HomeTips & TrickLifestyleSudah Tahu Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Anak Internasional?

Sudah Tahu Sejarah dan Tujuan Peringatan Hari Anak Internasional?

Tanggal 1 Juni telah ditetapkan sebagai Hari Anak Internasional (World’s Children Day) atau lebih tepatnya Hari Perlindungan Anak Internasional. Tapi perlu dipahami bahwa peringatan ini berbeda dengan Hari Anak Nasional yang diperingati pada tanggal 23 Juli. Peringatan World’s Children Day bertujuan untuk menghargai hak-hak anak secara global, sebab sama seperti manusia dewasa, anak juga memiliki haknya sendiri yang wajib untuk didapatkan. Hak tersebut mulai dari hak bertahan hidup, mendapatkan perlindungan, serta kasih sayang. Tujuan dari peringatan World’s Children Day adalah untuk menghargai dan ​​​​​menghormati anak-anak serta menambah kesadaran seluruh orang untuk memahami hak-hak anak di seluruh dunia.

Hari Anak Internasional ditetapkan oleh Women’s International Democratic Federation selama kongres pada tahun 1949 yang diadakan di Moskow. Perayaan yang pertama berlangsung pada tanggal 1 Juni 1950. Seperti apa sejarah panjang peringatan Hari Anak Internasional? Yuk, lanjut membaca ulasan menarik di bawah ini sampai akhir. Ada rekomendasi produk-produk kids series dari Eiger juga lho!

Peringatan Hari Anak Internasional

hari anak internasional
Sumber: Freepik

Awal mula Hari Anak Internasional dimulai pada tahun 1856, ketika Pdt Charles H Leonard, DD ingin menciptakan hari dedikasi anak-anak pada kehidupan Kristiani. Kemudian pada Desember 1954, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyetujui resolusi dan merekomendasikan agar semua negara mengadakan Hari Anak Sedunia. Hari itu harus dikhususkan untuk kegiatan yang merayakan segala sesuatu terkait anak-anak di dunia, serta untuk memulai tindakan yang memberi manfaat dan memajukan kesejahteraan semua anak di dunia.

Lantas, banyak negara yang merayakan Hari Anak Internasional setiap tahunnya, seperti Rusia, Yugoslavia, Afrika, Asia, beberapa negara di Eropa dan Amerika. Meskipun tanggal hari anak dapat berbeda di setiap negara, namun pada umumnya tanggal 20 November sering menjadi tanggal yang dipilih karena bertepatan dengan tanggal ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak Anak pada 1959. Hal ini juga merupakan tanggal pada tahun 1989 ketika Sidang Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Sejak tahun 1990, Hari Anak Internasional juga menandai peringatan tanggal Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak. Sementara itu, di beberapa negara peringatan Hari Anak Internasional justru dijadikan sebagai hari libur nasional, seperti di Cape Verde, Laos dan Mongolia. Di Cape Verde, Hari Anak Internasional disebut sebagai Hari Pemuda, sedangkan di Mongolia dikenal sebagai Hari Ibu dan Anak. 

Sementara itu di Indonesia, Hari Anak Nasional dirayakan setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Baca juga: Rencanakan Traveling Seru Bareng Teman Pakai 7 Tips Ini

Rekomendasi Produk Eiger Kids Terbaik

hari anak internasional
Sumber: Eiger Geast Ss Active Tees Jr

Di bawah ini ada beberapa produk Eiger Kids yang bisa jadi pilihan tepat untuk melengkapi tampilan si kecil. Cek satu per satu koleksinya, yuk!

1. EIGER HIKE AND CAMP KIDS T-SHIRT – Rp135.200,-

Si Kecil akan sangat cocok memakai T-shirt lengan pendek Hike & Camp untuk melengkapi penampilannya. Selain dilengkapi dengan detail sablon grafis pada bagian depan, T-shirt ini juga hadir dengan beberapa pilihan warna yang mudah untuk dipadu padankan. Materialnya adalah cotton combed 24, dijamin akan sangat nyaman dipakai seharian deh!

2. EIGER CIAO 22L KIDS RUCKSACK – Rp559.200,-

Jika gemar mengajak anak untuk menjelajahi alam terbuka, si kecil bisa memulai langkah petualangannya bersama Ciao 22L Kids, yaitu rucksack yang dirancang khusus bagi anak dan remaja untuk menemani kegiatan hiking selama satu hingga dua hari. 

Ransel ini juga dilengkapi dengan teknologi backsystem Fit Light Adjustable, memiliki pengaturan praktis pada bagian punggung untuk menyesuaikan ukuran torso supaya nyaman dan pas saat dipakai. Kompartemen utama pada ransel ini memiliki ruang yang cukup luas dan dapat diakses dari bukaan atas. Menariknya lagi, tas ini juga dilengkapi beberapa saku yang mudah diakses di bagian tutup atas dan samping untuk menaruh perlengkapan dengan rapi.

3. EIGER MOANA JR FACE MASK MASKER – Rp15.200,-

Jangan lupa, pastikan si kecil tetap aman saat mereka di luar ruangan dengan memakai masker Moana Jr, salah satu dari rangkaian produk Eiger Protect. Masker ini terbuat dari bahan water repellent yang breathable, serta dilengkapi dengan teknologi Antibacterial yang memberikan perlindungan ganda. Masker Moana Jr ini juga dirancang dengan saku untuk menyelipkan filter tambahan dan tali elastis yang dapat menjangkau bagian belakang kepala untuk kenyamanan saat memakainya.

4. EIGER BAMBINI JS BEANIE – Rp63.200,-

Untuk melindungi kepala, khususnya saat kondisi cuaca dingin, si kecil bisa memakai beanie Bambini JS. Beanie lipat yang satu ini terbuat dari bahan akrilik dengan kombinasi dua warna yang cocok dan nyaman digunakan sehari-hari.

5. EIGER X-KURINDA JACKET JS – Rp271.200,-

X-Kurinda Jacket JS, salah satu dari rangkaian produk dari Eiger Protect ini juga tidak boleh ketinggalan. Jaket berbahan polyester spandex ini memiliki kerah panjang yang berfungsi sebagai masker dengan ukuran yang dapat disesuaikan. 

Teknologi Water Repellent pada sweater ini berfungsi untuk menolak penyerapan cairan ke kain dengan intensitas ringan. Sedangkan teknologi Antimicrobial berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme. Jaket ini hadir sepasang dengan celana yang dijual secara terpisah, lho!

6. EIGER X-KURINDA PANTS JS – Rp191.200,-

Biarkan petualang si kecil bergerak bebas dengan X-Kurinda Pants JS, salah satu dari rangkaian produk Eiger Protect. Celana yang terbuat dari bahan polyester spandex ini memiliki dua saku samping dan ban pinggang karet yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan lebih. Teknologi Water Repellent pada celana ini berfungsi untuk menolak penyerapan cairan ke kain dengan intensitas ringan. 

Sedangkan teknologi Antimicrobial berfungsi untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme. Celana ini hadir bisa dipasangkan dengan X-Kurinda Jacket JS.

7. EIGER BONERATE KIDS SWEATPANTS – Rp239.200,-

Bonerate Kids juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk untuk menemani si kecil menjalani hari mereka yang aktif. Dengan bahan yang lembut dan teknologi Tropic Dry, sweatpants ini akan membuat mereka tetap nyaman sepanjang hari.

8. EIGER GEAST SS ACTIVE TEES JR – Rp135.200,-

T-shirt Geast juga hadir dengan lengan pendek yang dirancang khusus untuk menjaga kenyamanan petualang kecil saat sedang berkegiatan. Terbuat dari material yang cepat kering dan dilengkapi jala sebagai ventilasi, supaya tetap terasa sejuk. Jangan khawatir, si kecil akan tetap terlihat meskipun dalam kondisi minim cahaya, karena T-shirt ini memiliki aksen reflektif di bagian belakang.

Baca juga: Tak Perlu Ragu Ajak Anak, Setelah Tahu Manfaat Berkemah

Bagaimana, beberapa produk Eiger Kids yang telah direkomendasikan di atas sangat menarik, bukan? Kita bisa membeli produk-produk tersebut sebagai hadiah dalam rangka perayaan Hari Anak Internasional. Dijamin, si kecil pasti suka!

Selain produk yang disebutkan di atas, masih ada banyak produk lainnya yang tak kalah keren. Langsung saja belanja online di website Eiger Adventure Official. Borong sekarang, jangan sampai kehabisan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments