HomeTips & TrickGreen & Healthy7 Cara Cepat Tidur yang Bisa Kamu Coba

7 Cara Cepat Tidur yang Bisa Kamu Coba

Kegiatan yang padat mengharuskan tubuh mendapat istirahat yang cukup. Tak jadi masalah jika kamu memiliki pola tidur yang teratur dan tidak bermasalah dengannya. Namun untuk kamu yang susah tidur, ada baiknya kamu melihat beberapa cara cepat tidur di artikel ini.

Gangguan sulit tidur dialami cukup banyak orang, dan sebenarnya perlu mendapat perlakuan yang tepat. Pasalnya dengan kacaunya jam dan pola tidur, bisa berdampak buruk pada kesehatan dalam jangka panjang. Maka dari itu, memahami cara tidur dengan cepat bisa jadi solusi yang dibutuhkan.

Kaum manusia susah tidur merapat, ini cara cepat tidur yang bisa kamu coba atau bagikan ke orang yang kamu kenal!

1. Jam TIdur

tidur sleep timer
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Memiliki jam tidur teratur bisa jadi solusi pertama yang kamu coba. Memang, tidak mudah untuk membuat jam tidur ketika gangguan sulit tidur dialami. Namun dengan membiasakan diri berkegiatan di siang hari, tubuh bisa kembali pada jam biologisnya.

Saat waktu sudah menunjukkan jam tidur, maka kamu harus benar-benar disiplin untuk mencoba tidur. Pejamkan saja mata sekitar 5 hingga 10 menit tanpa melakukan apa-apa dan tanpa memikirkan apa-apa. Secara alami otak akan merasa bosan, dan kamu bisa tidur lebih cepat.

2. Matikan Lampu dan Gadget

Mematikan lampu dan meletakkan gadget bisa juga membantu kamu lebih cepat tertidur. Mungkin mematikan lampu bukan masalah besar. Tapi bagaimana dengan meletakkan gadget sebelum tidur?

Kebanyakan orang berpikir bahwa ketika belum mengantuk, bermain gadget akan membantu mata cepat terlelap. Mata memang akan merasakan lelah ketika menatap layar gadget, namun biasanya rasa kantuk justru tak kunjung datang.

Jadi jika ingin kamu coba, matikan lampu, minum segelas air putih, lalu letakkan gadget.

3. Aktivitas Fisik Di Pagi hingga Sore Hari

olahraga

Bekerja di kantor atau di rumah akan membuat kamu memiliki screen time yang tinggi. Apalagi untuk kamu yang merupakan pekerja kekinian, yang semua urusan diselesaikan lewat layar laptop atau layar smartphone.

Imbangi hal ini dengan kegiatan fisik yang cukup intens sehingga tubuh juga mendapatkan gerakan yang diperlukan. Kelancaran aliran darah gerakan fisik dapat membantu tubuh merasakan lelah, sehingga ketika malam tiba kantuk lebih cepat datang.

Baca Juga : Mengenal Manfaat dan 3 Tips Bike To Work, Klik Di Sini!

4. Hindari Makanan Berlemak, Pilih yang Berkarbo

Untuk menu makan malam yang kamu pilih, usahakan menghindari makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Lemak memerlukan waktu yang cukup panjang untuk dipecah dan dicerna oleh tubuh, sehingga membuat tubuhmu ‘menolak’ beristirahat meskipun malam sudah larut.

Pada waktu makan malam, kami lebih merekomendasikan makanan dengan kandungan Karbohidrat tinggi dalam porsi yang cukup. Kandungan ini bisa membantu tubuh merasakan kantuk lebih cepat, sehingga bisa jadi salah satu cara cepat tidur yang efektif.

Satu lagi, perhatikan jarak antara jam makan dan jam tidur, sebisa mungkin jangan terlalu berdekatan.

5. Latihan Pernapasan Sederhana

tentram
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Seorang akan sulit tidur ketika tidak merasa rileks. Salah satu cara agar bisa lebih rileks, adalah dengan belajar cara pernapasan sederhana.

Cara cepat tidur ini bisa dipraktekkan asal kamu mau sedikit berusaha. Setidaknya kamu bisa mencoba dua pola pernapasan untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks.

Pertama, adalah dengan tarikan nafas sebanyak empat hitungan, tahan sebanyak tujuh hitungan, dan hembuskan perlahan melalui mulut dengan delapan hitungan.

Kedua, adalah dengan pola dua kali tarikan napas, dan hembuskan perlahan sampai habis melalui mulut. Jika dilakukan secara rutin sebelum tidur, maka tubuh bisa merasa rileks lebih cepat.

6. Cara Cepat Tidur : Mandi Air Hangat

Bukan berarti ketika mandi air hangat kemudian kamu merasa mengantuk, namun rasa nyaman yang ditimbulkan setelah mandi air hangat bisa jadi pemicu kantuk datang lebih cepat. Kamu bisa mencobanya ketika sampai di rumah setelah beraktivitas atau menjelang tidur.

Air hangat yang digunakan untuk mandi membantu tubuh mendapatkan rasa rileks alih-alih air dingin. Sebaliknya, mandi air dingin di malam hari justru akan membuat kamu merasa segar, dan semakin sulit untuk tidur.

7. Gunakan Pakaian yang Nyaman

yang nyaman

Tips terakhir untuk cara cepat tidur adalah menggunakan pakaian yang nyaman, yang memang diperuntukkan guna beristirahat di malam hari. Pakaian-pakaian seperti ini secara khusus dibuat dengan bahan yang nyaman dan menjaga agar tubuh tetap bisa bernafas sehingga tidak terasa pengap.

Bukan rahasia tentu jika Eiger Adventure memiliki produk ini di kategori comfort wear. Kamu bisa langsung mendatangi lama produknya untuk melihat varian yang tersedia.

Baca Juga : 5 Makanan Sehat yang Justru Sering Dihindari dalam Menu

Itu tadi beberapa cara cepat tidur yang bisa kamu coba malam nanti. Semakin cepat tidur, maka semakin panjang pula waktu istirahat yang kamu miliki untuk mengisi kembali tenaga.

Cara cepat tidur di atas tentu merupakan hal yang bersifat umum dan bisa dicoba siapa saja. Dengan dukungan comfort wear dari Eiger Adventure, dapatkan tidur yang lebih berkualitas dan lebih optimal. Semoga artikel ini berguna, dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments