HomeTips & TrickLifestyle5 Manfaat Self Improvement dan Cara Melakukannya

5 Manfaat Self Improvement dan Cara Melakukannya

Setiap hari adalah kesempatan baru yang diberikan untuk dijalani dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Terus berkembang, meningkatkan kualitas diri, dan mempersiapkan segalanya, jadi kunci kesuksesan yang bisa diupayakan. Self improvement yang konsisten dan disiplin, akan memegang peranan besar untuk urusan ini.

Tapi apa yang dimaksud dengan self improvement itu sendiri? Well secara harfiah, frasa ini berarti peningkatan atau pengembangan diri yang dilakukan agar bisa memiliki kemampuan lebih baik, kesadaran, keterampilan, serta kualitas kehidupan secara umum.

Tentu saja, banyak cara bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Satu per satu, mari kita bahas manfaat serta cara melakukan self improvement dengan benar sehingga kamu juga bisa turut mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Jenis Tanaman Dalam Rumah yang Aman dan Bermanfaat

Self improvement

Dengan Melakukan Self Improvement, Kamu Bisa Mendapatkan Hal Ini

self improvement
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Karena pada dasarnya konsep self improvement adalah meningkatkan kualitas diri secara konsisten setiap hari, maka ada manfaat nyata yang bisa didapatkan oleh siapa saja yang mau berusaha mencapainya.

1. Kesadaran pada Diri Sendiri

Seiring berjalannya waktu dan proses peningkatan diri ini, kamu akan mendapatkan kesadaran diri yang lebih baik. Artinya, kamu bisa memahami pola pikir yang dimiliki, perasaan yang saat ini dirasakan, serta opsi logis yang tampak dari masalah yang kamu miliki. Secara umum, kamu akan memiliki kendali lebih baik atas pikiran dan perasaan.

2. Memetakan Potensi yang Dimiliki

Proses peningkatan kualitas diri ini juga akan membantu memetakan kira-kira potensi apa yang kamu miliki dalam diri. Misalnya, ketika kamu mencoba hal baru dan mempelajarinya, bisa saja kamu mahir dan bisa menyerap ilmu dengan lebih cepat. Ini artinya kamu memiliki potensi di bidang tersebut, dan berhasil diketahui setelah proses mencoba.

3. Berefek Positif pada Kesehatan Mental

Isu kesehatan mental jadi salah satu yang bisa diatasi dengan melakukan peningkatan diri. Proses belajar setiap hari akan mendorong otak dan fisik terus bekerja aktif, sehingga kamu bisa juga menjadikannya terapi untuk menjaga kesehatan mental. Belajar mengenai hal yang disenangi, akan membawa mood baik sepanjang hari.

4. Tentu Saja Meningkatkan Kualitas Diri!

Belajar, apapun bidang yang dipelajari, akan terus menambah kualitas diri yang kamu miliki. Mengasah kemampuan lama agar semakin mampu, belajar dan mengetahui hal baru, serta menambah pengetahuan mengenai nilai yang tadinya belum diketahui, akan membantu memperluas sudut pandang, pola pikir, serta pergaulan. Tanpa disadari, kamu sudah berada di tempat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya.

5. Self Improvement dan Peluang Baru

Dengan belajar hal baru, bertemu dengan orang berbeda, dan memiliki perspektif yang tak dimiliki sebelumnya, kamu juga akan memperluas lahan datangnya kesempatan untuk kehidupan. Tak hanya karir dan bisnis, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan bergaul dengan orang dan lingkaran baru yang bisa memberikan manfaat lebih pada kehidupan yang kamu jalani.

Cukup banyak bukan manfaat yang bisa kamu dapatkan secara langsung? Memang, hal ini membutuhkan proses, konsistensi, dan kedisiplinan. Tapi ketika sudah menjadi pola perilaku dan rutinitas, kamu akan dengan mudah belajar hal baru dan meningkatkan nilai diri sendiri dengan cepat.

Lalu Bagaimana Cara yang Bisa Dilakukan?

self improvement
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Dengan berbagai manfaat tersebut, tentu kamu harus melakukan self improvement dengan cara yang benar. Sederhana saja, agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang disebutkan di atas dengan waktu yang sesingkat-singkatnya.

Milestone harian, membuat tujuan dan ‘misi’ harian bisa jadi cara ampuh untuk meningkatkan diri. Secara reguler, setiap malam, buatlah poin-poin mengenai apa yang ingin dicapai dan diselesaikan hari esok. Tandai jika sudah selesai, dan lanjutkan ke poin berikutnya.

Belajar, belajar, dan belajar, tidak hanya kerja, kerja, dan kerja, kamu juga wajib terus belajar. Ilmu apapun, pengetahuan apapun, buku apapun, bisa jadi sumber belajar yang baik untuk dilahap setiap hari. Tentu akan lebih baik jika lebih terarah, namun jika bingung, mulai saja dulu proses belajar ini.

Lingkaran yang mendukung, proses peningkatan diri memang bisa saja dilakukan sendirian. Tapi akan lebih baik jika kamu memiliki lingkaran yang mendukung sehingga prosesnya bisa berjalan lebih baik. Kelilingi dirimu dengan orang yang juga memiliki optimisme dan kemauan yang sama, sehingga vibe yang terbangun menjadi lebih produktif.

Konsisten dan disiplin, akan jadi dua hal utama yang wajib kamu miliki ketika akan meningkatkan kualitas diri, apapun prosesnya. Tanpa konsistensi dan disiplin yang tinggi, semua tujuan kamu hanya akan berakhir menjadi wacana saja.

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga untuk Diet yang Efektif dan Wajib Dicoba! 

Self improvement memang bukan hal yang mudah dilakukan, tapi juga tak berarti mustahil. Ketika kamu berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas diri ini, dan kamu benar-benar melakukannya, kamu akan terkejut betapa jauh konsistensi akan membawamu berkembang!

Self improvement juga bisa didukung dengan suasana yang nyaman. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan luar ruang untuk membangun suasana yang mendukung, sehingga semua proses berjalan lebih lancar. Tentu saja, perangkat dari Eiger Adventure akan siap menemanimu kapan saja dan dimana saja. Cek laman produknya dan dapatkan produk terbaik untuk digunakan!

Newsletter

Mau jadi yang pertama tau update tentang Eiger Adventure? Yuk, sign up ke newsletter kami!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments