HomeTips & TrickMountaineeringJangan Asal, Pahami Cara Membaca Kompas yang Benar!

Jangan Asal, Pahami Cara Membaca Kompas yang Benar!

Kompas menjadi penunjuk arah yang sangat penting saat Eigerian sedang berada di hutan atau naik gunung. Meskipun sebetulnya cara membaca kompas harus diketahui bukan hanya untuk itu saja. 

Tentunya, mengetahui bagaimana cara membaca dan menggunakan kompas akan sangat berguna jika kita tersesat. Sebab, kompas menjadi alat navigasi untuk menentukan arah.

Lain halnya dengan peta, kompas lebih akurat untuk menentukan arah mata angin. Dalam menentukan sebuah arah, kompas memanfaatkan medan magnet bumi sehingga arah yang ditentukan dengan kompas lebih akurat. Gaya tarik menarik antara magnet bumi dan jarum kompas akan menunjukan di mana arah mata angin, inilah mengapa jarum kompas akan selalu menunjuk ke arah Utara dan Selatan.

Mengenal Komponen pada Kompas

cara membaca kompas
Sumber: Eiger Adventure

Cara membaca kompas memang tidak bisa dikatakan mudah. Tapi sebelum membaca kompas, hal pertama yang harus Eigerian lakukan adalah memahami komponen dan tata letak dasar kompas terlebih dahulu. Desain kompas memang bisa jadi berbeda-beda, tapi setiap kompas mencakup jarum magnet yang mengarahkan dirinya ke medan magnet di Bumi.

Kompas lapangan dasar atau yang juga disebut kompas baseplate, punya fitur komponen sederhana berikut ini:

  • Baseplate adalah sebuah piringan plastik yang jernih tempat kompas tertanam.
  • Panah arah perjalanan adalah panah yang ada di baseplate yang menunjuk arah kebalikan dari kompas.
  • Rumah kompas adalah sebuah lingkaran plastik jernih yang menampung jarum kompas magnet.
  • Dial derajat adalah dial yang bisa diputar yang mengitari rumah kompas yang menampilkan seluruh 360 titik derajat dalam lingkaran.
  • Jarum magnet adalah jarum yang berputar di dalam rumah kompas.
  • Panah penunjuk adalah panah non-magnetik yang ada di dalam rumah kompas.
  • Garis penunjuk adalah garis di dalam rumah kompas yang berjalan secara sejajar dengan panah penunjuk.

Kalau sudah tahu komponen dan tata letaknya, Eigerian juga perlu memahami bagaimana cara memegang kompas dengan benar. Tempatkan kompas datar pada telapak tangan dan telapak tangan berada di depan dada. Jika membaca peta, Eigerian perlu menempatkan peta pada permukaan yang datar dan menempatkan kompas di peta untuk mendapatkan pembacaan yang lebih akurat.

Baca juga: 10+ Peralatan Mendaki Gunung Wajib Dibawa, Simak Daftar dan Rekomendasinya!

Cara Membaca Kompas yang Benar

cara membaca kompas
Sumber: Eiger Adventure

Ada beberapa tahapan yang perlu Eigerian lakukan untuk membaca kompas secara benar. Yuk, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, silakan kumpulkan data arah untuk mengetahui arah mana yang sedang Eigerian tuju. Kalau Eigerian sedang hiking di sekitar di hutan atau di tanah lapang, sebaiknya periksa arah secara berkala untuk memastikan Eigerian akan ke arah yang diinginkan. Untuk melakukan hal ini, gerakkan kompas hingga panah arah perjalanan menunjuk ke arah yang telah Eigerian tempuh dan akan ditempuh. Kecuali jika Eigerian sedang menuju Utara, maka jarum magnet akan berputar ke satu sisi.
  • Lalu, silakan putar dial derajat sampai panah penunjuk sejajar dengan ujung Utara dari jarum magnetik. Dan setelah mereka selaras, ini akan memberitahumu ke arah mana panah perjalananmu menunjuk.
  • Teruslah bergerak ke arah ini. Eigerian cukup pegang kompas dalam sikap yang tepat, ubah posisi tubuh sampai ujung utara jarum magnet sekali lagi sejajar dengan jarum penunjuk, dan ikuti arah panah perjalanan. Periksa kompas sesering yang Eigerian butuhkan, dan pastikan tidak memutar dial derajat dari posisi saat ini.
  • Lalu, fokus pada titik di kejauhan. Untuk mengikuti arah panah perjalanan dengan akurat, silakan lihat pada panah lalu fokus pada sebuah objek yang jauh seperti pohon atau tanda lainnya, dan gunakan ini sebagai panduan. Kalau sudah mencapai setiap titik panduan, gunakan kompas untuk menemukan titik panduan lainnya.
  • Langkah selanjutnya, tempatkan peta di permukaan horizontal dan tempatkan kompas pada peta supaya panah penunjuk menunjuk ke Utara sejati pada peta. Jika Eigerian mengetahui posisi saat ini pada peta, geser kompas sehingga tepinya melewati posisimu saat ini, tetapi panah penunjuknya terus menunjukkan Utara. Buat garis sepanjang tepi kompas dan melalui posisimu saat ini. Jika Eigerian menjaga arah ini, maka jejak dari posisi Eigerian saat ini akan mengikuti garis yang baru ditarik pada peta.
  • Pegang kompas secara horizontal di depan dengan arah panah perjalanan menunjuk menjauh dari Eigerian. Gunakan panah ini untuk memandumu ke tujuan. Lalu putar tubuh sampai ujung Utara jarum magnet sejajar dengan jarum penunjuk, maka Eigerian akan berorientasi benar menuju tujuan pada peta.

Nah, itulah cara membaca kompas dengan benar yang perlu Eigerian ketahui. Langkah-langkah membaca kompas yang telah disebutkan di atas cukup mudah untuk dipahami, bukan?

Baca juga: 2 Cara Melihat Titik Koordinat di Maps

Bagi Eigerian yang membutuhkan kompas dan perlengkapan outdoor lainnya seperti tas carrier, sepatu, tenda, sarung tangan, jaket, dan berbagai macam aksesoris lainnya, Eigerian bisa berbelanja melalui situs Website Eiger Adventure Official.

Eigerian bisa mendapatkan berbagai produk EIGER berkualitas dengan harga terjangkau, dan jangan lupa nikmati juga berbagai promo menarik lainnya, ya! Selamat berbelanja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru