HomeTips & TrickMountaineeringLakukan Latihan Fisik Sebelum Pendakian Gunung, Ini Resepnya!

Lakukan Latihan Fisik Sebelum Pendakian Gunung, Ini Resepnya!

Memiliki fisik yang kuat merupakan satu jenis persiapan yang wajib dilakukan sebelum mendaki gunung. Latihan fisik jadi kunci utama, agar fisik Eigerian siap menghadapi medan yang harus dilewati. Tapi pertanyaannya, latihan fisik macam apa yang harus dilakukan?

Sebenarnya, latihan fisik yang dibutuhkan untuk persiapan mendaki gunung tidaklah rumit. Kamu perlu melatih bagian atas tubuh, bagian tengah, serta bagian bawah, agar memiliki kekuatan yang simbang.

Latihan Fisik Rutin untuk Kebugaran

latihan fisik

Latihan seperti ini akan sangat baik jika tak hanya dilakukan menjelang pendakian saja, namun secara rutin setiap hari. Dengan demikian kebugaran tubuh dan kesehatan akan terus terjaga, jadi kamu bisa sewaktu-waktu berangkat mendaki gunung tanpa harus persiapan khusus.

Berolahraga secara rutin bisa membuat kekuatan tubuh meningkat, bersamaan dengan kekuatan paru-paru. Sebagai organ pernapasan utama, paru-paru juga wajib dilatih agar memiliki kapasitas yang besar, sehingga kamu tak gampang kehabisan nafas.

Baca Juga : Ini Lho 5 Tempat Camping Di Bandung yang Recommended!

Menu Latihan Spesifik Sebelum Mendaki Gunung

Mungkin kamu bisa menemukan berbagai menu latihan fisik yang sesuai untuk tubuh guna persiapan menghadapi medan yang terjal nanti. Konsultasi dengan tenaga profesional sangat disarankan, untuk mengetahui apa-apa saja yang perlu ditingkatkan.

Secara umum, berikut beberapa latihan yang bisa kamu lakukan sebelum mendaki gunung.

Latihan Tubuh Bagian Atas

Pendakian yang akan dilakukan tentu akan membuat kamu membawa tas yang cukup besar dan berat. Kekuatan tubuh bagian atas perlu disiapkan, sehingga bisa membawa beban ini dengan baik. Serangkaian latihan bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas.

Beberapa gerakan sederhana seperti push-up, pull-up, dan triceps dips bisa jadi latihan berguna untuk membangun kekuatan otot bagian atas tubuh kamu. Lakukan gerakan ini secara beruntun, dan berikan jeda beberapa saat sebelum mengulanginya.

Teknik latihan yang umum digunakan saat ini mengacu pada jumlah repetisi yang dilakukan, dan bukan jumlah hitungan dalam satu gerakan. Jadi untuk mendapat hasil maksimal, kamu bisa melakukan ketiga gerakan tersebut masing-masing 30 detik, dengan jeda waktu 10 detik, dan repetisi 3 sampai 5 kali dalam satu sesi.

Latihan Tubuh Bagian Tengah

Tubuh bagian tengah akan bertanggung jawab dalam menopang beban yang ada di bagian atas, serta menjaga keseimbangan secara langsung. Tentu, kekuatan yang besar juga diperlukan untuk melaksanakan tugas ini.

Jenis latihan fisik yang bisa dilakukan diantaranya adalah plank, six inches, dan sit up. Ketiga latihan ini bisa dilakukan dengan pola seperti latihan pertama tadi, sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal untuk persiapan naik gunung.

Latihan Badan Bagian Bawah

Untuk terus dapat melangkah kamu juga perlu kaki yang kuat menjadi tumpuan dalam perjalanan. Latihan yang baik akan membuat kaki memiliki kekuatan ekstra, dan daya tahan yang lama sehingga perjalanan bisa terus berjalan.

Jenis latihan yang bisa dilakukan untuk urusan ini adalah bodyweight squats, dan lunges. Memang dalam set pertama atau kedua belum terasa kontraksinya. Namun selanjutnya kamu akan mulai merasakan kontraksi di bagian betis hingga ke paha.

Jangan Lupa Latihan Kardio

Selain melatih fisik secara spesifik seperti yang disampaikan dalam menu latihan di atas, Eigerian juga direkomendasikan untuk melatih kapasitas dan kekuatan paru-paru. Latihan kardio bisa jadi opsi paling tepat untuk urusan ini, sehingga kamu memiliki nafas yang kuat dan panjang.

Untuk menu kardio sendiri, gerakan-gerakan sederhana bisa dilakukan, mulai dari skipping, jumping jacks, burpees, mountain climber, dan yang lainnya. Kamu juga bisa jogging, berenang, bersepeda, atau berjalan cepat melalui tanjakan.

Menu latihan ini sebenarnya tak memiliki durasi tepat, namun sangat dianjurkan agar kamu berlatih secara rutin agar bisa menjaga kondisi tubuh secara umum. Latihan kardio dikenal sebagai latihan yang sangat baik, tak hanya untuk persiapan pendakian tapi juga untuk kesehatan secara umum.

Dengan menjalankan latihan ini, kapasitas paru-paru akan meningkat, sehingga kamu tak mudah merasa kehabisan nafas saat mendaki medan yang terjal nanti.

Sebelum Mendaki, Ingat Selalu Lakukan Pemanasan

latihan fisik

Yap, selain latihan fisik yang cukup dan rutin, kamu juga harus selalu ingat bahwa setiap pendakian yang akan dijalankan sebaiknya diawali dengan pemanasan. Peregangan otot mulai dari bagian atas hingga ke bagian bawah diperlukan, agar otot dan tubuh siap diajak mendaki dan menerjang medan yang terjal.

Baca Juga : Daftar Peralatan Camping: Kualitas adalah Kunci! 

Persiapan latihan fisik adalah hal penting yang wajib dilakukan sebelum pendakian. Menjaga kesehatan, juga tak boleh dilewatkan, sama dengan memilih perangkat paling tepat untuk semua kegiatan luar ruang yang kamu miliki.

Eiger Adventure, akan jadi pelengkap dari persiapan latihan fisik dan mental sebelum melakukan pendakian. Didukung dengan tim pengembangan produk yang handal, produk perlengkapan Eiger Adventure memiliki kualitas yang tidak main-main, sehingga dijamin bisa menunjang semua kegiatan Eigerian yang dilakukan. Kunjungi laman produknya, dan dapatkan produk terbaik untuk setiap kegiatan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments