HomeTips & TrickRidingAgar Tak Kena Tilang, Perhatikan 6 Hal Ini Saat Berkendara Sepeda Motor!

Agar Tak Kena Tilang, Perhatikan 6 Hal Ini Saat Berkendara Sepeda Motor!

Apa yang pertama kali terlintas dalam benak Eigerian saat kena tilang? Kebanyakan orang mungkin akan langsung bergumam, apes! Tindakan langsung terhadap pelanggaran lalu lintas alias tilang oleh polisi adalah hal yang sering terdengar oleh masyarakat. Meski begitu, sebagian orang yang kena tilang auto panik. 

Sebenarnya ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi seorang pengendara motor dikenai tilang. Tidak melulu soal perlengkapan surat atau riding gear yang digunakan. Namun, beberapa di antaranya karena memang melakukan pelanggaran lalu lintas yang berlaku. Padahal, seluruh peraturan lalu lintas dibuat untuk mengutamakan keselamatan pengendaranya. Jadi, jika ingin berkendara selamat sampai tujuan lebih baik taati peraturan yang ada dan jangan sekali-kali mencoba melanggarnya. 

Tips agar Tidak Kena Tilang

kena tilang

Memang tidak ada orang yang mau kena tilang. Maka dari itu, mari pahami beberapa tips di bawah ini supaya tetap nyaman dan aman selama berkendara, bebas dari tilangan polisi. 

1. Bawa Kelengkapan Surat

Kelengkapan surat menjadi salah satu hal penting yang harus selalu dibawa saat berkendara, terutama jika kita akan menempuh jarak jauh dan melewati jalan raya. Kelengkapan surat ini terdiri dari Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Cukup dengan membawa keduanya, jika ada razia di tengah jalan, kita tidak perlu kabur-kaburan! 

2. Gunakan Perlengkapan Berkendara yang Sesuai dan Lengkap

Tips agar tidak kena tilang selanjutnya, kita harus mengenakan riding gear yang sesuai dengan peraturan. Pastikan kita menggunakan helm berstandar nasional atau SNI. Sebab, helm yang tidak memenuhi standar bisa menjadi salah satu faktor kita dikenai tilang saat berkendara.

3. Pastikan Motor Tidak Dimodifikasi secara Berlebihan

Perlu diketahui, beberapa modifikasi motor juga sering menjadi alasan bagi polisi melakukan penilangan. Salah satu jenis modifikasi yang paling mengganggu dan sering ditilang adalah knalpot yang dimodif dan menimbulkan suara terlalu berisik. Selain itu, modifikasi yang merubah rangka motor, dimensi, mesin, dan warna juga bisa menjadi alasan kita kena tilang. Jadi, jika memang mau memodifikasi kendaraan roda dua, pastikan untuk tetap mengikuti kriteria yang sesuai dengan peraturan lalu lintas, ya

4. Hindari Membawa Terlalu Banyak Barang

Barang bawaan yang terlalu banyak atau berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan kita terkena tilang. Sebab, masing-masing kendaraan memiliki batas kapasitas beban yang boleh dibawa. Jika melebihi kapasitas yang telah ditentukan, maka hal ini bisa membahayakan diri sendiri atau pengendara lain.

5. Jangan Bonceng Tiga!

Kita mungkin sering melihat pengendara lain yang berboncengan tiga orang atau bahkan lebih? Jika salah satunya adalah anak kecil yang masih di bawah umur, mungkin masih dianggap wajar dan lazim. Namun jika ketiga orang yang naik motor adalah orang dewasa seluruhnya, maka inilah yang dianggap melanggar hukum. Tak heran mereka sering dijadikan sasaran empuk bagi polisi lalu lintas untuk dikenai surat tilang. Pasalnya, selain melanggar aturan, orang-orang yang berboncengan tiga atau lebih ini seringkali meresahkan. Seperti bercanda berlebihan di tengah jalan, di mana hal tersebut sangat membahayakan keselamatan dirinya sendiri maupun pengguna jalan lainnya. 

6. Taat pada Rambu-Rambu Lalu Lintas

Ada banyak rambu-rambu lalu lintas yang wajib dipatuhi, di mana masing-masing simbol rambu lalu lintas ini memiliki artinya tersendiri. Penting bagi kita untuk memahami makna dari masing-masing simbol dan mengikuti arahannya. Melanggar peraturan sudah dapat dipastikan kita akan dikenai tilang. Jadi, jika tidak ingin terkena tilang dari polisi lalu lintas yang sedang bertugas, sebaiknya jangan coba-coba untuk melanggarnya, ya

Baca juga: Do’s and Don’ts yang Wajib Dipahami Agar Fokus dalam Berkendara

Jangan Pakai Sandal, Inilah Rekomendasi Sepatu Riding Terbaik!

kena tilang

Beberapa tips agar tak kena tilang yang telah disebutkan di atas wajib diperhatikan. Selain itu, sebaiknya Eigerian tidak memakai sandal saat berkendara demi keamanan. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi sepatu riding yang bisa Eigerian pilih. Cek satu per satu, yuk

1. EIGER BALDR LOW CUT SHOES – Rp599.000,-

kena tilang

Baldr adalah sepatu low-cut yang dirancang khusus untuk penggunaan harian. Sepatu ini cocok digunakan pengendara roda dua dengan perpaduan tampilan yang stylish namun tetap klasik. Bagian atasnya terbuat dari bahan kanvas dan kulit suede yang memiliki daya tahan kuat, dan dilengkapi dengan anti slip toe cap untuk menambah kenyamanan saat berkendara. Insole ortholite pada sepatu ini akan memberikan bantalan yang nyaman, breathable, dan ringan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat digunakan. Sementara itu, outsole berbahan karet dengan proses vulkanisir dengan grip yang baik akan memberikan kenyamanan yang sudah disesuaikan saat berkendara.

2. EIGER BALDR MID CUT SHOES – Rp649.000,-

kena tilang

Selain Baldr Low Cut, EIGER juga mengeluarkan varian sepatu mid-cut. Pada bagian atas sepatu terbuat dari bahan kanvas dan kulit suede dengan daya tahan kuat serta dilengkapi juga dengan anti slip toe cap untuk menambah kenyamanan selama berkendara. Insole ortholite pada sepatu ini memberikan bantalan yang nyaman, breathable, dan ringan. Outsole-nya berbahan karet dengan proses vulkanisir dengan grip yang baik, sehingga akan memberikan kenyamanan yang sudah disesuaikan saat berkendara.

3. EIGER HADES SHOES – Rp674.500,-

kena tilang

Hades mid-cut boots adalah sepatu yang dirancang khusus untuk penggunaan short-mid adventure touring untuk pengendara sepeda motor. Bagian upper pada sepatu ini terbuat dari material microfiber yang memiliki daya tahan yang kuat dengan lapisan waterproof yang berfungsi untuk menjaga sepatu dan kaki tetap kering saat cuaca hujan. Dengan fitur terbaiknya, sepatu ini bisa jadi andalan saat berkendara di berbagai kondisi, termasuk saat musim hujan. Jadi, tidak perlu khawatir kaki basah kuyup saat harus menerjang hujan ringan, deh!

4. EIGER GAEA MID SHOES – Rp689.000,-

kena tilang

Gaea Sneaker Boots Mid Cut adalah sepatu yang dirancang khusus untuk penggunaan harian bagi pengendara roda dua. Sepatu ini dilengkapi dengan shifter pad berbahan karet yang berfungsi untuk melindungi permukaan sepatu saat berkendara, khususnya saat terkena gesekan tuas persneling motor. Insole ortholite akan mempercepat pengeringan serta sebagai bantalan untuk menjaga kaki tetap nyaman saat berjalan dan berkendara. Detail reflektif pada backcounter akan membantu sepatu mudah terlihat dalam keadaan minim cahaya.

Baca juga: Daftar Safety Gear yang Wajib Dimiliki Lady Biker

Selain sepatu riding, Eigerian juga wajib menyiapkan perlengkapan naik motor lainnya supaya bisa berkendara dengan nyaman dan aman. Sebab, tidak pakai perlengkapan naik motor akan berujung pada kena tilang. Nah, segala macam perlengkapan yang diperlukan bisa Eigerian dapatkan dengan mengunjungi website Eiger Adventure Official. Belanja di website Eiger Adventure Official, Eigerian bisa bebas pilih produk original dengan kualitas terbaik. Dijamin #PastiMakinAsyik berkendara sepeda motor dengan berbagai perlengkapan riding dari EIGER!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments