HomeTips & TrickLifestyleMenelisik Sejarah Hari Musik Sedunia 21 Juni, Simak di Sini!

Menelisik Sejarah Hari Musik Sedunia 21 Juni, Simak di Sini!

Musik telah menjadi bagian dari peradaban sejak jaman dahulu kala. Jika ditarik ke masa lalu, bahkan musik sudah memiliki banyak pengaruh sejak era Medieval (tahun 400 – 1400-an). Tidak heran jika kemudian kini masyarakat dunia mengenal Hari Musik Sedunia yang diperingati pada 21 Juni.

Tapi bagaimana sejarah kemunculan Hari Musik Sedunia ini? Apa pula tujuan atau pesan utama yang ingin disampaikan dalam perayaan, yang kini dilakukan oleh masyarakat dunia di lebih dari 120 negara tersebut?

Kamu bisa menemukan jawabannya di penjelasan berikut ini.

Baca Juga : 5 Tempat Healing Di Bandung Paling Nyaman dan Recommended

Sejarah Hari Musik Sedunia

hari musik sedunia
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasia)

Sejarah peranannya banyak disampaikan dimulai pada tahun 1982 di Paris. Tahun ini dianggap sebagai awal perayaan Hari Musik Sedunia oleh masyarakat umum, dan menjadi inisiasi pada perayaan di era modern sekarang ini.

Namun tahukah kamu sebenarnya usulan tersebut pertama kali diungkapkan oleh pemusik Yehudi Menuhin? Usulan ini pertama kali muncul pada tahun 1975, dimana ia mengungkapkan gagasannya pada penetapan International Music Day di tanggal 1 Oktober.

Usulan tersebut seperti menguap begitu saja dan tidak mendapatkan perhatian dunia. Baru kemudian ketika ide Hari Musik Dunia diungkapkan oleh musisi bernama Joel Cohen di tahun 1976, gagasan ini mendapat perhatian dunia. Ide tersebut ditanggapi oleh Direktur Musik dan Tari, Meurice Flauret, yang kala itu menjabat di Perancis.

Ide ini diteruskan ke Menteri Kebudayaan Perancis saat itu, Jack Lang, dan diproses pada tahun 1981. Baru, pada tahun 1982 usulan ini disetujui dan dirayakan dengan nama Fete de la Musique yang menjadi awal perayaan Hari Musik Sedunia.

Hingga saat ini perayaan Hari Musik Sedunia terus dilaksanakan setiap tanggal 21 Juni. Tentu saja, pada dua tahun belakangan perayaan ini tidak dapat terlaksana karena pandemi. Namun di tahun 2022 ini, masyarakat optimis dapat kembali melaksanakan perayaan seru tersebut.

Sebenarnya Apa Tujuan Perayaan Hari Musik Sedunia Ini?

hari musik sedunia
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasia)

Tujuan perayaan Hari Musik Sedunia ini sebenarnya adalah memberikan apresiasi dan penghargaan pada musik, yang sudah menjadi bagian dari peradaban manusia sejak lama. Secara lebih spesifik, berikut beberapa tujuan perayaan Hari Musik Sedunia.

Memberikan Ruang untuk Musisi

Ruang untuk semua jenis musisi memang kini tersedia luas. Namun ruang yang dimaksud dalam konteks ini adalah ruang publik, dimana musisi dari segala golongan, tingkatan, usia, bisa mengekspresikan musiknya di jalanan tanpa ada rasa takut.

Ruang ekspresi ini menjadi hal yang diperlukan untuk secara langsung mengingatkan pada masyarakat akan pentingnya musik dalam kehidupan sehari-hari. Eksperimen yang dilakukan, interaksi antara masyarakat dan pemusik secara langsung, menjadi hubungan yang hangat antara musisi dan penikmatnya.

Momen Kolaborasi dan Menciptakan Musik

Perayaan Hari Musik Sedunia juga memiliki tujuan untuk menciptakan kolaborasi dan musik yang belum pernah ada sebelumnya. Ketika musisi bertemu, tua, muda, berbagai genre, berinteraksi, besar kemungkinan akan ada satu hasil karya baru yang muncul.

Kesegaran dan originalitas dari karya ini bisa membantu terus menjaga gairah permusikan di suatu negara. Dengan begini, kolaborasi lintas generasi dan genre akan dengan mudah tercipta, karena semua tumpah di jalanan dan ruang publik untuk memperlihatkan musiknya masing-masing.

Ekspresi dan Penyegaran

Di tengah dunia yang penuh tuntutan dan serba cepat ini, terkadang masyarakat lupa untuk beristirahat sejenak dan sekedar mendengarkan musik. Ini mengapa tingkat stres masyarakat modern sangat tinggi, dan membuat kesehatan mental menjadi terganggu.

Hari Musik Sedunia, juga bertujuan untuk terus mengingatkan publik bahwa menikmati musik akan jadi satu sarana beristirahat dan menyegarkan pikiran yang efektif. Tidak peduli apapun jenis musik atau musisinya, selama bisa dinikmati maka musik akan tetap hidup dan berkembang.

Memancing Musisi Terus Berkarya

Tentu yang tidak akan lepas dari tujuan perayaan hari ini adalah agar musisi di dunia terus berkarya dan memberikan ekspresi terbaiknya. Imajinasi tiada batas yang dimiliki seniman selalu berhasil membuat satu gebrakan baru, yang digemari dan meramaikan ragam musik dunia.

Karya yang tiada henti, apresiasi yang terus diberikan oleh masyarakat, dan nilai ekonomi yang turut menopang kehidupan musisi menjadi semangat dari perayaan hari ini. Maka dari itu, terus apresiasi karya musisi dalam dan luar negeri, dan pastikan kamu menikmati karya asli dari musisi favoritmu.

Baca Juga : Box Set Music For Adventure, Kolaborasi Eiger dengan 6 Musisi Top

Eiger Adventure sebenarnya sejak cukup lama telah cukup dekat dengan dunia musik. Dengan Eiger Music for Adventure Box Set kamu bisa mendapatkan berbagai karya musisi kondang tanah air yang sangat cocok dijadikan teman perjalanan. Packaging yang unik serta alunan berkualitas musisi tanah air, siap menemani kamu di setiap aktivitas yang kamu lakukan.

Tentu saja dalam perayaan Hari Musik Sedunia ini, Eiger turut serta bersatu dalam semangatnya. Mempromosikan karya asli dari musisi terbaik anak bangsa dengan kemasan yang unik, Eiger Adventure tidak akan melepas perhatiannya dari dunia musik tanah air. Pastikan kamu selalu belanja online di website Eiger Adventure official, dan dapatkan produk terbaik buatan anak bangsa!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments