HomeTips & TrickMountaineeringInilah 7 Fungsi Pisau Outdoor untuk Kegiatan di Alam Bebas

Inilah 7 Fungsi Pisau Outdoor untuk Kegiatan di Alam Bebas

Perlukah Eigerian membawa pisau outdoor yang digunakan untuk survive saat berkegiatan di alam? Apa alasannya?

Petualangan di alam bebas sangat membutuhkan persiapan yang matang mulai dari pengetahuan memadai, perlengkapan, rencana darurat hingga kondisi fisik dan mental yang kuat. Ini karena kondisi alam terkadang cukup sulit diprediksi, termasuk potensi ancaman bahaya yang menghampiri. 

Sebagai petualang sejati, Eigerian wajib mendalami pengetahuan seputar teknik menghadapi kondisi darurat yang mengharuskan untuk bertahan hidup di alam atau disebut sebagai survival.

Namun, dalam survival, segala kemungkinan baik maupun buruk bisa saja terjadi. Artinya, Eigerian perlu menerapkan Bushcraft, yaitu sebuah skill untuk membuat hidup jadi lebih nyaman saat berada di alam bebas dan tidak perlu dalam kondisi darurat.

Untuk mewujudkan bertahan hidup secara optimal, Eigerian wajib melengkapi setiap penjelajahan di alam dengan peralatan survival kit, salah satunya pisau outdoor. 

Mari kita bahas mengenai fungsi, cara memilih pisau yang tepat, hingga rekomendasi pisau outdoor terbaik dari Eiger Adventure!

Apa Saja Fungsi Pisau Outdoor?

Sumber: eigeradventure.com

Alat sederhana namun sangat berguna seperti pisau, memiliki banyak fungsinya ketika berkegiatan di alam bebas. Mulai dari alat untuk memotong, bertahan hidup, alat pertahanan diri, alat memasak, berburu bintang, dan lain sebagainya.

Dengan bantuan pisau, semakin mempermudah kebutuhanmu selama menjelajah alam. Seperti menguliti ikan yang baru ditangkap di sungai misalnya, menjadi hal yang cukup membantu Eigerian saat mengambil bahan makanan dari alam.  

Berikut adalah beberapa fungsi pisau outdoor yang digunakan ketika bertualang di alam:

1. Digunakan untuk Bertahan Hidup

Survival knife sangat penting bagi setiap petualang ketika mengeksplorasi alam. Biasanya, pisau yang digunakan memiliki bilah yang terkunci pada tempatnya, lapisannya tebal, dan dari material kokoh yang anti patah.

Meski tidak dapat dilipat, survival knife dibuat dari material yang kokoh dan ujungnya tajam dan bergerigi. Fungsi pisau ini dapat digunakan untuk memotong kayu, menguliti dan membuang isi perut hewan buruan, membuat jebakan, dan lainnya.

Jika Eigerian akan melakukan petualangan outdoor yang panjang dan melelahkan, pisau serbaguna ini adalah pilihan yang tepat untuk mempermudah aktivitas selama berkegiatan di alam.

Baca juga: Dasar-Dasar Survival dan Kemampuan yang Wajib Eigerian Kuasai

2. Mencari Kayu Bakar dan Menyalakan Api Unggun

Saat berada di alam bebas, menyalakan api unggun adalah kebutuhan untuk bertahan hidup di alam. Untungnya, keberadaan pisau khusus untuk kegiatan outdoor sangat membantu untuk mengumpulkan, memotong, dan menyalakan kayu bakar.

Kamu bisa menggunakan pisau yang tajam untuk menyerut kulit pohon, memotong dahan mati, membelah kayu atau menebang pohon kecil sebagai bahan bakar api unggun. Pisau juga berfungsi untuk menyalakan api menggunakan stik fire starter, seperti produk Coghlans Magnesium Fire Starter.

Sumber: eigeradventure.com

3. Alat Pemotong Serbaguna

Fungsi utama penggunaan pisau adalah untuk memotong banyak hal. Pisau yang bagus harus memiliki bilah yang tajam untuk memotong tali, memotong semak belukar, atau memasak bahan makanan dari alam.

4. Alat untuk Mencongkel

Pisau untuk berkegiatan alam dengan ujung yang kokoh bisa digunakan untuk mencongkel (membuka atau memisahkan) sesuatu.

5. Membangun Kemah atau Shelter

Selain digunakan untuk memotong kayu bakar dan alat memasak, pisau juga berfungsi untuk membangun kemah atau shelter sebagai tempat berlindung ketika berada di alam. 

Pisau digunakan untuk memotong dahan pohon sebagai tiang penyangga, memotong tali, menggali tanah untuk pasak tenda, hingga dipakai untuk memasang tiang tenda agar kokoh berdiri.

6. Pertahanan Diri

Dalam situasi bertahan hidup yang ekstrem, di mana kamu benar-benar berada di alam liar dengan tanpa senjata lain, pisau bisa diandalkan untuk melindungi diri dari ancaman hewan buas dan lainnya.

Memang situasi ini kecil kemungkinan terjadi ketika semuanya telah dipersiapkan dengan hati-hati, namun lebih baik kamu membawa pisau untuk berjaga-jaga meskipun tidak dibutuhkan untuk pertahanan diri.

7. Mencari Bahan Makanan di Tanah

Mungkin kamu tidak berpikiran hal ini sebelumnya. Namun, pisau juga bisa digunakan untuk menggali tanah untuk mencari bahan makanan di dalamnya. Contohnya seperti menggali tanah untuk mencari umbi-umbian atau lainnya.

Baca juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Masak di Alam Bebas?

Cara Memilih Pisau Outdoor yang Tepat dan Aman

Setelah memahami fungsinya, tentunya kamu perlu tahu tentang bagaimana cara memilih pisau outdoor yang tepat dan aman selama berkegiatan di alam bebas. 

Sumber: eigeradventure.com

1. Sesuaikan Ukuran Pisau dengan Aktivitas Outdoor

Fixed blade adalah jenis pisau outdoor yang disarankan untuk bertahan hidup di alam liar (bushcraft). Pisau ini memiliki material yang kuat dan tahan banting, sehingga cocok untuk tugas-tugas ringan hingga berat, Umumnya, ukuran panjangnya sekitar 15-30 cm dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Pisau berukuran pendek cocok untuk kegiatan camping, biasanya dipakai untuk mengolah makanan atau memotong tali. Dengan ukuran yang pendek tentu semakin praktis untuk dibawa.

Untuk tugas yang lebih berat, sebaiknya gunakan pisau yang lebih panjang. Semakin panjang ukurannya, pisau cocok digunakan untuk batoning (membelah kayu) dan memotong dahan pohon. 

2. Memilih Material Pisau yang Kokoh 

Berikut adalah material yang biasa digunakan untuk membuat bilah pisau yang kuat dan tajam:

  • Baja karbon, mudah diasah sampai benar-benar tajam. Produk pisau ini cocok digunakan untuk tugas berat, seperti membelah kayu dan memotong dahan pohon. Jika jarang dibersihkan, baja karbon mudah berkarat. Pisau baja karbon terasa kokoh saat digenggam dan nyaman digunakan.
  • Baja H1, cocok untuk kegiatan di laut, seperti memancing atau menyelam. Material ini memiliki kemampuan anti karat yang tinggi meskipun terendam di air. Dibandingkan baja karbon, ketajaman pisau baja H1 memang masih kalah. Namun semakin mahal harganya, tingkat ketajamannya semakin baik.
  • Stainless steel bersifat tahan karat sehingga mudah dirawat. Pisau stainless steel banyak digunakan sebagai perkakas rumah tangga, seperti pisau dapur. Meski tidak memerlukan perawatan khusus, namun kekuatannya tidak sebaik material baja karbon.

3. Perhatikan Bentuk Bilah Pisau yang Memengaruhi Ketajamannya

Pisau akan berfungsi dengan baik juga tergantung pada bentuk bilahnya yang memengaruhi ketajaman pisau. Drop point adalah tipe pisau yang paling umum dipakai ketika camping karena cukup tajam dan kokoh. Ciri khasnya adalah memiliki punggung bilah yang datar dan di ujungnya sedikit menukik. Untuk keperluan berburu, kamu bisa memilih pisau spear point yang lebih tajam meski tidak sekuat tipe drop point. 

4. Untuk Pisau Lipat, Pastikan Dapat Dikunci agar Lebih Aman

Jenis pisau lipat jauh lebih praktis ketika dibawa ke alam bebas karena bilahnya dapat dilipat ke dalam gagang pisau. Meski praktis, namun pisau lipat kurang tajam dibandingkan fixed blade. Pisau lipat biasanya dipakai untuk tugas-tugas ringan, seperti memasak, memotong ranting, dan lainnya. 

Pastikan pisau lipat memiliki fungsi pengunci untuk melipat pisau di sisi belakang gagang. Meski telah dilengkapi fitur pengunci, tetap berhati-hati saat memakai pisau lipat. 

Rekomendasi Produk Pisau untuk Berkegiatan di Alam

1. EIGER BUSHCRAFT KNIFE 1.0 KNIVES – Rp799.900

Sumber: eigeradventure.com

Dalam jelajah alam, selain memiliki skill bertahan hidup di alam, memiliki produk survival kit adalah kuncinya. Lengkapi kebutuhan peralatan survival kit dari salah satu rangkaian Bushcraft Series, yaitu Bushcraft Knife 1.0. 

Bilah pisau Bushcraft ini terbuat dari material baja karbon yang cocok digunakan untuk skining, crushing, dan batoning. Gagang pisau Bushcraft ini memakai material kayu sonokeling yang dikenal awet dan kuat.

Panjang bilah pisaunya sekitar 13 cm dan panjang gagangnya 11,5 cm. Pisau ini mudah dibawa kemana pun dan dilengkapi dengan sarung berbahan kulit untuk menyimpan pisau saat tidak dipakai.

2. EIGER FOLDING KNIFE-BONGKENG SERIES KNIVES – Rp135.150

Sumber: eigeradventure.com

Fish Baung adalah perlengkapan yang sangat berguna untuk dibawa dan pasti digunakan saat menjelajah hutan maupun aktivitas sehari-hari.

Sebagai salah satu produk Bongkeng Series, pisau lipat survival ini dirancang khusus berdasarkan kebutuhan dan pengalaman. Dibuat dari material 420 stainless steel yang kuat, tahan lama, dan anti karat. 

3. EIGER NING KNIFE 3941 KNIVES

Sumber: eigeradventure.com

Produk pisau outdoor berikutnya adalah Eiger Ning Knife 3941, pisau yang sangat berguna dibawa saat berkegiatan di luar ruangan maupun untuk pemakaian sehari-hari.

Jenis pisau lipat dengan bilahnya yang lurus ini terbuat dari material stainless steel berkualitas yang cukup tajam dan bermanfaat untuk memasak ataupun memotong tali.

Gagang pisaunya dapat berfungsi untuk memecahkan kaca atau pembuka kaca jendela jika diperlukan saat kondisi darurat. 

Nah, sekarang Eigerian sudah memahami pentingnya salah satu survival kit ini yang wajib dibawa saat berkegiatan di alam bebas. Pilih produk pisau outdoor yang berkualitas dan fungsional dari EIGER sebelum bertualang ke alam. 

Jika Eigerian memiliki rencana untuk naik gunung, atau berkemah di alam terbuka bersama teman-teman, pastikan semua perlengkapan Mountaineering sudah kamu miliki dari Eiger Adventure Official

Koleksi produk original lengkap dan terpercaya, kamu bisa berbelanja online dari rumah untuk mendapatkan perlengkapan pendakian yang kamu butuhkan. 

Miliki produk-produk terbaik Eiger yang selalu menawarkan harga promo menarik, banyak pilihan metode pembayaran, dan gratis ongkir ke seluruh wilayah di Indonesia! 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru