rangka wisata.

Alat Penerangan

Alat penerangan yang digunakan bisa beragam, mulai dari senter hingga headlamp yang dipasangkan di bagian depan helm. Ingat, meski siang hari, gua cenderung gelap karena tertutup dari berbagai sisinya. Maka dari itu penggunaan alat penerangan sangat dibutuhkan untuk mendukung kegiatan.

Sarung Tangan

Untuk melindungi bagian tangan dari goresan, benturan, atau kontak lain yang berbahaya saat caving, maka kamu juga memerlukan sarung tangan yang bisa digunakan. Bahan dari sarung tangan yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi medan.

Perangkat Lain yang Mungkin Diperlukan

Secara umum peralatan yang diperlukan dalam caving sudah dituliskan di atas, namun beberapa juga bisa saja diperlukan secara kondisional. Alat-alat tersebut adalah carabiner, descender dan ascender, seat harness, serta pelampung.

Baca Juga : Apa Sih Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental? 

Semoga sedikit informasi terkait dengan caving ini bisa jadi informasi yang berguna untuk kamu. Tentu saja, jika kamu ingin melengkapi perlengkapan yang dibutuhkan, kamu bisa mendatangi laman produk Eiger Adventure. Di sana tersedia produk yang lengkap dan berkualitas, sehingga dijamin bisa memenuhi kebutuhanmu.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments