HomeTips & TrickLifestyleIni 5 Cara Merawat HP Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Ini 5 Cara Merawat HP Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

HP atau handphone, merupakan perangkat paling umum yang saat ini digunakan oleh masyarakat. Tak heran jika demikian banyak tips diberikan untuk cara merawat HP agar awet. Karena selain harganya yang cukup mahal, nilai dan informasi yang ada di HP juga cukup tinggi.

Nah, untuk kamu semua, kami sudah menyusun sedikit tips untuk merawat HP agar awet sehingga HP yang kamu miliki tidak cepat rusak. Dengan semua teknologi canggih yang kini ada dan disematkan, berikut beberapa cara merawat HP agar awet yang bisa kamu praktekkan.

Pertama, Gunakan Charger Asli

cara merawat HP agar awet
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Bisa dikatakan tips paling sederhana dari semua tips yang ada, adalah menggunakan perangkat charger asli yang merupakan pasangan dari HP kamu. Perangkat charger ini sudah didesain sedemikian rupa agar kompatibel dengan daya baterai, kemampuan pengisian, serta mesin yang ada di HP.

Jadi, daya listrik yang masuk juga bisa disesuaikan dan tidak berlebihan. Masalah paling sering muncul dari HP adalah baterai yang tak lagi dapat menampung daya maksimal, sehingga harus lekas di charge ulang. Hal ini juga mempertimbangkan fitur-fitur lain, seperti smart charging, atau fast charging, dan lain sebagainya.

Menggunakan HP Saat Di-Charge?

Selanjutnya, masih perihal baterai HP, adalah jangan menggunakan HP saat sedang di charge, terlebih untuk penggunaan berat seperti bermain game. Memang beberapa HP dijual dengan embel-embel gaming smartphone, tapi untuk urusan ini tetap harus dipertimbangkan.

Ketika daya diisi, maka idealnya HP berada dalam keadaan pasif. Artinya, sangat direkomendasikan HP tidak digunakan saat sedang di charge. Selain bisa mempercepat pengisian daya, hal ini juga bisa menjaga baterai HP tahan lebih lama.

Lagipula pengisian daya baterai HP saat ini tak memakan waktu lama, sekitar 1 hingga 2 jam pada batas maksimal dengan fitur fast charging yang disematkan. Jadi tak masalah bukan menunggu sejenak?

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bau Sepatu: Pakai Bahan Alami Saja!

Manajemen Memori

cara merawat HP agar awet
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Tips ketiga untuk cara merawat HP agar awet adalah manajemen memori yang baik. Kapasitas memori yang disediakan memang besar, namun ketika terus ditumpuk dengan aplikasi dari file terus menerus, maka tentu penggunaan ruang penyimpanan akan mencapai batasnya.

Tak semua foto, video, file dokumen, dan aplikasi kamu butuhkan untuk daily drive bukan? Jadi pindahkan saja file yang belum terpakai ke layanan cloud yang kamu miliki, dan optimalkan HP untuk aplikasi yang dibutuhkan secara rutin saja.

Memori yang terlalu penuh dapat memperlambat kerja HP, dan di waktu yang bersamaan memberatkan mesin untuk beroperasi.

Jauhkan dari Medan Magnet

Secanggih apapun HP yang kamu miliki, pasti memiliki komponen logam di dalamnya yang sensitif terhadap medan magnet. Maka dari itu, tips keempat yang bisa kami berikan adalah jauhkan HP dari medan magnet agar tak merusak perangkat keras yang ada di dalamnya.

Alat-alat elektronik seperti misalnya lemari pendingin, televisi, atau microwave, memiliki medan magnet yang besar. Maka dari itu, jauhkan HP atau jangan letakkan HP terlalu dekat dengan perangkat seperti ini dalam jangka waktu lama.

Cara Merawat HP Agar Awet : Case HP Tambahan

cara merawat HP agar awet

Produk case HP tambahan sekarang ini dijual bebas dan bisa dipilih. Tentu, untuk melindungi HP dari kerusakan fisik, kamu bisa menggunakan casing pelindung yang berkualitas dan dapat meningkatkan proteksi secara maksimal.

Selain hardcase yang dapat memberikan perlindungan layaknya exoskeleton pada HP, kamu juga bisa menggunakan produk seperti Eiger Graphon V.3 Phone Case. Sarung HP ini memberikan proteksi yang kuat karena memiliki bahan yang tebal, namun tetap terlihat modis.

Sarung HP seperti ini populer di kalangan masyarakat yang gemar melakukan kegiatan luar ruang, yang menuntut proteksi maksimal pada perangkat HP kesayangannya. Tak hanya membuatnya terlindungi dari goresan, namun sarung seperti ini akan melindungi pula dari suhu terlalu tinggi sehingga HP bisa tetap aman.

Selanjutnya dengan model yang sangat keren, kamu juga tak akan terlihat aneh saat menggunakan case ini. Justru jika dikombinasikan dengan tepat, case seperti ini akan terlihat makin keren dan memberikan kesan tangguh.

Baca Juga : Mudah Tapi Jitu, Begini Cara Mengatur Keuangan yang Tepat 

Eiger Adventure sendiri memiliki cukup banyak produk dengan segmen case HP. Dengan bahan yang berkualitas, desain yang cermat dan kekinian, serta proteksi maksimal, case seperti ini akan sangat cocok mendukung kegiatan yang kamu lakukan.

Bahkan pada beberapa produk, Eiger memberikan juga fitur waterproof yang dapat melindungi HP dari terpaan air dan hujan. Jadi kamu tak perlu cemas ketika harus mendaki gunung, atau melakukan trekking, atau berkegiatan di luar ruang karena HP akan selalu mendapat proteksi maksimal.

Tips dan cara merawat HP agar awet di atas bisa kamu praktekkan segera, untuk memberikan perlindungan pada HP kesayangan kamu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya, dan gunakan produk Eiger untuk mendukung kegiatan yang kamu lakukan setiap hari!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments