HomeTips & TrickRidingSunmori adalah Bentuk Kegiatan Luar Ruang, Perhatikan Hal Ini!

Sunmori adalah Bentuk Kegiatan Luar Ruang, Perhatikan Hal Ini!

Mungkin sebagian besar dari kamu yang membaca artikel ini sedang mencari tahu apa itu Sunmori. Kegiatan yang beberapa waktu belakangan ini sedang cukup hype di kalangan masyarakat ini ternyata sudah dilakukan jauh-jauh hari. Sunmori adalah satu rutinitas, untuk rider atau pengendara motor.

Mungkin untuk kamu yang baru saja memasuki dunia riding, atau setidaknya memiliki beberapa teman yang hobi bermotor, kegiatan ini bisa jadi alternatif menarik mengisi akhir pekan. Perjalanan bersama menuju satu objek tertentu, akan terasa seru dan menyenangkan.

Tapi alangkah baiknya jika kamu juga memahami, apa itu sunmori, apa saja tips agar perjalanan lancar, serta manfaat sunmori secara umum.

Sunmori Adalah….

sunmori adalah

Sunmori adalah singkatan dari Sunday morning riding, secara harfiah berarti kegiatan berkendara di hari Minggu pagi. Kegiatan ini populer di kalangan komunitas motor, sebagai sarana bersilaturahmi, menjelajah bersama, atau sekedar menghabiskan waktu saja berkendara di atas motor kesayangan.

Namun demikian definisinya tentu tak sekaku itu. Sunmori yang sekarang dikenal masyarakat luas justru diartikan secara umum, yakni kegiatan berkendara di Minggu pagi. Tak selalu melibatkan komunitas, tak jarang pula kegiatan ini dilakukan hanya berdua dengan pasangan atau beberapa teman saja.

Secara umum sebenarnya tujuannya sama, yakni menikmati Minggu pagi dengan berkendara di atas motor sambil melihat pemandangan, menikmati hembusan angin, atau mengunjungi tempat wisata tertentu yang seru.

Tips Agar Sunmori Berjalan Lancar dan Tetap Aman

sunmori adalah

Tentu saja karena melibatkan kendaraan bermotor dan perjalanan, yang biasanya, jauh, maka kamu wajib memahami benar konsep safety riding. Selain itu, beberapa tips berikut ini bisa jadi acuan agar sunmori-mu berjalan dengan lancar.

Gunakan Helm Berstandar Nasional

Wajib dan harus dipastikan, kamu dan semua orang yang turut dalam kegiatan sunmori mengenakan helm dengan standar nasional. Sunmori adalah kegiatan di jalanan, dan resikonya besar. Maka sisi keamanan bagian kepala ini harus jadi prioritas.

Pakaian Berkendara yang Layak

Mulai dari jaket, baju, celana, hingga sepatu dan sarung tangan, pastikan semua merupakan perangkat yang berkualitas dan berfungsi optimal dalam melindungi kamu saat berkendara. Memang tak selalu harus mengenakan pakaian khusus riding, tapi ada baiknya kamu menggunakan pakaian jenis tersebut agar aman. Jika bingung, kamu bisa mencari inspirasi di sini.

Protokol Kesehatan Ketat

Mengingat kondisi pandemi yang belum benar-benar selesai, penerapan protokol kesehatan tetap harus jadi prioritas. Karena sunmori adalah salah satu bentuk kegiatan luar ruang, maka protokol kesehatan yang benar juga harus jadi perhatian semua orang. Paling sederhana, ketika singgah di satu tempat untuk istirahat sejenak, pastikan tetap menjaga jarak dan menjaga kebersihan.

Safety Riding

Terakhir untuk tips sunmori adalah penerapan safety riding yang baik dan benar. Sebagai seorang rider, atau seorang yang mengendarai motor dalam jarak jauh, keselamatan berkendara wajib jadi prioritas semua orang. Jadi, pelajari dengan baik konsep ini dan pastikan diterapkan dengan baik pula.

Ketiga, Mengenai Manfaat Sunmori

sunmori adalah

Kegiatan sunmori, baik dilakukan sendirian, berpasangan, atau bersama teman-teman kamu, membawa manfaat positif yang cukup besar. Tentu, tingkat stres akan jauh berkurang ketika kamu berkendara dan merasa nyaman di atas motor. Tapi, ada beberapa manfaat lain yang juga tak kalah baik.

Fokus yang Lebih Terasah

Jangan salah, meski sunmori adalah kegiatan santai, namun ternyata berkendara bersama teman-teman dalam rombongan atau sendiri bisa meningkatkan fokus. Pikiran yang terbiasa fokus akan lebih mudah dalam menyelesaikan masalah.

Ketenangan Perasaan dan Pikiran

Berkendara dengan santai juga dapat membawa ketenangan, baik pada perasaan atau pada pikiran, sehingga mood menjadi jauh lebih baik. Hal ini penting, sehingga kamu bisa  berpikir jernih dalam menghadapi tantangan.

Manfaat Kesehatan, Fungsi Otak dan Kognitif

Secara langsung, kamu akan mendapatkan udara segar di pagi hari. Selain itu koordinasi gerakan kaki dan tangan, serta upaya menjaga keseimbangan ternyata sangat baik untuk melatih fungsi otak serta sektor kognitif yang dimiliki.

Kebersamaan yang Terpupuk

Ketika kamu berkendara dan sunmori bersama teman-teman, secara langsung rasa kebersamaan akan terpupuk. Perasaan saling terkait satu sama lain ini bisa jadi perekat tali persaudaraan, dan sikap komunal antara semua rider yang turut serta dalam sunmori ini.

Cukup banyak juga bukan manfaatnya?

Setelah mengetahui sedikit lebih banyak mengenai apa itu sunmori, bagaimana menurut kamu? Apakah kamu jadi semakin tertarik untuk mengajak teman-temanmu melakukan sunmori bersama-sama?

Yang harus selalu dipastikan, sekali lagi, bahwa sunmori adalah salah satu bentuk kegiatan luar ruang yang memiliki resiko keselamatan. Jadi penggunaan gear terbaik untuk mendukung keselamatan serta penerapan konsep safety riding yang ketat wajib jadi perhatian semua orang. Tentu saja urusan gear untuk riding terbaik bisa kamu temukan di Eiger Adventure. Jadi tak perlu bingung, cukup kunjungi saja laman produknya dan dapatkan gear terbaik untuk kamu gunakan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments