HomeTips & TrickLifestyle9 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Tidak Hanya Bikin Melek!

9 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula, Tidak Hanya Bikin Melek!

Apakah Eigerian suka minum kopi hitam? Jika iya, ternyata ada banyak manfaat kopi hitam tanpa gula bagi tubuh, lho. Penasaran? Berikut penjelasannya!

Kopi adalah minuman favorit banyak orang, terutama orang Indonesia. Kini, ada banyak varian minuman kopi kekinian yang disukai anak muda sampai orang dewasa. 

Di tengah ramainya kedai kopi modern, rupanya kopi hitam tanpa gula juga masih eksis dan punya penggemarnya sendiri.

Dahulu, kopi hitam memang lebih sering dinikmati orang dewasa. Kini, banyak juga anak muda yang gemar menikmati kopi hitam ini. alasannya sederhana, kopi hitam punya cita rasa yang kuat dan efektif mengusir rasa ngantuk.

Kopi hitam bisa dinikmati kapan saja. Misalnya pagi hari sebelum beraktivitas, siang hari saat makan siang, atau menjelang senja ala anak indie. 

Bahkan, tak sedikit orang yang menikmati kopi hitam sambil piknik atau traveling di tempat terbuka.

Selain mengusir ngantuk, rupanya ada banyak manfaat minum kopi hitam bagi tubuh, lho. Ingin tau lebih lanjut? Simak pembahasan berikut, yuk!

Baca Juga: 5 Manfaat Naik Turun Tangga, Lebih Sehat dari Naik Lift

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

manfaat kopi hitam tanpa gula
(Foto kopi hitam tanpa gula. Sumber: Freepik.com)

Minum kopi hitam tanpa gula punya beragam manfaat untuk tubuh kita. Berikut penjelasannya!

1. Manfaat Kopi Tanpa Gula untuk Meningkatkan Daya Ingat

Eigerian, minum kopi hitam tanpa gula ternyata bisa membantu meningkatkan daya ingat, lho. Kopi hitam bisa membantu otak agar tetap aktif, sehingga meningkatkan memori. 

Secara bersamaan, hal ini juga membuat saraf kita tetap aktif dan mencegah demensia atau penurunan daya ingat.

2. Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Kopi hitam mengandung kafein yang kuat. Kafein merupakan stimulan yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan suasana hati, energi, dan fungsi kognitif seseorang.

Artinya, kafein bisa membantumu menjadi lebih cerdas dan cekatan dalam waktu tertentu. Bisa jadi inilah alasan mengapa banyak orang yang suka bekerja sambil menyeruput secangkir kopi.

3. Membantu Membersihkan Saluran Pencernaan

Manfaat kopi hitam tanpa gula selanjutnya adalah memberikan efek diuretik, sehingga kita jadi lebih sering ke toilet. 

Maka dari itu, minum kopi hitam tanpa gula bisa membantu membuang racun dan bakteri dalam tubuh bersamaan ketika buang air besar.

Namun, tidak semua orang cocok minum kopi hitam yang terlalu kuat, sebab bisa menimbulkan diare. Jadi, ada baiknya kita mengatur konsumsi kopi hitam harian dengan baik, ya!

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

kopi untuk mengontrol berat badan
(Foto manfaat kopi hitam. Sumber: Freepik.com)

Siapa sangka, ternyata kopi hitam tanpa gula bisa membantu menurunkan berat badan! Minuman ini membantu tubuh kita meningkatkan metabolisme hingga 50%, yang membuat kita jadi lebih banyak berolahraga.

Selain itu, kopi hitam juga membantu membakar lemak di perut. Dengan konsumsi secara teratur, menjaga pola makan sehat, dan olahraga yang cukup, tentu bisa lebih cepat menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat Self Improvement dan Cara Melakukannya

5. Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Kopi hitam yang diminum tanpa gula dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kopi bisa mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Maka dari itu, kopi hitam bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6. Meningkatkan Antioksidan dalam Tubuh

Kopi hitam bisa meningkatkan antioksidan dalam tubuh kita. Secangkir kopi mengandung vitamin B2, B3, B5, zat mangan, magnesium, dan potasium. 

Semua zat tersebut rupanya bermanfaat menguatkan antioksidan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Bagi penggemar kopi hitam, rupanya minuman ini bisa membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

Minum kopi hitam tanpa gula ampuh untuk mengatur insulin dalam tubuh yang kelewat batas bagi calon penderita diabetes. Terutama jika penyakit diabetes ini menurun dalam keluarga.

8. Manfaat Kopi Tanpa Gula Dapat Mencegah Kanker

kopi mencegah kanker
(Foto manfaat medis minum kopi. Sumber: Freepik.com)

Manfaat kopi hitam yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu manfaat paling penting bagi kesehatan. Minum dua cangkir kopi hitam tanpa gula rupanya bisa mencegah penyakit kanker.

Kopi hitam mengandung sifat anti-kanker yang bisa membantu tubuh kita menurunkan risiko kanker kolorektal, sehingga bisa menurunkan risiko kanker hati hingga 40%.

9. Menjaga Mood

Bagi orang yang moody-an, disarankan untuk mencoba mengonsumsi kopi hitam tanpa gula, nih. Minum kopi hitam ternyata bisa membantu menjaga pikiran dan tubuh tetap muda.

Minum kopi hitam dua cangkir sehari bisa mencegah penyakit Parkinson. Sebab, kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Nah, dopamin juga berperan meningkatkan suasana hati dan solusi terbaik untuk mencegah stres.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Masuk Angin dengan Cepat, Badan Kembali Segar

Takaran Minum Kopi Hitam yang Baik

manfaat kopi hitam tanpa gula
(Foto racikan kopi hitam. Sumber: Freepik.com)

Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan semangat dan konsentrasi. Batas kafein yang aman untuk orang dewasa sekitar 400 mg atau setara dengan 4 cangkir kopi.

Sebaiknya, batasi konsumsi kopi tidak lebih dari 2-3 cangkir per hari. Sebab, minuman berkafein juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. 

Ada orang yang sensitif terhadap kopi dan kafein, sehingga bisa merasa gelisah, sakit perut, mual, bahkan hipertensi.

Kopi tidak lagi menjadi pilihan minuman sehat jika ditambah dengan gula. Untuk membuat secangkir kopi hitam yang nikmat, kita bisa menambahkan dua sendok makan kopi hitam ke dalam cangkir biasa.

Kemudian, tambahkan air sebanyak ¾ dari ukuran cangkir. Takaran ini bisa menghasilkan rasa kopi yang pas, tidak hambar, dan tidak over extracted. Namun, Eigerian bisa mencoba racikan kopi hitam sendiri yang paling pas di lidah.

Jika kita ingin membawa kopi hitam ke kantor atau ke tempat lain saat traveling, pastinya kita perlu memiliki termos yang bisa menjaga kopi agar tetap hangat.

Maka dari itu, kita bisa menggunakan botol minum EIGER Dawson Water Storage yang cocok digunakan untuk menemani kita saat berkemah, traveling, atau kegiatan sehari-hari.

EIGER Dawson Water Storage
(Foto EIGER Dawson Water Storage. Sumber: EIGER Adventure)

Botol minum ini memungkinkan minuman kita jadi tetap panas atau dingin hingga 12 jam. Terbuat dari bahan stainless steel dengan food grade murni, botol minum ini bebas BPA, sehingga aman digunakan.

Kita bisa memiliki botol minum EIGER Dawson Water Storage seharga Rp179 ribu yang bisa ditemukan melalui Website Eiger Adventure Official.

Dengan berbelanja di website resmi EIGER, tersedia berbagai metode pembayaran mulai dari paylater, bank transfer, hingga COD. Dapatkan juga harga terbaik dan promo menarik lainnya untuk berbagai barang pilihan. 

Proses transaksi yang aman, nyaman, dan pastinya fast response hanya di eigeradventure.com. EIGER tak hanya memberikan kontribusi pada produk kegiatan luar ruang, namun turut memberikan perhatian yang besar terhadap kelestarian lingkungan.

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments