HomeTips & TrickTravelingPerbedaan Hotel Berbintang 1 Sampai 5, Jangan Salah Pilih ya!

Perbedaan Hotel Berbintang 1 Sampai 5, Jangan Salah Pilih ya!

Ketika berpergian ke luar kota, hotel berbintang menjadi akomodasi yang paling sering kita pilih. Sudah tahu perbedaan hotel bintang 1 sampai 5?

Hai Eigerian! Pastinya kita sudah mengetahui, ada beberapa jenis akomodasi penginapan yang bisa kita gunakan ketika berpergian. Saat liburan di luar kota, biasanya kita akan menjumpai hotel, resort, villa, hingga apartemen.

Akomodasi yang paling banyak digunakan oleh traveler adalah hotel. Sebab, hotel berbintang sendiri memiliki fasilitas yang lengkap, aman, dan nyaman. Selain itu, hotel umumnya berada di lokasi yang strategis.

Keberadaan hotel juga tersebar merata di semua wilayah di berbagai negara. Hotel dibedakan menjadi beberapa kelas nih, mulai dari hotel berbintang 1 sampai bintang 5.

Setiap jenis hotel dibedakan menurut kapasitas, fasilitas, dan layanannya. Bagi Eigerian yang masih bingung dalam memilih hotel terbaik, simak penjelasan berikut, yuk!

Baca Juga: 3 Cara Check In Hotel untuk Pemula, Solo Traveler Wajib Tahu!

Perbedaan Hotel Berbintang 1 Sampai 5

hotel berbintang
(Foto kamar hotel. Sumber: Unsplash.com)

Hotel adalah bangunan yang terdiri atas banyak kamar dan disewakan kepada tamu yang datang untuk tinggal dalam waktu tertentu. Biasanya, tamu hotel menginap untuk tujuan liburan, perjalanan dinas, atau sekedar staycation.

Ada beberapa kelas hotel yang dibagi menurut bintangnya nih, Eigerian. Setiap kelas hotel mempunyai perbedaan masing-masing. Ingin tahu lebih lanjut? Berikut penjelasannya!

1. Hotel Bintang Satu, Cocok Untuk Liburan Hemat

Klasifikasi atau kelas hotel yang pertama yaitu hotel bintang 1. Kelebihan hotel ini ialah dari segi harga yang sangat terjangkau. Bagi Eigerian yang ingin liburan low budget, menginap di hotel bintang 1 menjadi pilihan terbaik.

Hotel bintang 1 juga umumnya berada di lokasi yang strategis, seperti di pusat kota, dekat tempat wisata, atau di sekitar sarana transportasi. 

Biasanya, hotel bintang 1 mempunyai minimal 15 kamar tipe standar, kamar mandi dalam, dan luas kamar minimum 20 meter persegi.

2. Hotel Bintang Dua, Fasilitas Lebih Lengkap dan Terjangkau

Jika Eigerian ingin liburan hemat namun tetap mengutamakan kenyamanan, Eigerian bisa memilih hotel bintang 2 sebagai tempat menginap. Hotel ini pastinya mempunyai fasilitas yang lebih lengkap dibanding hotel bintang 1.

Namun, harga yang ditawarkan juga masih sangat terjangkau dan berada di lokasi strategis. Beberapa hotel bintang 2 juga memiliki jaringan hotel yang tersebar di berbagai wilayah.

Hotel bintang 2 setidaknya mempunyai 20 kamar tipe standar (22 m2), 1 kamar tipe suite (44 m2), fasilitas dalam kamar yang lengkap, sirkulasi udara yang baik, penerangan minimum 150 lux, memiliki lobby, bar, dan fasilitas umum untuk tamu hotel.

Baca Juga: Liburan Hemat dan Nyaman, Praktikkan 7 Cara Pesan Hotel Berikut Ini!

3. Hotel Bintang Tiga, Memberikan Layanan yang Lebih Baik

fasilitas kamar hotel
(Foto fasilitas kamar hotel. Sumber: Unsplash.com)

Jika Eigerian mempertimbangkan kualitas layanan dari staf hotel, maka hotel bintang 3 menjadi pilihan yang cocok untuk menginap. Hotel bintang 3 didukung dengan fasilitas yang lebih baik dan pelayanan yang lebih profesional.

Secara lokasi, hotel bintang 3 biasanya berada di dekat kawasan bisnis, perbelanjaan, tol, dan mempunyai interior yang kekinian.

Hotel bintang 3 setidaknya mempunyai 30 kamar tipe standar (24 m2), 2 kamar tipe suite (48 m2), fasilitas kamar lengkap dengan toilet dan kamar mandi terpisah, memiliki restoran yang dikelola sendiri, tersedia valet parking, dan punya fasilitas yang lebih lengkap untuk tamu hotel.

4. Hotel Bintang Empat, Tipe Hotel Mendekati Sempurna

Hotel bintang 4 memiliki fasilitas dan layanan yang mendekati sempurna. Kelas jenis hotel ini cocok bagi Eigerian yang ingin menginap bersama keluarga atau staycation dalam waktu lama.

Secara lokasi, hotel bintang 4 pastinya berada di kawasan strategis. Hotel bintang 4 sangat cocok bagi kita yang lebih mengutamakan kenyamanan saat menginap.

Hotel bintang 3 setidaknya mempunyai 50 kamar tipe standar, 3 kamar tipe suite, fasilitas kamar yang lengkap termasuk kulkas dan dan brankas, layanan laundry, memiliki bar, lobby yang luas, water heater, dan sarana umum yang lebih lengkap.

Baca Juga: 9 Cara Naik Pesawat untuk Pemula Supaya Tak Ketinggalan

5. Hotel Bintang Lima, Hotel Dengan Fasilitas Super Lengkap

resort hotel
(Foto resort hotel. Sumber: Unsplash.com)

Jika Eigerian mencari hotel dengan kolam renang yang luas, jacuzzi, spa, restoran yang mewah, fasilitas kamar super lengkap, dan lokasi paling strategis, hotel bintang 5 adalah jawabannya.

Jenis hotel ini memiliki kualitas yang sempurna, baik dari segi eksterior, interior, maupun fasilitas dan layanannya. Hotel bintang 5 berada di pusat kota, kawasan bisnis, pusat perbelanjaan, dan tempat wisata.

Hotel bintang 5 memiliki minimal 100 kamar tipe standar, 3 kamar layanan restoran 24 jam, interior yang mewah, kebersihan kamar yang sangat baik, serta memiliki fasilitas dalam kamar yang super lengkap seperti jacuzzi, sofa, bath tub, dan balkon di tiap kamar.

Sebagian hotel bintang 5 bahkan mengusung konsep resort hotel, yaitu gabungan dari resort dan hotel. Artinya, setiap tamu yang datang bisa menikmati semua fasilitas rekreasi dari dalam kamar tanpa perlu keluar hotel.

Jika Eigerian ingin staycation atau liburan dalam waktu yang cukup lama, ada baiknya membawa tempat penyimpanan yang aman untuk pakaian kotor yang sudah digunakan. 

Kita bisa menggunakan perlengkapan mountaineering activity EIGER Dry Bag Strap yang dibuat dari bahan yang ringan dan tahan air.

Eigerian bisa menemukan dan membeli semua perlengkapan outdoor, riding, hingga mountaineering melalui Website Eiger Adventure Official dengan jaminan kualitas terbaik dan produk 100% original.

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru