HomeTips & TrickMountaineeringMenikmati 6 Manfaat Hutan Lindung, Pahami Regulasinya!

Menikmati 6 Manfaat Hutan Lindung, Pahami Regulasinya!

Menjadi salah satu negara dengan luas hutan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak area hutan lindung yang terus dirawat dan dilestarikan hingga saat ini. Meski cukup umum, tapi ternyata banyak lho yang belum tau definisi, manfaat, dan fungsi dari hutan tersebut.

Definisi umum dari hutan lindung sendiri sebenarnya bisa dilihat pada penjelasan UU Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Dalam regulasi tersebut dinyatakan:

‘Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, dan memelihara kesuburan.’

Baca Juga: Siap Jelajah Hutan Belantara? Cermati 3+ Rekomendasinya!

Lebih Jauh tentang Definisi Hutan Lindung

Hutan lindung
Sumber: freepik.com

Dari sumber lain, hutan lindung juga dapat dipahami sebagai sebuah wilayah yang berisi sumber daya alam berlimpah dengan potensi menghasilkan barang dan jasa yang mampu dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan menciptakan lingkungan yang stabil.

Dalam regulasi baku, yakni PP 44/2004 tentang Perencanaan Kehutanan dan Keppres No. 32/1990 tentang Pengelolaan Kawasan Lindung, setidaknya terdapat enam kriteria mengenai hutan jenis ini.

  • Pertama, memiliki lereng lapangan 40% atau lebih
  • Kedua, mempunyai ketinggian 2,000 meter di atas permukaan laut atau lebih
  • Ketiga, wilayah dengan faktor kelas lereng
  • Keempat, jenis tanah dan intensitas hujan setelah masing-masing dikalikan dengan angka penimbang mempunyai jumlah skor 175 atau lebih
  • Kelima, kawasan yang mempunyai kepekaan tinggi terhadap erosi dengan lereng lapangan lebih dari 15%
  • Keenam, daerah resapan air dan merupakan daerah perlindungan pantai

Menilik Fungsi dan Manfaatnya

Hutan lindung
Sumber: freepik.com

Lalu apa fungsi dan manfaat dari keberadaan hutan lindung ini?

Well, secara praktis, fungsi dari hutan jenis ini berkaitan dengan upaya menjaga kondisi lingkungan dan ekosistem yang ada, sehingga terdapat larangan keras untuk membuka kawasan hutan lindung untuk ladang, melakukan penebangan pohon, membakar lahan, mendirikan bangunan, dan berburu, atau melakukan aktivitas yang mengancam ekosistem lainnya.

Apakah ini artinya tidak ada kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan hutan ini secara legal? Tentu tidak. Ulasan lebih lengkap tentang kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di kawasan hutan lindung dapat Eigerian cermati di bagian berikutnya.

Sebelumnya, mari simak beberapa manfaat utama dari keberadaan hutan jenis ini terlebih dahulu.

1. Membantu Mencegah Bencana Alam

Manfaat pertama yang dapat dirasakan adalah membantu pencegahan banjir dan tanah longsor. Secara langsung, hutan ini akan didukung oleh pepohonan besar yang dapat membuat daya serap tanah menjadi tinggi, dan cengkeraman akarnya pada tanah sangat kuat.

Dua poin utama ini akan membuat air hujan yang jatuh mudah terserap, namun tetap menjaga tanah berada di tempatnya berkat ditahan oleh akar-akar pohon besar.

2. Memberikan Hasil yang Berlimpah

Secara umum hutan lindung juga dapat memberikan hasil yang berlimpah pada masyarakat. Hasil dari hutan sendiri dapat berbentuk buah, jamur, hingga aktivitas perburuan terkontrol pada fauna yang ada di dalamnya.

Tentu saja, hasil akan diperoleh dengan peraturan ketat, sehingga ekosistem dan keberlangsungan hutan lindung tetap terjaga.

3. Menjaga Siklus Air Tetap Ideal

Adanya vegetasi besar dan tanah yang stabil juga dapat menjaga siklus air tetap ideal. Air yang berlimpah ini akan dapat kembali digunakan oleh manusia, flora, dan fauna untuk menunjang kehidupan ekosistem setiap hari.

4. Menjadi Tempat Tinggal Masyarakat Adat

Di Indonesia sendiri, hutan lindung juga memberikan area tempat tinggal yang aman dan nyaman untuk banyak masyarakat adat. Dengan ekosistem yang ideal, masyarakat adat dapat dengan mudah memenuhi kebutuhannya dari hasil hutan, dan tetap menjaga tradisi yang mereka pegang.

Pada konteks lebih luas, masyarakat adat juga dapat menyediakan pengalaman baru untuk wisatawan yang ingin berkunjung dan merasakan cara hidup berbeda dari pola yang ada di perkotaan.

5. Area Rekreasi dan Wisata Hijau

Untuk Eigerian yang pernah berkunjung ke area hutan lindung, pasti setuju jika kawasan ini menawarkan ketenangan dan kesejukan yang menyenangkan. Udara segar yang dipadu dengan suara hewan di hutan membuat suasana semakin nyaman untuk siapa saja yang berkunjung ke sini.

6. Tempat Edukasi

Untuk mengenal flora dan fauna secara langsung, hutan jenis ini menjadi tempat yang tepat sebab pasti memiliki hewan dan tumbuhan yang khas. Jadi secara langsung seseorang bisa melihat bentuk fisik dari flora dan fauna di habitat aslinya, tanpa harus mengganggu kehidupan makhluk ini.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Kawasan Hutan Lindung

Hutan lindung
Sumber: EIGER Adventure

Sebenarnya Eigerian bisa beraktivitas dengan cukup leluasa di kawasan hutan ini, selama tidak menyalahi peraturan yang berlaku baik secara legal yang tertulis dalam regulasi baku, atau yang menjadi kepercayaan masyarakat sekitar.

Beberapa jenis kegiatan yang umumnya diperbolehkan adalah penjelajahan di kawasan yang diijinkan, kemudian penelitian, berkemah, berfoto dan membuat video, wisata dan menikmati pemandangan serta suasana, dan kegiatan lain yang sifatnya tidak merusak.

Bahkan pada beberapa hutan lindung, Eigerian juga bisa turut menikmati hasil nyata yang berasal dari produksi alami di kawasan hutan ini. Namun sekali lagi, semua kegiatan ini wajib tetap mengikuti aturan yang berlaku dan tanpa mengesampingkan nilai kepercayaan masyarakat adat atau masyarakat di sekitar kawasan hutan tersebut.

Baca Juga: 8 Gunung Favorit Pendaki yang Bisa Eigerian Jelajahi

Tentu untuk urusan penjelajahan kawasan hutan lindung sendiri, perlengkapan yang solid wajib menjadi hal yang dibawa untuk melindungi tubuh dan menjaga agar semua berjalan lancar. EIGER Adventure, senantiasa menawarkan produk handalnya untuk berbagai kegiatan di luar ruang, seperti eksplorasi kawasan hutan ini. Tidak sulit, kamu bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu. Agar lebih praktis dan mudah, kamu juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure yang sudah bisa kamu unduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya lebih lengkap dan dijamin ori. Dapatkan juga promo dan gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru