HomeTips & TrickMountaineeringMemahami Apa Itu Survival, Teknik, dan Peralatannya

Memahami Apa Itu Survival, Teknik, dan Peralatannya

Tidak ada yang ingin menghadapi situasi darurat saat melaksanakan kegiatan mountaineering. Namun mau tidak mau, kesiapan harus selalu dimiliki oleh semua pendaki gunung. Memahami apa itu survival jadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan setiap pendaki.

Mari, satu per satu kita bedah mengenai apa itu survival, kemudian teknik-teknik dasar yang perlu dikuasai, serta peralatan yang wajib dimiliki dalam kegiatan mountaineering dalam kaitannya dengan kesiapan menghadapi keadaan darurat.

Memahami Apa Itu Survival

apa itu survival
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Survival merupakan satu kemampuan bertahan hidup seseorang dalam menghadapi kondisi darurat. Secara lebih spesifik, survival kemudian diterapkan dalam kegiatan mountaineering sebagai satu kemampuan dasar yang idealnya dimiliki setiap pendaki, atau setidaknya satu orang dalam setiap kelompok pendakian.

Keadaan darurat yang dimaksud antara lain adanya bencana alam, adanya cedera parah, tersesat, hingga kehilangan arah dan mengalami musibah dalam perjalanan. Keadaan ini mengharuskan setiap pendaki untuk bisa bertahan dengan kemampuan yang dimiliki serta sumber daya yang ada, setidaknya hingga bantuan datang atau bisa menemukan jalan kembali ke jalur atau basecamp.

Baca Juga : Ini Lho 7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kamu

Teknik Bertahan Hidup dalam Survival

apa itu survival
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Nah, dalam menerapkan prinsip bertahan hidup, dalam hal ini, di hutan atau pegunungan, maka ada beberapa teknik yang wajib dipahami dan diketahui dasar-dasarnya. Beberapa teknik tersebut adalah sebagai berikut.

1. Awali dengan STOP

Stop, Think, Observe, dan Plan, adalah langkah awal yang wajib kamu pahami saat berada dalam kondisi darurat yang bisa mengancam keselamatan jiwa. Berhenti sejenak dan tenangkan diri, kemudian pikirkan semua yang sudah terjadi dan evaluasi, lalu observasi lingkungan sekitar dan rencanakan langkah selanjutnya.

Terdengar sederhana, namun langkah mendasar seperti ini bisa memberikan kesempatan hidup lebih besar dan langkah selanjutnya yang lebih efisien.

2. Berjalan Ke Satu Arah

Sangat mudah merasa bingung di tengah hutan atau gunung karena semua terlihat sama. Pastikan arah mata angin, lalu berjalan ke satu arah yang sama secara konsisten. Hal ini meningkatkan peluang selamat dan kehabisan energi karena berputar di satu area yang sama.

Tentu peralatan seperti kompas dan alat lain yang dapat menunjang deteksi arah sangat penting dalam hal ini.

3. Prioritas untuk Bertahan Hidup

Membuat tempat berteduh, menemukan sumber air, menemukan sumber makanan, dan menghindari bahaya, adalah empat hal yang wajib jadi prioritas kamu saat mengalami saat genting ini. Keempatnya juga memerlukan kemampuan yang bisa kamu dapatkan dari berbagai pelatihan survival.

Hindari juga resiko bertemu binatang buas, dan jaga jarak aman ketika kebetulan bertemu dengan binatang buas. Ingat, gunung adalah alam liar, yang mungkin saja jadi tempat binatang liar.

4. Jaga Suhu Tubuh

Menggunakan pakaian yang ideal saat mendaki gunung menjadi hal yang wajib dilakukan. Bukan soal keren atau stylish, tapi pakaian yang ideal bisa membantu kamu dalam menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Udara pegunungan biasanya akan menjadi dingin seiring malam tiba, atau menjelang pagi hari.

Jaga suhu tubuh tetap hangat dan usahakan sebisa mungkin tetap dalam keadaan kering. Keadaan basah dan kedinginan bisa jadi resiko masalah baru, yakni hipotermia.

Apa Manfaat Dari Menerapkan Teknik Survival?

1. Lebih Menghargai Alam

Mempelajari ilmu survival dapat membuat eigerian menyatu dengan alam. Hal ini karena yang kamu butuhkan untuk bertahan hidup tersedia di alam. Mengetahui betapa pentingnya alam untuk keberlangsungan hidup manusia akan membuat kamu lebih menghargai alam. Minimal kamu tidak lagi membuang sampah sembarangan.

2. Aman Selama Berpetualang di Alam

Salah satu kemampuan yang didapatkan saat mengikuti latihan survival yaitu bisa membuat api tanpa korek api dan menemukan sumber mata air bersih. Kemampuan ini setidaknya akan membuat kamu aman selama berpetualang di alam. Terlebih jika kondisi logistik kamu semakin berkurang.

3. Mengetahui Tanda-tanda Bahaya Alam

Sebagaisurvivor,penting untuk mengetahui tanda-tanda bahaya alam, seperti akan terjadinya bencana alam, munculnya hewan predator, cuaca dan suhu yang buruk, dan lain sebagainya. Tanda bahaya ini bisa jadi mengancam keselamatan Sobat Torch saat berpetualang di alam. Untuk itu, penting untuk kamu mengikuti latihansurvival,supaya kamu bisa mengantisipasi tanda bahaya tersebut dengan segera.

4. Bisa Bertahan Saat Terjadi Bencana Alam

Dalam situasi darurat seperti bencana alam, tim penyelamat tidak dapat menolong semua orang secara bersamaan. Jika kamu memiliki ilmu dan kemampuansurvival,maka kamu bisa menyelamatkan diri sendiri sambil menunggu bantuan datang. Bahkan kamu bisa membantu dan menolong orang lain dalam kondisi tersebut.

Nah Setelah Tahu Apa yang Harus Dilakukan, Pahami Pula Peralatan yang Diperlukan

apa itu survival
Sumber : freepik.com (gambar hanya ilustrasi)

Beberapa perlengkapan dan barang yang wajib dimiliki saat melakukan kegiatan mountaineering merupakan barang yang krusial dalam situasi ini. Dalam kondisi pendakian ideal, mungkin barang ini akan sedikit menambah beban bawaan. Tapi dalam kondisi genting, keberadaan barang-barang ini jadi penting dan memperbesar kesempatan bertahan kamu.

Yang termasuk dalam survival kit, antara lain :

1. Lampu senter atau sumber cahaya

2. Korek api atau pemantik yang bisa menciptakan api

3. Pisau lipat kecil

4. Peralatan jahit

5. Peluit atau alat lain yang bisa memberikan sinyal

6. Syal 

7. Perlengkapan P3K dan obat-obatan

8. Kompas

9. Botol air minum

10. Pakaian kering dan hangat atau tebal

Setiap peralatan tersebut harus dimiliki setiap rombongan atau pendaki yang melakukan pendakian gunung, sebagai persiapan bilamana terjadi keadaan genting. Memahami apa itu survival juga menyoal pemahaman yang mendalam pada persiapan pendakian, yang terkait dengan sepuluh barang tersebut.

Baca Juga : Gunung Lawu, Keindahan, Mitos, dan Pantangannya 

Ilmu mengenai bertahan hidup atau survival sebenarnya adalah ilmu mendasar dalam kegiatan pendakian. Hal ini karena ketika mendaki gunung, kamu secara langsung akan berada di alam liar yang memiliki banyak sekali kemungkinan. Dan tentu saja, sebagai pendaki yang bijak kamu wajib siap dengan semua kemungkinan tersebut.

Memang, tak selalu kamu harus memahami dan menguasai skill bertahan hidup ini. Namun setidaknya ketika kamu sudah mengetahui dasarnya, kamu bisa mengandalkan insting ketika hal buruk benar-benar terjadi.

Sedikit artikel mengenai apa itu survival, teknik, dan peralatan yang idealnya dimiliki semoga bisa jadi informasi yang berguna. Tentu saja dalam mempersiapkan kegiatan pendakian, Eiger Adventure akan jadi partner terbaik. Siap dengan semua peralatan berkualitas yang kamu butuhkan, Eiger menyediakan produk terbaik dengan berbagai pilihan yang bisa memenuhi kebutuhan pendakianmu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments