HomeTips & TrickGreen & HealthyUnik! Inilah Kuliner Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Unik! Inilah Kuliner Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Bicara soal kuliner Ramadan, salah satu yang paling melekat di ingatan kita pasti kolak. Ramadan memang akan terasa kurang jika tidak ada kolak di atas meja. Namun, sebenarnya kuliner khas Ramadan ada beragam jenisnya, lho. Hampir setiap daerah memiliki setidaknya satu kuliner andalan yang wajib ada untuk santap sahur maupun berbuka puasa.

Daftar Kuliner Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Sumber: Instagram/eigeradventure

Nah, berikut ini adalah beberapa paling populer di berbagai daerah ketika bulan puasa. Kita bisa menjadikan kuliner Ramadan ini sebagai pilihan untuk sahur atau berbuka supaya puasa kali ini terasa seperti keliling Indonesia. 

1. Putu mangkok – Kepulauan Riau

Berbuka puasa memang paling pas jika kita menyantap kudapan manis. Setuju tidak? Di Kepulauan Riau, masyarakat memiliki satu kuliner Ramadan yang khas yaitu Putu Mangkok. Kue dengan bahan utama tepung beras ini memiliki rasa yang manis, tetapi tidak akan membuat kita merasa enek, berkat parutan kelapa yang memberi rasa gurih. Lalu, apa yang membedakan putu ini dengan putu pada umumnya? Kalau soal rasa mungkin kurang lebih sama, hanya saja yang menjadi keunikannya adalah bentuknya. Sama seperti namanya, Putu Mangkok ini berbentuk menyerupai mangkok yang terbalik.

2. Sotong pangkong – Pontianak, Kalimantan Barat

Jika kita memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat selama bulan Ramadan, jangan lupa untuk mencicipi Sotong Pangkong. Kuliner yang satu ini menggunakan cumi sebagai bahan utama. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah cumi tersebut tidak digoreng tapi dipanggang. Namun, sebelum itu, cumi sudah terlebih dahulu dijemur sampai kering. Sebelum disajikan, daging cumi yang sudah dipanggang akan dipukul-pukul dengan palu, agar daging lebih empuk dan mudah dikunyah. Sotong Pangkong ini umumnya disantap bersama bumbu kacang atau diolah dengan bumbu pedas manis.

3. Barongko – Makassar, Sulawesi Selatan

Barongko adalah makanan khas Suku Bugis, Makassar, yang memiliki rasa manis dan gurih. Bahan yang digunakan untuk mengolah Barongko adalah pisang, telur, santan, gula pasir, dan garam. Bahan-bahan tersebut dihaluskan dan dicampur, setelah itu adonan akan dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Bagi yang suka berbuka puasa dengan makanan dingin, Barongko ini dapat dimasukkan ke dalam kulkas dulu, lalu dikeluarkan saat sudah mendekati waktu berbuka.

4. Kue Asidah – Maluku

Kuliner Ramadan selanjutnya yang tidak kalah enak adalah Kue Asidah dari Maluku. Kue ini sebenarnya berasal dari Arab dan masyarakat Maluku mulai mengenal kue ini saat Islam mulai masuk ke wilayah Indonesia bagian timur. Sepanjang bulan Ramadan, Kue Asidah sering dijadikan sebagai takjil karena rasanya yang cukup manis. Tidak perlu bersusah payah untuk membuatnya sendiri, karena kue ini akan sangat mudah dijumpai di pasar takjil dan di pinggir-pinggir jalan sepanjang bulan Ramadan. 

5. Bongko kopyor – Gresik, Jawa Timur

Sebagian dari kita mungkin belum pernah mendengar tentang Bongko Kopyor. Ini adalah takjil yang sangat terkenal khususnya di Gresik, Jawa Timur lho. Kuliner Ramadan yang satu ini terbuat dari bubur mutiara, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang, dan santan yang kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Bongko Kopyor ini sangat mudah ditemukan di pinggir jalan ketika bulan Ramadan. 

6. Kicak – Daerah Istimewa Yogyakarta

Salah satu kuliner khas bulan puasa yang cocok disantap untuk berbuka, dan sangat legendaris adalah Kicak. Takjil dengan rasa manis bercampur gurih ini terbuat dari ketan yang diberi santan, nangka, dan kelapa parut. Dulunya, Kicak tidak dibuat dari ketan lho. Melainkan dari singkong, namun ada sedikit perubahan pada bahan utamanya.

7. Mi Glosor – Bogor, Jawa Barat

Bergeser ke Bogor, Jawa Barat, kuliner buka puasa yang sangat populer adalah Mi Glosor. Sepanjang bulan Ramadan, penjual Mi Glosor akan meningkat. Kita dapat menemukannya dengan mudah di pinggir jalan atau di pasar takjil. Mungkin ada sebagian dari kita yang bertanya-tanya, mengapa dinamai Mi Glosor? Ternyata, nama tersebut diambil karena Mi yang menjadi bahan utamanya memiliki tekstur sangat licin, sehingga sangat mudah ditelan seperti meluncur begitu saja di tenggorokan. Tekstur licin tersebut didapatkan karena bahan pembuatan mi bukan tepung terigu tetapi tepung singkong atau aci. Unik, ya

8. Ketan Bintul – Banten

Satu lagi kuliner Ramadan yang selalu diburu khususnya masyarakat Banten, yaitu Ketan Bintul. Menu yang konon sudah ada sejak abad ke-16 ini terbuat dari ketan yang diberi taburan serundeng (kelapa parut yang disangrai dengan berbagai rempah-rempah). Sebagai pelengkap, Ketan Bintul biasanya dicocol dengan kuah semur daging dan ada pula yang menyantapnya dengan empal daging sapi. 

Baca juga: Olahraga saat Puasa dan 13 Manfaatnya

Tips Berburu Kuliner Ramadan

Sumber: Instagram/eigeradventure

Bagaimana, ulasan seputar kuliner Ramadan yang telah disebutkan di atas bikin ngiler, ya? Tahan dulu, berikut ini ada beberapa tips berburu kuliner Ramadan yang perlu diperhatikan. 

  • Sebelum berangkat ke tempat tujuan wisata kuliner, sebaiknya kita cari tahu dulu apa yang menjadi ciri khas di sana. Apa saja makanan dan minuman yang dijual, sehingga kita sudah memiliki bayangan mengenai apa yang akan dibeli.
  • Sebaiknya, jangan datang terlalu sore.
  • Bawa air minum! Membawa air minum sangat penting untuk berjaga-jaga, siapa tahu kita terkena macet dan belum tiba di tempat kuliner tujuan setelah adzan Maghrib. Siapkan paling tidak satu botol air putih dan letakkan di dalam tas yang kita bawa.
  • Cari tahu masjid atau mushola terdekat. 
  • Bawa kotak makanan pribadi untuk menghindari terlalu banyak sampah plastik dari beragam kuliner Ramadan yang kita beli. 

Baca juga: Inilah Segudang Manfaat Puasa Ramadan untuk Kesehatan

Dapatkan segala macam kebutuhan perlengkapan ramadhan dengan belanja online di website Eiger Adventure. Segala produk untuk menunjang penampilan yang stylish, semua ada. From head to toe, pastikan kita tampil gaya dengan produk terbaik dan berkualitas dari Eiger!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru