HomeTips & TrickMountaineeringDeretan Gunung di Jawa Timur dengan Pemandangan Indah, Cocok untuk Pemula!

Deretan Gunung di Jawa Timur dengan Pemandangan Indah, Cocok untuk Pemula!

Tahukah Eigerian, mendaki gunung dengan pemandangan indah bisa memberikan berbagai manfaat untuk refreshing dan kesejahteraan secara keseluruhan, lho. Bagi Eigerian yang ingin melepas penat, mendaki gunung di Jawa Timur dengan pemandangan indah bisa jadi pilihan yang tepat.

Menikmati pemandangan alam yang indah memang bisa membantu melepaskan stres dan ketegangan yang mungkin Eigerian alami dari rutinitas sehari-hari. Udara segar, lingkungan yang tenang, serta keindahan alam dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Selain itu, aktivitas fisik seperti mendaki gunung juga telah terbukti meningkatkan kesehatan mental. Endorfin atau hormon bahagia, akan dilepaskan selama aktivitas fisik yang intens seperti mendaki, sehingga dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Lebih dari itu, memiliki waktu untuk menyatu dengan alam dan menikmati pemandangan indah juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan kreativitas. Bagaimana, semakin tertarik untuk mendaki gunung di Jawa Timur?

Gunung di Jawa Timur dengan Pemandangan Indah

gunung di jawa timur
Sumber: Eiger Adventure

Berikut ini adalah beberapa gunung di Jawa Timur yang menawarkan pemandangan indah dan cocok untuk pendaki pemula:

  1. Gunung Penanggungan: Terletak di Kabupaten Pasuruan, gunung ini memiliki jalur pendakian yang relatif mudah dan sesuai untuk pemula. Dari puncak, Eigerian bisa menikmati pemandangan hijau dan udara segar serta mengunjungi beberapa candi peninggalan sejarah Hindu-Buddha di kaki gunung.
  2. Gunung Bromo: Gunung Bromo yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu sulit dan bisa diakses oleh pemula. Dari puncak Bromo, Eigerian akan disuguhi pemandangan kawah yang indah, lautan pasir, serta latar belakang Gunung Semeru yang menjulang tinggi.
  3. Gunung Kelud: Meskipun pernah meletus, Gunung Kelud telah menjadi tujuan wisata yang aman dengan jalur pendakian yang relatif mudah dan cocok untuk pemula. Dari puncak, Eigerian dapat melihat kawah yang luas dan danau kawah yang indah.
  4. Gunung Panderman: Terletak di Kota Batu, Gunung Panderman juga menawarkan jalur pendakian yang relatif mudah sehingga cocok bagi Eigerian yang masih pemula. Dari puncak Panderman, Eigerian dapat menikmati panorama Kota Batu dan sekitarnya yang memukau.
  5. Gunung Kawi: Gunung Kawi terletak di Kabupaten Malang, gunung ini memiliki jalur pendakian yang tidak terlalu sulit dan sesuai untuk pemula. Dari puncak, Eigerian dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar gunung.

Baca juga: Trekking Gunung Api Nglanggeran, Usianya Puluhan Juta Tahun 

Mendaki Gunung di Jawa Timur untuk Refreshing

gunung di jawa timur
Sumber: Eiger Adventure

Mendaki gunung memang bisa menjadi cara yang bagus untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendaki gunung di Jawa Timur demi refreshing:

  1. Pilihlah gunung yang paling sesuai dengan tingkat kemampuan dan pengalaman mendakimu. Jika Eigerian adalah pemula, pilihlah gunung dengan jalur pendakian yang relatif mudah dan tidak terlalu tinggi.
  2. Buatlah perencanaan yang matang sebelum mendaki, termasuk memilih rute pendakian, memeriksa cuaca, hingga menyusun peralatan serta perlengkapan yang diperlukan.
  3. Pastikan Eigerian membawa perlengkapan pendakian yang sesuai, seperti sepatu yang nyaman dan kuat, pakaian yang sesuai dengan cuaca dan suhu di gunung, serta perlengkapan lain seperti air minum, makanan ringan, peta, kompas, dan lain sebagainya.
  4. Sebelum mendaki, pastikan Eigerian dalam kondisi fisik yang baik. Lakukan latihan fisik ringan untuk mempersiapkan tubuh, terutama jika Eigerian tidak terbiasa dengan aktivitas fisik yang intens.
  5. Pada saat mendaki, nikmatilah keindahan alam sekitar secara sadar. Berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan, mendengarkan suara alam, serta menyegarkan pikiran dari kepenatan sehari-hari.
  6. Tips berikutnya, selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan melindungi lingkungan selama pendakian. Bawalah pulang semua sampah dan hindari merusak flora dan fauna setempat.
  7. Jangan lupa sempatkan untuk istirahat secara teratur selama pendakian untuk memberi tubuh waktu untuk beristirahat dan memulihkan energi. Jangan lupa juga untuk minum air secara teratur untuk menghindari dehidrasi, ya!
  8. Pastikan untuk selalu mendengarkan tubuh dan jangan paksakan diri jika merasa lelah atau tidak nyaman. Jika merasa kondisi fisik tidak memungkinkan untuk melanjutkan pendakian, lebih baik berhenti dan kembali di lain waktu.
  9. Terakhir, jangan lupakan untuk bersenang-senang selama mendaki gunung. Nikmatilah petualangan, jalin persahabatan dengan sesama pendaki, dan buatlah pengalaman mendaki gunung menjadi momen yang menyenangkan dan berkesan.

Baca juga: 7 Karakter Pendaki Gunung Sejati untuk Pondasi Kehidupan

Ingat, ya! Sebelum mendaki, pastikan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan membawa perlengkapan yang cukup, seperti pakaian dan sepatu yang nyaman, air minum, makanan ringan, peta, dan lain-lain. Selain itu, selalu periksa kondisi cuaca dan persyaratan izin pendakian sebelum berangkat. Dengan persiapan yang baik, pendakian gunung di Jawa Timur tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan bagi pendaki pemula.

Untuk keperluan pendakian, Eigerian bisa menyiapkan tas carrier, celana gunung, jaket gunung, sarung tangan, sleeping bag, alat masak, lampu senter, sepatu, dan item lainnya. Semuanya bisa Eigerian dapatkan di website resmi EIGER Adventure atau bisa langsung mengunjungi EIGER Adventure Store (EAS) terdekat di kotamu.

Selain itu, Eigerian juga bisa belanja lewat mobile apps EIGER Adventure untuk mendapatkan pengalaman belanja yang lebih mudah dan praktis. Yuk, langsung unduh aplikasinya di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS. Produknya tersedia lebih lengkap, dan ada banyak promo menarik serta gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia yang sayang jika dilewatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru