HomeTips & TrickMountaineeringInilah Manfaat Olahraga Kardio bagi Para Pelaku Mountaineering

Inilah Manfaat Olahraga Kardio bagi Para Pelaku Mountaineering

Latihan kardiovaskular atau yang lebih populer disebut olahraga kardio, pada dasarnya adalah bentuk latihan yang bertujuan melatih kerja jantung dan paru-paru. Jika dilakukan secara rutin setidaknya selama 150 menit per minggu, latihan ini dapat membantu dalam menurunkan risiko serangan jantung, menstabilkan kadar kolesterol, bahkan dapat mengurangi risiko osteoporosis.

Kunci dari olahraga kardio adalah melakukan apapun yang kita sukai, asalkan hal ini menghasilkan keringat, serta memacu jantung dan paru-paru untuk bekerja lebih keras.

Baca Juga : 5 Jenis Olahraga Untuk Diet Yang Wajib Kamu Coba

Manfaat Olahraga Kardio

olahraga kardio

Tidak hanya menyehatkan jantung, ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari olahraga kardio ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan stres

Latihan kardio memiliki manfaat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Ini dikarenakan latihan kardio dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood. Sebuah penelitian mengungkapkan, rutin berolahraga seperti berjalan kaki selama 30 menit dalam waktu paling tidak 15 hari, terbukti dapat mengurangi stres dan mengurangi gejala depresi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam penelitian yang membandingkan dua kelompok wanita yang aktif melakukan olahraga kardio dengan wanita yang tidak pernah berolahraga, terlihat perbedaan yang cukup signifikan. Kelompok wanita yang aktif melakukan latihan kardio memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang tidak aktif.

Selain itu, kelompok yang tidak aktif melakukan latihan kardio cenderung memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Stres berlebihan juga merupakan salah satu faktor yang dapat melemahkan kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Jika Eigerian memiliki gangguan tidur setiap malam, cobalah untuk melakukan olahraga kardio. Menurut sebuah penelitian, melakukan latihan kardio secara rutin dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih lelap. Namun, sebaiknya hindari melakukan latihan kardio berdekatan dengan waktu tidur, karena hal ini hanya akan membuat kita kesulitan untuk tidur. Batasi waktu latihan setidaknya dua jam sebelum waktu tidur.

4. Menjaga kadar gula darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa melakukan latihan kardio secara rutin dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 dan mengurangi gejalanya. Hal ini dikarenakan olahraga mampu memperbaiki cara tubuh dalam menggunakan gula darah, serta menurunkan resistensi terhadap insulin.

5. Menurunkan kolesterol dan berat badan

Olahraga kardio adalah Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan melakukan olahraga kardio. Para peneliti percaya bahwa melakukan aktivitas fisik seperti latihan kardio dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, latihan kardio juga mampu menurunkan berat badan pada penderita obesitas.

Selain berbagai manfaat di atas, latihan kardio juga baik untuk melatih kebugaran dan meningkatkan stamina tubuh. Apalagi bagi Eigerian yang hobi melakukan kegiatan mountaineering, latihan kardio menjadi olahraga wajib untuk dilakukan.

Baca Juga : Daftar Makanan Rebusan Untuk Diet Bisa Dicoba Dikala Bosan 

Jenis-Jenis Olahraga Kardio

olahraga kardio

Ada banyak sekali jenis olahraga kardio sederhana yang bisa dicoba, misalnya berjalan kaki, naik-turun tangga, berlari, bersepeda, dan berenang. Jika Eigerian sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mendatangi pusat kebugaran, olahraga kardio seperti ini bisa dilakukan di rumah dengan cepat dan mudah:

1. Jogging di tempat

Berdiri tegak dengan kaki dibuka sejajar bahu, lalu angkat tungkai kaki seperti sedang berlari. Lakukan gerakan ini berulang-ulang selama 60 detik.

2. Lompat tali

Olahraga kardio juga dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu lompat tali. Metode ini cukup murah dan dapat dilakukan kapanpun dan di manapun. Jika dilakukan dengan benar, maka lompat tali selama 20 menit dapat membakar sekitar 220 kalori.

3. Mountain climbers

Rebahkan tubuh dalam posisi push-up, lalu angkat tubuh hingga sejajar dengan lengan. Kemudian tarik lutut kanan ke arah dada, dan kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini menggunakan sisi kaki yang lain dan lakukan secara bergantian selama 60 detik.

4. Jumping jacks

Berdirilah dengan tegak, lalu melompat dengan membuka kedua kaki ke samping. Di saat yang bersamaan, kedua lengan juga diangkat hingga ke atas kepala dan membentuk huruf V. Ulangi gerakan ini secara selama 60 detik. Eigerian juga bisa variasikan dengan gerakan kardio lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Jangan lupa untuk lakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan setelah olahraga. Pemanasan akan membantu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga, meningkatkan suhu tubuh dan aliran darah ke otot, serta dapat mengurangi nyeri otot dan risiko cedera. Sedangkan pendinginan memungkinkan denyut jantung dan tekanan darah pulih secara bertahap, serta membantu mengatur aliran darah.

Saat mendengar tentang olahraga kardio, mungkin hal pertama yang terlintas adalah berlari, bersepeda, dan juga berenang. Namun setelah membaca artikel di atas, kini Eigerian sudah tahu kan bahwa pergerakan sehari-hari, seperti berjalan maupun naik tangga, juga termasuk bagian dari latihan kardio.

Untuk menunjang olahraga kardio, pastikan Eigerian menyiapkan matras, botol minum, dan handuk kecil untuk mengelap keringat.

Eiger Dawson Water Storage adalah botol minum yang cocok digunakan untuk menemani Eigerian berkegiatan sehari-hari termasuk saat latihan kardio. Botol minum yang satu ini memiliki fitur double wallvacuuminsulated, yang memungkinkan untuk membuat minuman kita tetap panas atau dingin selama kurang lebih 12 jam.

Terbuat dari bahan stainless steel dengan food grade murni, botol minum ini bebas BPA, sehingga aman untuk digunakan. Kalau Eigerian mau tahu koleksi botol minum lainnya, langsung saja cek di Eiger Adventure.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments

Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Daftar Menu Makanan dan Cara Tepat Mengolahnya Saat Mendaki
Syamsul Alam Habibie Sahabu on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru
Rensi Gabrilla Renanda Aan Claudia on Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru