HomeTips & TrickLifestyleMenilik Sejarah Hari Lahir Pancasila dan Cara Merayakannya ala Millennials

Menilik Sejarah Hari Lahir Pancasila dan Cara Merayakannya ala Millennials

Sebagai generasi millennials, kita wajib tahu nih bahwa tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. Pada tahun 2022 ini, Hari Pancasila jatuh pada hari Rabu (1/6/2022) dan ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur nasional.  

Selama ini kita mungkin memang sudah tahu bahwa tanggal 1 Juni menjadi salah satu tanggal merah alias hari libur nasional. Tapi, tentu tidak semua dari kita sudah mengetahui bagaimana sejarah Hari Lahir Pancasila.

Serta bagaimana cara merayakan, memperingati, hingga memaknainya. Untuk itu, mari kita simak bersama ulasan mengenai sejarah singkat Hari Pancasila dan tips merayakannya ala generasi millennials berikut ini.

Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

hari lahir pancasila
Sumber: Freepik

Sejarah Hari Lahir Pancasila bermula dari kekalahan Jepang pada perang pasifik, di mana mereka kemudian berusaha untuk mendapatkan hati masyarakat dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Kemudian dibentuklah sebuah Lembaga yang tugasnya untuk mempersiapkan hal tersebut. Lembaga tersebut dinamakan Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

Pada sidang pertama di tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi In (sekarang Gedung Pancasila), para anggota membahas mengenai tema dasar negara. Kemudian Ir Soekarno mendapatkan giliran untuk menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai pada tanggal 1 Juni 1945.

Pidato Soekarno akhirnya dirumuskan menjadi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, di mana dasar negara yang diusulkan oleh Soekarno mencakup philosophische grondslag (dasar filsafat, fundamen, dan pikiran mendalam yang menjadi dasar dari sebuah negara Indonesia), yaitu:

  1. Kebangsaan/nasionalisme
  2. Kemanusiaan (internasionalisme)
  3. Musyawarah, mufakat, perwakilan
  4. Kesejahteraan sosial
  5. Ketuhanan yang berkebudayaan.

Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis tersebut ternyata diterima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI. Kemudian untuk menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar yang berlandaskan kelima asas tersebut, maka Dokuritsu Junbi Cosakai membentuk sebuah panitia yang disebut sebagai panitia Sembilan.

Adapun susunan Panitia Sembilan terdiri dari Ir Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Akhirnya, Pancasila dinyatakan sah dan resmi dijadikan sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada tanggal 18 Agustus 1945. Kata Pancasila sendiri diambil dari bahasa sansekerta, di mana Panca berarti lima, sedangkan Sila berarti dasar atau asas. Istilah Pancasila sudah dikenal sejak zaman majapahit pada abad ke-14, terdapat di dalam buku Negarakertagama karangan Mpu Prapanca.

Cara Merayakan Hari Lahir Pancasila

hari lahir pancasila

Pancasila merupakan suatu ideologi negara yang diciptakan dan digagas oleh BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945. Meskipun berjumlah 5 butir sila, namun proses penulisan dan perumusan Pancasila rupanya sangat rumit dan menimbulkan konflik antara golongan muda dan golongan tua.

Terutama pada sila pertama yang menyangkut tentang prinsip agama dan Ketuhanan. Pada akhirnya, sila yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” diresmikan menjadi sila pertama Pancasila untuk menghormati keberagaman penduduk dengan agama non muslim di Indonesia.

Lantas, apa sih makna Pancasila bagi kita sebagai generasi millennials? Hari Lahir Pancasila perlu dimaknai secara khusus oleh masyarakat Indonesia, termasuk pada generasi millennials. Sebab, momen ini merupakan peringatan bahwa para pahlawan telah berhasil menggali nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bangsa Indonesia hingga kini.

Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa, karena dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada. Selain itu, Hari Lahir Pancasila juga merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya untuk dibaca, dihafal, ataupun didengar saja, melainkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kita kepada Tanah Air, sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk yang sederhana, mulai dari saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.

Baca juga: 5 Manfaat Self Improvement dan Cara Melakukannya

Tema Hari Lahir Pancasila 2022

Tema Hari Lahir Pancasila 2022 adalah “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Melansir dari Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 4 Tahun 2022, peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 dilaksanakan dengan upacara secara hybrid (luring dan daring), sebagai upaya mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan, dan memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 di Indonesia.

Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 juga akan dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu, upacara peringatan juga akan dilaksanakan oleh masing-masing instansi pemerintah pusat dan daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Baca juga: 5 Tips Menabung Efektif, Meskipun Gaji Pas-pasan

Ayo, Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia!

Melihat kebiasaan dari para generasi millennials saat ini, bisa dikatakan bahwa generasi millennials akan menjadi generasi terkaya di masa depan. Generasi ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Di antaranya adalah, dalam hal mengejar pekerjaan yang dicintai, kreatifitas dalam menemukan solusi dari masalah, hingga semangat dalam berwirausaha.

Sesuai dengan tema perayaan Hari Lahir Pancasila 2022, sebagai generasi millennials kita harus turut serta dan ambil bagian dalam membangun peradaban dunia. Salah satu caranya adalah terus mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif.

Selain itu, kita juga harus senantiasa menjaga nama baik Indonesia. Salah satu wujud kecintaan kita dengan Tanah Air adalah dengan bangga menggunakan produk dalam negeri. Saat ini sudah ada banyak sekali brand lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan brand luar.

Katakanlah EIGER, yang menyediakan berbagai perlengkapan untuk menunjang segala aktivitas mulai dari riding, cycling, mountaineering, dan lainnya. Setiap produk yang ditawarkan dibuat dari material bermutu tinggi dengan desain yang menarik. Coba deh cek koleksinya di website Eiger Adventure Official

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments