HomeTips & TrickRidingYuk, Kenalan dengan Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor!

Yuk, Kenalan dengan Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor!

Komunitas motor menjadi wadah yang tepat bagi anak motor. Sebagai anggota, setiap anak motor memiliki kesempatan untuk berkenalan dan mendapatkan wawasan lebih luas seputar motor. Selain itu, salah satu yang menjadi daya tarik untuk bergabung dengan klub atau komunitas motor adalah kegiatan rutin berkendara yang dilakukan. 

Ada 11 istilah yang paling sering dipakai saat sedang kumpul dengan anak motor. Istilah ini bisa buat kita lebih asyik saat motoran, utamanya ketika terlibat dalam obrolan sesama pecinta motor. Apa saja 11 istilah tersebut?

1. Kopdar

Kopdar adalah akronim dari “kopi darat” yang diartikan sebagai kegiatan kumpul-kumpul sesama anggota club, komunitas, atau sebuah forum otomotif. Kopi darat sendiri pada umumnya dilakukan setiap satu minggu sekali, di mana hari yang dipilih bervariasi tapi biasanya mengambil akhir pekan. Dalam kegiatan ini biasanya diisi dengan diskusi, perkenalan anggota baru, atau sekadar membahas kegiatan yang akan dilakukan ke depan.

2. Kopgab

Serupa dengan kopdar, hanya saja kopgap skalanya lebih besar. Kopgab sendiri merupakan singkatan dari “kopi darat gabungan” yang diikuti lebih dari 1 club atau komunitas. Tujuan utama dari kegiatan kopgab ini adalah bertemu dengan komunitas lain di satu titik tertentu yang garis besarnya untuk memperkuat hubungan antar komunitas.

3. Jamnas

Jamnas adalah jambore nasional, yang lebih fokus pada sebuah pertemuan besar, pesta besar, atau perayaan besar. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh sebuah club atau komunitas dengan skala nasional, atau sederhananya memiliki chapter di beberapa daerah di Indonesia. Jambore dalam KBBI diartikan sebagai pertemuan, di mana awal kata jambore sangat populer digunakan untuk acara kepramukaan sampai dengan acara partai politik. Namun saat ini jambore sudah lazim digunakan pada acara komunitas yang digelar secara besar-besaran.

4. Rolling

Istilah rolling ini masih ada kaitannya dengan 3 istilah sebelumnya. Biasanya, rolling ini akan dilakukan setelah acara kopdar, kopgab, atau jamnas. Rolling sendiri merupakan sebuah kegiatan untuk mengelilingi suatu wilayah tertentu dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

5. Sunmori

anak motor

Istilah satu ini baru-baru saja ngetren di kalangan anak motor, yaitu Sunday Morning Ride. Sesuai dengan namanya, para bikers akan menggelar kegiatan berkendara baik dalam jumlah banyak atau sedikit, yang pasti dilakukan pada Minggu pagi.

Baca juga: Sunmori adalah Bentuk Kegiatan Luar Ruang, Perhatikan Hal Ini!

6. Road Captain (RC)

RC yang merupakan akronim dari Road Captain tanggung jawab penuh atas kelancaran dan keselamatan para rombongan touring-nya. Dalam beberapa hal, RC bahkan memiliki tanggung jawab untuk mengurus administrasi keamanan seperti surat izin jalan dari kepolisian dan menjadi petunjuk arah untuk lokasi yang dituju.

7. Safety Officer (SO)

SO biasanya bertugas untuk memastikan jalur yang akan dilewati adalah rute yang aman dan bisa dilalui. SO akan berkomunikasi secara intens dengan Voorijder dalam mengatur kecepatan motor anggota touring. Seorang SO harus paham situasi dan jalur yang akan dilalui, biasanya posisi SO ini akan berada paling depan setelah RC.

8. Voorijder (VO)

Voorijder memiliki tugas krusial saat touring, yaitu memimpin perjalanan rombongan dengan mengatur ritme kecepatan seluruh anggota selama perjalanan dengan dasar masukan dari SO, SW, dan RC. Mereka biasanya akan memberi tanda khsusus untuk memberikan keselamatan rombongan, dan wajib disampaikan secara berantai oleh seluruh anggota touring di belakangnya.

9. Sweeper (SW)

Sweeper ini juga masih masuk sebagai petugas ketika touring berlangsung. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan barisan rombongan rapi tidak tercecer. Biasanya sweeper akan dibagi menjadi 2 kategori, pertama sweeper tengah dan sweeper belakang. Sweeper sering berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan, dan bertugas untuk mengingatkan dan memperjelas perintah dari seorang voorijder.

10. Technical Officer

Risiko menempuh perjalanan jauh salah satunya adalah kondisi mesin, apalagi jika terjadi kerusakan di tempat yang jauh dari bengkel. Maka, di sinilah peran technical officer dibutuhkan. Technical Officer bertugas untuk membawa perkakas perbengkelan, dan biasanya motor seorang technical officer ini dilengkapi dengan box untuk menyimpan perkakas-perkakas tersebut.

11. Tourjib dan Tourgab

anak motor

Jika kita ikut dalam satu komunitas dan club tertentu, biasanya akan diminta untuk melakukan Tourjib dan Tourgab. Tourjib adalah singkatan dari touring wajib, di mana seluruh anggota harus mengusahakan untuk ikut dalam kegiatan touring dengan destinasi perjalanan yang bervariasi. Bisa dekat, jauh, atau sangat jauh. Berbeda dengan Tourjib, Tourgab memiliki arti sebagai touring gabungan, yang umumnya kegiatan ini dilakukan oleh beberapa komunitas untuk ikut dalam suatu acara tertentu dan tak semua anggota komunitas harus hadir.

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini, Saat Memilih Sepatu Touring

Itulah beberapa istilah yang paling sering dipakai anak motor. Supaya semakin dapat feel anak motornya, kita memang perlu tahu bahasa-bahasa unik tersebut. Hal ini bisa jadi akan membuat kita semakin asyik berkendara jika terlibat dalam obrolan dengan sesama pecinta motor. Berbagai perlengkapan naik motor bisa didapatkan secara mudah dengan cara belanja online di website Eiger Adventure Store. Dapatkan promo menariknya, cek di sini!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments