HomeTips & TrickMountaineering“Hari Hutan Indonesia” Ingatkan Pentingnya Peran Hutan Bagi Kehidupan

“Hari Hutan Indonesia” Ingatkan Pentingnya Peran Hutan Bagi Kehidupan

Hari ini, tepatnya tanggal 7 Agustus 2023 diperingati sebagai Hari Hutan Indonesia. Peringatan hari nasional pun ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat Indonesia akan pelestarian hutan yang ada di negeri kita.

Melihat pentingnya peran hutan bagi kehidupan dan masa depan bumi ini, perlu kita tilik lagi lebih dalam tentang sejarah awal mula terciptanya Hari Hutan Indonesia, apa saja aksi positif yang bisa kita lakukan dalam merayakannya, dan mengingat kembali sejumlah manfaat hutan demi kehidupan dan masa depan bumi.

Sejarah dan Tema “Hari Hutan Indonesia”

Mengutip dari situs Hari Hutan, peringatan Hari Hutan Indonesia jatuh pada tanggal 7 Agustus yang diawali dengan petisi change.org/jagahutan sejak tahun 2017 yang ditandatangani oleh hampir 1,5 juta pendukung. Lalu, pada tahun 2020 dideklarasikan bersama oleh 140 lebih kolaborator dari lintas organisasi.

Kita juga sebelumnya sudah mengenal Hari Hutan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 21 Maret. Namun, menurut mereka dibutuhkan satu hari khusus dalam setahun di mana semua mata, pikiran, dan usaha masyarakat Indonesia untuk ditujukan menjaga hutan agar tetap kaya dan bermanfaat bagi semua.

Kemudian, tanggal 7 Agustus dipilih sebagai Hari Hutan Indonesia yang sekaligus menjadi momen refleksi disahkannya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Alam Primer dan Lahan Gambut.

Tahun ini, diusung tema dengan slogan “Jaga Hutan, Jaga Iklim” yang didukung pula dengan tagar #HariHutanIndonesia 2023 dan #HutanAdalahJawaban untuk dikampanyekan di media sosial.

Tema ini ingin mengajak masyarakat untuk turut serta mengampanyekan bahwa hutan Indonesia yang memiliki peringkat ketiga terluas di dunia ini berperan penting sebagai salah satu solusi dalam mengatasi perubahan iklim yang saat ini dampaknya kita rasakan bersama.

Cara Merayakan “Hari Hutan Indonesia”

Sumber Foto: EIGER Black Borneo Expedition 2016 (National Geographic Indonesia)

Ayo Eigerian, turut berpartisipasi dalam perayaan Hari Hutan Indonesia dengan cara:

1. Mengedukasi diri dan orang-orang di sekitarmu tentang pentingnya menjaga, merawat, melindungi, dan melestarikan hutan Indonesia.

2. Menyebarluaskan informasi yang tepat tentang peringatan Hari Hutan Indonesia dan pesan-pesan penting di balik peringatannya.

3. Melakukan aksi positif tentang pelestarian hutan saat berkegiatan di alam bebas, seperti dengan tidak membuang sampah di hutan, tidak menebang pohon secara sembarangan, ikut gerakan penanaman pohon bersama organisasi, dan masih banyak lainnya.

4. Melakukan kegiatan luar ruang, seperti hiking atau camping ke area hutan atau taman nasional untuk lebih mengkhidmati dan mensyukuri atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Sering Dilupakan, Inilah Sejumlah Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

Hari Hutan Indonesia
Sumber Foto: EIGER Black Borneo Expedition 2016 (National Geographic Indonesia)

Hutan memiliki banyak sekali manfaat penting bagi keberlangsungan makhluk hidup dan lingkungan. Berikut ini adalah beberapa manfaat utamanya:

1. Menjadi sumber daya alam

Manfaat hutan tentu menyediakan berbagai jenis sumber daya alam yang penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Kayu merupakan salah satu sumber daya alam yang paling penting diperoleh dari hutan, di mana kayu digunakan untuk berbagai tujuan, seperti konstruksi bangunan, pembuatan peralatan dan perabotan rumah tangga, hingga industri kertas. Namun, penebangan hutan ini juga harus diimbangi dengan sistem reboisasi yang baik untuk menjaga masa depan hutan.

2. Tempat konservasi lingkungan

Hutan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, serta menjaga kualitas udara dan air. Hutan juga berperan dalam menjaga keseimbangan hujan dan mengatur arus air di daerah sekitarnya, serta menjadi tempat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan yang dapat membantu dalam mengurangi perubahan iklim.

3. Perlindungan terhadap bencana alam

Manfaat hutan lainnya adalah melindungi daerah dari erosi tanah, banjir, dan longsor. Hutan dapat mengurangi intensitas hujan dan angin dan mengurangi risiko bencana alam, seperti banjir dan longsor dengan mengatur arus air.

4. Sebagai tempat rekreasi dan pariwisata

Hutan juga menjadi tempat yang populer untuk berwisata dan melihat satwa liar dan tumbuhan. Hutan juga menyediakan lokasi untuk berbagai kegiatan luar ruang, seperti berkemah, mendaki, dan bersepeda.

5. Memiliki nilai spiritual

Hutan memiliki nilai spiritual bagi beberapa masyarakat yang memandang hutan sebagai tempat yang memiliki makna simbolis yang kuat. Beberapa masyarakat menganggap hutan sebagai tempat untuk bermeditasi, berdoa, dan melakukan ritual agama.

6. Mendukung kesehatan fisik dan mental

Manfaat hutan selanjutnya adalah untuk memperbaiki kualitas udara dan menyediakan lingkungan yang sehat untuk berolahraga. Berjalan di hutan atau melakukan kegiatan outdoor lainnya dapat memperbaiki kesehatan jantung, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, hutan juga dapat mengurangi stres dan tekanan emosional serta memperbaiki kualitas tidur. Studi juga menunjukkan bahwa pengaruh positif dari hutan dapat digunakan dalam terapi kesehatan mental.

7. Sebagai sumber ilmu dan pendidikan

Hutan menyediakan lingkungan yang ideal untuk pembelajaran alam dan pendidikan lingkungan. Anak-anak dapat belajar tentang ekosistem, tumbuhan, dan satwa liar di hutan. Hutan juga dapat digunakan sebagai laboratorium alam untuk belajar tentang biologi, geografi, dan sejarah.

Baca Juga: 3 Style Anak Gunung, Pastikan Pilih Outfit yang Nyaman!

8. Mendukung ekonomi penduduk setempat

Hutan dapat memberikan sumber pendapatan bagi masyarakat setempat melalui kegiatan, seperti pertanian, perikanan, dan pariwisata.

Secara keseluruhan, hutan memiliki berbagai manfaat yang penting bagi keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan hutan melalui praktik pengelolaan yang baik dan konservasi hutan yang tepat.

Eigerian yang ingin berkegiatan di alam terbuka, ayo lengkapi kebutuhan perlengkapan dan peralatan kamu di eigeradventure.com dan EIGER Adventure Store!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru