HomeTips & TrickMountaineeringKonsumsi 5 Makanan Sumber Energi Ini Sebelum Mendaki!

Konsumsi 5 Makanan Sumber Energi Ini Sebelum Mendaki!

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan jika Eigerian ingin mendaki gunung. Selain peralatan outdoor seperti tenda, jas hujan, sepatu gunung, pakaian, jaket, topi, peralatan memasak, seorang pendaki yang baik juga harus memerhatikan makanan sumber energi yang harus dikonsumsi mereka bawa.

Sebelum berangkat mendaki gunung, kita memang harus lebih dulu mengisi perut dengan makanan sumber energi sehingga tetap fit selama perjalanan pendakian. Begitu pula untuk bekal makanan selama mendaki.

Perlu dipahami, pendaki yang baik harus bisa mengkalkulasi makanannya, baik jumlah, bentuk, serta jenis makanan yang perlu dibawa selama pendakian. Dan satu hal yang harus diingat adalah, tidak semua jenis makanan dapat dibawa untuk mendaki gunung. Memasukkan banyak jenis makanan ke dalam tas carrier justru akan membuat ruang di tas menjadi sedikit dan menambah beban dalam pendakian.

Kira-kira, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi sebelum mendaki gunung, dan makanan apa saja yang bisa dijadikan bekal selama pendakian?

Daftar Makanan Sumber Energi yang Perlu Dikonsumsi Sebelum Mendaki

makanan sumber energi
Sumber: Eiger Adventure

Makanan yang kaya akan energi sangat penting untuk dikonsumsi sebelum mendaki gunung. Sebab, aktivitas pendakian memerlukan banyak tenaga. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang bisa menjadi sumber energi yang baik sebelum mendaki gunung:

  1. Karbohidrat kompleks. Makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks memberikan energi bertahap yang bisa bertahan lama. Contohnya adalah nasi, roti gandum, oatmeal, serta pasta.
  2. Buah-buahan. Buah-buahan seperti pisang, apel, atau jeruk juga mengandung karbohidrat serta dapat memberikan tambahan vitamin serta mineral yang diperlukan.
  3. Protein. Asupan protein juga sangat penting untuk memperbaiki dan membangun otot. Pilihan protein yang baik untuk dikonsumsi sebelum mendaki termasuk telur, daging rendah lemak, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak.
  4. Kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, atau biji bunga matahari kaya akan lemak sehat, protein, dan serat juga dapat memberikan energi tambahan, lho.
  5. Sayuran. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kale, mengandung serat dan nutrisi penting yang bisa membantu dalam mempertahankan energi.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi sebagai sumber energi selama pendakian.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Darurat dari Tanaman Liar saat Pendakian

Rekomendasi Makanan Penambah Energi Saat Mendaki

makanan sumber energi
Sumber: Eiger Adventure

Kemudian, untuk menjaga semangat sampai ke puncak gunung, berikut ini jenis makanan yang bisa dijadikan camilan saat mendaki yang bisa dimasukkan ke dalam tas carrier:

1. Roti Selai Kacang

Ini adalah salah satu makanan yang mudah dan ringan untuk dibawa. Kandungan protein pada roti dan vitamin pada selai kacang diperlukan di dalam sintesis hemoglobin pada sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke jaringan tubuh. Vitamin ini juga berperan dalam metabolisme protein dan dalam penggunaan glikogen pada otot sebagai sumber energi.

2. Oatmeal

Makanan yang satu ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi atau mie instan untuk bekal saat mendaki gunung. Selain lebih ringan dan praktis untuk dibawa, oatmeal yang terbuat dari aneka biji-bijian mengandung karbohidrat, vitamin, serta beberapa mineral tinggi yang akan diolah menjadi energi sehingga tubuh tidak akan mudah lelah. 

3. Kentang

Selain oatmeal, kentang juga bisa dibawa sebagai bekal pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Saat mendaki, kentang bisa dimanfaatkan sebagai menu makanan sehat kaya gizi. Tidak membutuhkan banyak peralatan, kentang bisa diolah dengan cara dibakar atau direbus. Kentang yang padat akan membuat perut terasa lebih cepat kenyang dan tenaga juga akan cepat pulih.

4. Dark Chocolate

Ini bisa menjadi solusi camilan penambah energi saat mendaki gunung. Kalori pada cokelat sangat berguna untuk memulihkan tenaga yang habis ketika sedang menelusuri jalur pendakian yang terjal dan berliku-liku. Selain itu, cokelat juga mengandung polifenol jenis epicatechin yang akan diolah sebagai cadangan tenaga. Jadi, pendakian dapat berjalan lebih cepat dan lancar karena tidak harus berhenti berkali-kali untuk mengisi perut dan tenaga.

5. Madu

Agar tidak mudah lemas selama perjalanan, madu bisa menjadi salah satu pilihan bekal yang tepat saat mendaki gunung. Dapat diolah bersama air hangat atau dikonsumsi langsung, madu memang telah lama dipercaya dapat meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, madu juga bisa menguatkan tulang dan otot karena kandungan zat besi, kalium, serta kalsiumnya yang tinggi sehingga resiko cedera dapat dikurangi.

6. Buah-buahan

Salah satu sumber energi yang tersedia dengan cepat bagi tubuh seorang adalah buah, seperti pir, melon, semangka, atau lainnya yang mengandung banyak vitamin dan air. Tetapi buah-buahan yang dibawa sebaiknya sedikit saja supaya tidak menambah beban ketika proses perjalanan mendaki.

Baca juga: Ini Dia 5 Logistik Makanan untuk Mendaki Gunung yang Wajib Dibawa 

Dari semua makanan di atas, jangan lupa membawa air minum yang cukup. Selain untuk diminum, air juga sangat dibutuhkan untuk memasak di gunung. Air memang sangat vital karena di gunung bukan tidak mungkin pendaki menemukan situasi ketika jauh dari mata air.

Untuk satu orang pendaki, biasanya perlu membawa dua hingga tiga botol air. Pilihlah botol minum dengan kapasitas dan bobot yang pas dan sesuai kebutuhan, ya! Eigerian bisa memilih botol minum dari Eiger seperti EIGER HAVASU BOTTLE yang terbuat dari bahan stainless steel, dan memiliki fitur double wall vacuum insulated sehingga membuat minuman tetap panas atau dingin selama kurang lebih 12 jam. Botol ini sangat cocok digunakan untuk menemanimu saat camping, traveling, maupun kegiatan sehari-hari. Lalu, ada juga EIGER Z-TZE WATER BOTTLE yang terbuat dari bahan ecozen, dan bebas BPA sehingga aman digunakan.

Selain itu, Eigerian juga memerlukan peralatan untuk memasak makanan sumber energi saat pendakian. Jangan lupa membawa EIGER CREW COOK SET 4 KITCHENWARE, yaitu alat masak serbaguna yang terbuat dari bahan aluminium berkualitas. Set perangkat masak ini terdiri dari 3 buah panci aluminium, 1 buah penggorengan anti lengket, 1 buah ceret, serta 1 buah penggenggam. Pelataran memasak yang satu ini ringan dan praktis, jadi sangat cocok untuk menemani kegiatan camping.

Bagi Eigerian yang ingin melengkapi segala keperluan untuk mountaineering activity, langsung saja berkunjung ke website resmi Eiger Adventure. Di sana Eigerian akan menemukan berbagai macam produk original dan berkualitas, dengan harga terbaik. Cek sekarang yuk, dan jangan lupa manfaatkan promonya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru