HomeTips & TrickLifestyleWajib Baca! 10 Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik

Wajib Baca! 10 Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik

Setiap orang tentunya ingin mengembangkan dirinya menjadi pribadi yang lebih baik dan matang, supaya bisa menghadapi hidup dengan lebih mudah. Tapi perlu dipahami bahwa keinginan saja tidaklah cukup. Tentunya harus dimulai dengan sebuah aksi nyata untuk mewujudkannya. Nah, membaca buku self improvement merupakan salah satu cara yang tepat. Yuk, mulai dari rekomendasi buku self improvement terbaik berikut ini!

Rekomendasi buku self improvement yang akan dibagikan di bawah ini dapat membantu kita untuk berpikir lebih kritis, mengevaluasi diri, dan tentunya memperluas wawasan. Apalagi di bulan April ini ada peringatan Hari Buku Sedunia (World Book Day), tepatnya tanggal 23 April. Nah, mari kita jadikan peringatan ini awal yang baik untuk lebih giat membaca buku! 

Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik

Sumber: Freepik

Artikel ini akan memberikan 10 rekomendasi buku self improvement terbaik, cocok untuk menemani kita di waktu luang. Check this out

1. The 7 Habits of Highly Effective People

Rekomendasi buku self improvement yang pertama adalah The 7 Habits of Highly Effective People, karya Stephen Covey. Buku yang satu ini akan mengajak para pembacanya untuk mempelajari tujuh kebiasaan baik. Tidak sekadar tujuh kebiasaan baik biasa saja, karena kebiasaan-kebiasaan ini adalah rutinitas orang-orang sukses. Apa saja ketujuh habits tersebut?

  • Be Proactive: Principles of Personal Choice. Keinginan, cita-cita atau tujuan yang ingin dicapai harus dibarengi dengan usaha. Harus ada upaya-upaya proaktif yang dilakukan agar sampai pada tujuan.
  • Begin with the End in Mind: Principles of Personal Vision. Dengan menentukan tujuan di awal, maka akan meminimalisir langkah yang tidak perlu untuk mencapai tujuan.
  • Put First Things First: Principles of Integrity & Execution. Buatlah daftar pekerjaan yang penting untuk dilakukan setiap minggunya, lalu lakukan review harian pada daftar tersebut. Ingat, selalu utamakan hal-hal yang paling penting untuk dilakukan.
  • Think Win/Win: Principles of Mutual Benefit. Pola pikir ini memperhatikan semua pihak. Tidak hanya berpikir terhadap satu sisi ego, namun juga memenangkan banyak ego. Menang/menang melihat kehidupan sebagai sebuah arena yang kooperatif, bukan kompetitif.
  • Seek First to Understand, Then to be Understood: Principles of Mutual Understanding. Berusaha untuk mengerti terlebih dahulu merupakan perubahan paradigma yang sangat mendalam.
  • Synergize: Principles of Creative Cooperation. Memiliki kebiasaan membangun sinergi didasarkan pada pemahaman, bahwa sangat penting untuk bekerja sama dalam tim dari berbagai latar belakang secara harmonis. 
  • Sharpen the Saw: Principles of Balanced Self-Renewal. Kebiasaan ini akan membantu kita untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan.

Kita bisa melakukan poin-poin yang dijabarkan oleh Covey pada buku ini. Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi sebuah kebiasaan, sehingga dapat membantu kita dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai.

2. The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business

Rekomendasi buku self improvement berikutnya adalah The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business yang juga membahas topik terkait kebiasaan baik. Charless Duhigg sebagai penulis buku ini berusaha untuk memberikan penjelasan bagaimana kebiasaan baik dapat berpengaruh. Kualitas hidup seseorang dapat terlihat dari kebiasaan yang mereka lakukan. Maka dari itu, beragam penjelasan dan contoh ditunjukkan secara lugas dalam buku ini. 

3. The Subtle Art of Not Giving a F*ck

Buku The Subtle Art of Not Giving a F*ck ini akan memberi insight baru terkait hal yang ada di sekitar kita. Hal inilah yang kerap kali terlewatkan oleh generasi muda dalam menjalani hidup. Rekomendasi buku self improvement yang satu ini siap menampar kita untuk melihat realitas. Buku ini juga akan menuntut kita untuk lebih berani dalam menghadapi problematika karena itu yang justru buat kita lebih menerima diri sendiri.

4. Putting the One Minute Manager to Work

Buku Putting the One Minute Manager to Work ini merupakan sebuah buku self improvement tentang bagaimana cara yang tepat untuk dapat meningkatkan produktivitas, komunikasi, serta antusiasme para karyawan dalam bekerja. Buku karya Ken Blancard Dan Robert Lorber ini akan memberikan beberapa kunci yang dapat diterapkan untuk sebuah manajemen yang lebih baik. Untuk kita yang telah bekerja, kelihatannya buku ini perlu kita baca.

5. Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang

Jika merasa kehidupan yang semakin kompleks nan rumit setiap harinya, kita bisa berhenti sejenak dan mencoba untuk membaca buku self improvement yang satu ini. Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang siap menceritakan hal-hal yang akan terasa relatable. Buku ini akan mengajak kita untuk hidup minimalis yang justru dapat memperkaya diri. Bahkan, dengan membaca buku karya Fumio Sasaki ini kita bisa mendapatkan definisi baru soal kebahagian.

6. Think and Grow Rich

Buku klasik juga bisa menjadi buku yang tepat dalam upaya memperbaiki diri, lho. Salah satunya adalah Think and Grow Rich yang dirilis tahun 1937 silam, dan termasuk buku self improvement terbaik. Ditulis oleh Robert Greene, buku ini akan membekali kita terkait pelajaran dalam hidup. Poin yang paling terlihat adalah 13 prinsip umum yang biasa diaplikasikan oleh orang-orang sukses. Walaupun terbilang lawas, namun prinsip-prinsip tersebut masih relevan hingga saat ini kok.

7. Filosofi Teras

Emosi negatif merupakan masalah hidup yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Contoh yang paling dekat adalah kita yang cenderung akan meledak-ledak saat kendaraan kita terjebak macet parah. Walaupun tanpa disadari, namun ternyata hal tersebut justru menguras energi dan tidak berdampak baik bagi diri kita. Filosofi Teras inj akan membantu kita dalam mengembangkan diri.

8. Eat That Frog!

Procrastinating atau menunda-nunda menjadi masalah yang tidak sedikit orang hadapi. Jika kita termasuk salah satunya, maka buku Eat That Frog! adalah bacaan yang recommended untuk mengisi waktu luang. Sang penulis, Brian Tracy, mampu menyuguhkan ulasan terkait bagaimana cara untuk menghentikan procrastinating. Cara yang diambil dalam buku ini pun terbilang ciamik dalam memotivasi para pembaca.

9. Atomic Habits

Rekomendasi buku self improvement selanjutnya adalah Atomic Habits. Konsep dasar yang berusaha ditunjukkan dalam buku ini terbilang sederhana, namun kerap sulit untuk dilakukan. Buku ini akan memberikan solusi praktis dalam mengubah kebiasan berarti merombak sesuatu dalam jati diri manusia. Hal tersebut juga berarti mengenal faktor yang membuat seseorang kembali pada kebiasaan buruk. Atomic Habits karya James Clear ini menunjukkan bahwa perubahan nyata berasal dari ratusan keputusan kecil. 

10. Brave

Setiap harinya hidup kita harus dijalani dengan penuh keberanian. Keberanian harus dijadikan kebiasaan agar kita mampu menjadi penggerak untuk kehidupan yang sedang dijalani. Nah, buku ini akan memaparkan berbagai cara untuk kita menjadi lebih berani dalam menghadapi kehidupan. Seperti melawan ketakutan, serta mulai mempercayai intuisi.

Baca juga: 5 Manfaat Self Improvement dan Cara Melakukannya

Manfaat Membaca Buku Self Improvement

Buku pengembangan diri memang menjadi bacaan yang dihadirkan untuk membangun dan meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kualitas mental kita. Intinya, buku jenis ini akan banyak membantu kita untuk memahami lebih jauh tentang diri dan kehidupan pada umumnya. Lalu, apa saja sih manfaat membaca buku self improvement?

  • Pertama, buku self improvement akan menghancurkan semua keterbatasan. Melalui buku jenis ini, kita akan disadarkan bahwa betapa besar sesungguhnya potensi yang ada pada diri manusia bahkan tidak terbatas (unlimited).
  • Kedua, buku ini mampu menciptakan projek pribadi untuk diraih. Buku self improvement akan membantu kita menemukan jalan untuk meraih apa yang menjadi cita-cita sejak awal. 
  • Ketiga, memperkuat diri dalam menghadapi kegagalan. Kita akan diyakinkan bahwa untuk berhasil, kegagalan adalah bagian dari proses yang, mau tak mau harus dijalani.
  • Keempat, menjadikan kita lebih cerdas dan bijaksana. Dengan banyak membaca rekomendasi buku self improvement, kita akan memiliki pengetahuan yang luas tentang dunia dan dinamikanya. Dengan pengetahuan itu, maka kita bisa mengambil keputusan dan tindakan secara cerdas ketika persoalan hidup menghampiri kita.

Baca juga: Daftar Buku Best Seller yang Cocok Dibaca Saat Grounding di Alam

Itulah beberapa buku self improvement yang paling direkomendasikan, serta manfaat yang bisa kita petik dari buku-buku self improvement. Dengan buku genre ini, kita akan mampu melihat potensi diri dan bagaimana cara mengembangkannya.

Membaca buku memang cocok untuk mengisi waktu luang. Selain di rumah, buku-buku ini juga bisa kita bawa ke mana pun, bahkan saat ngabuburit sembari menunggu buka puasa. Supaya lebih mudah membawanya, pastikan kita memakai tas ransel atau laptop backpack dari Eiger. Selain buku, kita juga bisa membawa laptop dan segala perlengkapannya. Banyak sekali backpack dengan berbagai ukuran, jenis, dan variasi warna. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan saja! Kini, belanja online jauh lebih mudah. Cukup klik di website Eiger Adventure Official, kita bisa bebas pilih segala macam koleksi terbaiknya. Cek sekarang, yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru